Beberapa Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan Kulit

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Juli 2022

“Petroleum jelly diyakini dapat memberikan beberapa manfaat untuk kecantikan kulit. Salah satunya adalah mencegah bibir pecah-pecah karena dapat membantu menjaga kelembapan lebih lama.”

Beberapa Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan KulitBeberapa Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan Kulit

Halodoc, Jakarta – Semua wanita di dunia pasti ingin memiliki kulit yang cantik. Namun sayangnya, untuk mendapatkan kulit yang sempurna tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang ada saja berbagai masalah kulit yang mengganggu dan memengaruhi penampilan seorang wanita. 

Nah, sebenarnya untuk mendapatkan kulit yang cantik tidak harus melakukan perawatan yang mahal. Asalkan kamu bisa menemukan produk yang sesuai, maka permasalahan kulit kamu bisa teratasi.

Salah satu bahan yang bisa dijadikan pilihan untuk membantu perawatan kulit adalah petroleum jelly. Perlu diketahui bahwa petroleum jelly merupakan bahan alami hasil dari campuran dari wax dan mineral oil.

Hingga saat ini, petroleum jelly dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit. Namun, kira-kira apa saja manfaat dari penggunaan petroleum jelly kecantikan kulit? Yuk, ketahui informasinya di sini! 

Beberapa Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan 

Petroleum jelly diyakini dapat memberikan beberapa manfaat untuk kecantikan kulit, seperti: 

1. Mencegah Bibir Pecah-Pecah

Manfaat petroleum jelly untuk kecantikan berguna untuk menjaga kelembaban bibir lebih lama dan membantu proses regenerasi bibir yang pecah-pecah. Selain itu, Petroleum jelly juga memiliki tekstur yang lebih padat dari krim lainnya, sehingga bibir pun menjadi lebih lembut.

2. Membersihkan Sisa Kosmetik

Riasan mata yang tahan air terkadang sulit untuk dibersihkan. Namun, sebenarnya ada cara mudah untuk menghilangkan riasan ini, yaitu dengan mengoleskan petroleum jelly. Hal ini karena petroleum jelly dibuat dari bahan dasar minyak sehingga bisa membantu membersihkan riasan yang tidak mudah dibersihkan dengan air. 

Kamu tak perlu khawatir, petroleum jelly cukup aman digunakan di area mata karena petroleum jelly termasuk produk yang alami. Namun, tidak menutup kemungkinan timbulnya reaksi efek samping seperti alergi atau reaksi lainnya.

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat petroleum jelly untuk kecantikan bisa membantu meringankan efek penuaan pada kulit. Karena seiring bertambahnya usia jaringan kulit akan berkurang kelembapannya, sehingga bisa memicu kerutan pada kulit. Nah, penggunaan pelembap seperti petroleum jelly bisa membantu mengurangi keluhan tersebut.

4. Merapikan Alis dan Membuat Eye Shadow Tahan Lama

Petroleum jelly bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan alis yang terlihat lebih rapi. Caranya dengan memberikan petroleum jelly secukupnya pada sisir alis, kemudian sisir alis ke arah luar. Sementara itu, eye shadow juga dapat bertahan lama dengan mengoleskan tipis petroleum jelly pada kelopak mata sebagai primer agar awet digunakan sepanjang hari.

5. Mencegah Lecet Pada Kulit 

Gesekan yang terjadi ketika kulit bergesekan dengan bagian tubuh atau pakaian dapat menimbulkan lecet dan ketidaknyaman. Terutama bagi mereka yang mengidap eksim atau memiliki kondisi kulit kering. Alhasil, beberapa orang berisiko mengalami kulit pecah-pecah atau ruam akibat gesekan tersebut. Nah, salah satu cara untuk mencegah sekaligus mengatasinya adalah dengan mengoleskan petroleum jelly ke area kulit yang rentan terhadap gesekan. 

Risiko Efek Samping dari Penggunaan Petroleum Jelly 

Meski memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit, nyatanya penggunaan petroleum jelly juga memiliki risiko efek samping. Berikut adalah beberapa risiko efek samping tersebut: 

  • Alergi

Beberapa orang lebih sensitif dan dapat mengembangkan alergi jika mereka menggunakan produk turunan minyak bumi seperti petroleum jelly

  • Infeksi

Tidak membiarkan kulit mengering atau membersihkan kulit dengan benar sebelum mengoleskan petroleum jelly, dapat menyebabkan infeksi jamur atau bakteri. 

  • Risiko pneumonia aspirasi

Penting untuk berdiskusi dengan dokter sebelum menggunakan petroleum jelly di sekitar area hidung, terutama pada anak-anak. Sebab, menghirup minyak mineral seperti petroleum jelly dapat menyebabkan pneumonia aspirasi.

  • Pori-pori tersumbat

Beberapa orang mungkin berjerawat saat menggunakan petroleum jelly. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan kulit dengan benar sebelum mengoleskan jeli untuk mengurangi risiko berjerawat.

Itulah beberapa manfaat petroleum jelly untuk kecantikan yang perlu diketahui. Mulai dari mencegah bibir pecah-pecah, hingga mencegah lecet pada kulit. Meski memiliki banyak manfaat, tapi bahan tersebut juga memiliki risiko efek samping bagi sebagian orang. Oleh karena itu, Disarankan untuk mengunjungi dokter kulit, untuk mendapatkan rekomendasi penggunaan yang sesuai.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar manfaat petroleum jelly, tak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis kulit untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Petroleum Jelly.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What are the benefits of petroleum jelly?
AAD. Diakses pada 2022. 5 Ways To Use Petroleum Jelly For Skin Care. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan