Begini 5 Cara Mudah Melatih Diri untuk Berpikir Kritis

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Januari 2023

“Ada banyak cara berpikir kritis yang dapat kamu coba terapkan. Mulai dari memastikan semua informasi yang kamu dapatkan, melihat lebih dari satu sudut pandang, lebih sering mendengarkan, hingga menemui mentor.”

Begini 5 Cara Mudah Melatih Diri untuk Berpikir KritisBegini 5 Cara Mudah Melatih Diri untuk Berpikir Kritis

Halodoc, Jakarta – Berpikir kritis adalah proses menganalisis informasi untuk mendapatkan jawaban terbaik atas suatu pertanyaan atau masalah. Cara berpikir kritis bisa kamu lakukan berdasarkan pengalaman, penalaran, pengamatan, dan komunikasi dengan orang lain, sehingga kamu bisa membuat keputusan sesuai dengan informasi yang menghasilkan solusi positif.

Pentingnya Berpikir Kritis

Berpikir kritis menjadi salah satu aspek yang perlu kamu miliki, terutama setelah bekerja. Sebab, perusahaan akan selalu membutuhkan solusi yang lebih baik dan informatif. Lebih khusus lagi, memiliki pemikiran kritis memiliki berperan penting dalam hal berikut ini. 

  • Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan, evaluasi validitas argumen dan potensi dampak yang mungkin terjadi.
  • Membentuk pendapat sendiri tentang suatu topik, mengembangkan etika dan meningkatkan kepercayaan diri.
  • Dapat melibatkan diri pada tingkat yang lebih dalam dan lebih intelektual dengan rekan kerja dan penyelia untuk membentuk hubungan kerja yang lebih kuat.
  • Membantu menilai hasil pekerjaan untuk menentukan cara meningkatkan kualitas dan efisiensi.
  • Mengembangkan keterampilan pemahaman yang lebih baik, termasuk dalam percakapan maupun membaca.

Cara Melatih Berpikir Kritis untuk Diri Sendiri

Kabar baiknya, berpikir kritis adalah suatu keterampilan yang bisa kamu pelajari dan latih pada diri sendiri. Ini berarti, ada cara berpikir kritis yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan tersebut, seperti berikut ini. 

1. Cek semua informasi dengan cermat

Baik itu artikel yang kamu dapatkan dari seseorang secara online atau data yang terkait dengan pekerjaan, selalu periksa informasi yang kamu dapatkan. Jika perlu, tanyakan apakah informasi ini lengkap dan terkini, apakah terdapat bukti untuk mendukung argumen, atau pertanyaan sejenis lainnya. 

Jangan lupa, cari tahu dari mana informasi itu berasal. Apakah sumbernya dapat kamu percaya? Apa motivasi mereka untuk menyajikan informasi ini? Misalnya, apakah mereka mencoba menjual sesuatu atau membuat kamu mengambil tindakan tertentu? Mudahnya, selalu cek semua informasi dengan cermat.

2. Pertimbangkan lebih dari satu sudut pandang

Setiap orang memiliki pendapat dan motivasinya sendiri. Bahkan, orang yang sangat cerdas yang membuat argumen yang terdengar masuk akal memiliki pendapat dan bias pribadi yang membentuk pemikiran mereka. Jadi, ketika seseorang memberi informasi, pertimbangkan apakah ada sisi lain dari cerita tersebut.

3. Lebih sering mendengarkan

Cara berpikir kritis berikutnya adalah mendengar dengan baik apa yang orang lain katakan, dan cobalah untuk membangun gambaran yang jelas tentang perspektif mereka. Empati adalah keterampilan yang sangat berguna dalam hal ini.

Sebab, menempatkan diri pada posisi orang lain dapat membantu kamu memahami dari mana mereka berasal dan apa yang mungkin mereka inginkan. Cobalah untuk mendengarkan tanpa menghakimi. Ingat, pemikiran kritis adalah tentang menjaga pikiran tetap terbuka.

4. Berpartisipasi dalam latihan membangun tim

Ikut serta dalam latihan membangun tim juga menjadi cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memiliki pikiran kritis. Sebab, kamu bisa mengutarakan pemikiran dan pendapat dalam forum. Selain itu, kamu juga turut berperan dalam memajukan organisasi menjadi lebih baik dan memiliki pemikiran yang terbuka. 

5. Menemui mentor

Memiliki seorang mentor dapat membantu mengembangkan berbagai keterampilan dan berkolaborasi dalam solusi dan keputusan. Mereka dapat membantu kamu lebih fokus saat menggunakan teknik berpikir kritis, atau mereka mungkin memiliki sumber daya untuk membantu kamu meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Itu tadi beberapa cara berpikir kritis yang dapat kamu coba terapkan mulai sekarang. Jika butuh bantuan, tidak ada salahnya langsung bertanya pada dokter di Halodoc. Cukup dengan download Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam mengakses kesehatan, termasuk cek kebutuhan medis lebih praktis. 

Referensi:
Indeed. Diakses pada 2023. How To Improve Critical Thinking Skills at Work in 6 Steps.
Harvard Business Review. Diakses pada 2023. 3 Simple Habits to Improve Your Critical Thinking.
Forbes. Diakses pada 2023. 13 Easy Steps To Improve Your Critical Thinking Skills.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan