Beda Kalori Bubur Kacang Hijau Tanpa Ketan dan Pakai Ketan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 November 2022

“Meski banyak disukai, bubur kacang hijau nyatanya mengandung kalori yang terbilang tinggi. Kalori bubur kacang hijau juga akan berbeda jika ditambah dengan ketan.”

Beda Kalori Bubur Kacang Hijau Tanpa Ketan dan Pakai KetanBeda Kalori Bubur Kacang Hijau Tanpa Ketan dan Pakai Ketan

Halodoc, Jakarta – Bubur kacang hijau adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang cukup banyak diminati. Makanan ini biasa tersaji sebagai makanan penutup manis atau dessert. Selain lezat, bubur kacang hijau juga menyimpan banyak nutrisi sehingga cukup menyehatkan bagi tubuh.

Bubur kacang hijau berisi biji kacang hijau dengan bubur putih yang disiram santan dan gula merah. Makanan ini juga biasa tersaji dengan ketan putih atau hitam. Meski banyak yang menyujainya, makanan ini nyatanya mengandung kalori yang terbilang tidak rendah. Kalori bubur kacang hijau juga akan berbeda jika kamu menambahkan ketan hitam.

Jumlah Kalori Bubur Kacang Hijau Tanpa Ketan dan Pakai Ketan 

Bubur kacang hijau dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Makanan ini sangat baik untuk dimakan baik orang dewasa maupun anak-anak karena mengandung protein yang tinggi. Tubuh bisa mendapatkan keuntungan dari vitamin, mineral, dan enzim yang terkandung dalam kacang hijau.

Tubuh juga bisa mendapatkan kandungan vitamin C yang dibutuhkan setiap hari dari semangkuk bubur kacang hijau. Kacang hijau juga mengandung zat besi, yang dapat membantu menghindari anemia dan masalah kekurangan darah. Namun, dalam semangkuk bubur kacang hijau kamu bisa mendapatkan kalori yang tinggi.

Dalam 100 gram kacang hijau, kamu bisa mendaoatkan kalori sebesar 323 kkal. Namun, bubur kacang hijau yang tersaji dengan tambahan ketan akan mengandung lebih banyak kalori. Sebab, 1 mangkuk ketan mengandung sekitar 169 kalori. Oleh karena itu, jika kamu sedang dalam pola diet, sebaiknya mengonsumsi bubur kacang hijau tanpa ketan.

Manfaat Bubur Kacang Hijau bagi Kesehatan

Meski berkalori tinggi, kacang hijau mengandung nutrisi penting lain untuk kesehatan. Kacang hijau kaya akan vitamin dan mineral. Satu cangkir (7 ons atau 202 gram) kacang hijau rebus mengandung:

  • Lemak: 0,8 gram.
  • Protein: 14,2 gram.
  • Karbohidrat: 38,7 gram.
  • Serat: 15,4 gram.
  • Folat (B9): 80 persen dari rekomendasi harian.
  • Mangan: 30 persen dari rekomendasi harian.
  • Magnesium: 24 persen dari rekomendasi harian.
  • Vitamin B1: 22 persen dari rekomendasi harian.
  • Fosfor: 20 persen dari rekomendasi harian.
  • Besi: 16 persen dari rekomendasi harian.
  • Tembaga: 16 persen dari rekomendasi harian.
  • Kalium: 15 persen dari rekomendasi harian.
  • Seng: 11 persen dari rekomendasi harian.
  • Vitamin B2, B3, B5, B6 dan selenium.

Kacang ini adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Selain itu, kacang hijau kaya akan asam amino esensial, seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin, dan banyak lagi. Karena kandungan ini, berikut beberapa manfaat menyantap bubur kacang hijau bagi kesehatan:

1. Tinggi Antioksidan

Kacang hijau mengandung banyak antioksidan sehat, termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, dan asam cinnamic. Antioksidan membantu menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Dalam jumlah tinggi, radikal bebas dapat berinteraksi dengan komponen seluler dan mendatangkan penyakit berbahaya. Kerusakan ini terkait dengan peradangan kronis, penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Antioksidan dari kacang hijau dapat menetralkan kerusakan radikal bebas yang terkait dengan pertumbuhan kanker di sel paru-paru dan perut.

2. Mengurangi Risiko Kolesterol LDL

Kolesterol tinggi, terutama kolesterol LDL, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa kacang hijau mungkin memiliki sifat yang dapat menurunkan kolesterol LDL.

Misalnya, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan kacang hijau dapat menurunkan kolesterol LDL darah dan melindungi partikel LDL dari interaksi dengan radikal bebas yang tidak stabil.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang serius karena dapat menyebabkan pengidapnya pada risiko penyakit jantung. Kacang hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jenis kacang ini adalah sumber potasium, magnesium, dan serat yang baik. Kandungan nutrisi ini dapat membuat risiko tekanan darah tinggi yang lebih rendah secara signifikan.

Itulah penjelasan seputar kalori bubur kacang hijau. Apabila kamu perlu pemeriksaan medis, cobalah berkonsultasi ke dokter. Kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Impressive Health Benefits of Mung Beans.
Live Strong. Diakses pada 2022. Sticky Rice Nutrition.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan