Bantu Masalah Pencernaan, Ini 6 Manfaat Daun Miana

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Desember 2022

“Daun miana adalah salah satu tumbuhan yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Saat dikonsumsi secara rutin, salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah mengatasi tekanan darah tinggi.”

Bantu Masalah Pencernaan, Ini 6 Manfaat Daun MianaBantu Masalah Pencernaan, Ini 6 Manfaat Daun Miana

Halodoc, Jakarta – Daun miana kerap dimanfaatkan sebagai tanaman hias untuk memperindah halaman rumah. Padahal, tanaman ini juga dapat memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan saat dikonsumsi. Bahkan, daun ini juga sudah banyak dimuat dalam obat herbal atau jamu.

Kondisi yang Tidak Disarankan Menggunakan Daun MianaDaftar Kondisi yang Tidak Disarankan Menggunakan Daun MianaInformasi download aplikasi Halodoc

Berbagai Manfaat Daun Miana untuk Kesehatan

Ternyata, penggunaan daun ini untuk obat sudah digunakan sejak zaman dahulu, khususnya untuk pengobatan tradisional India. Bahkan, berbagai manfaatnya tertera dalam tulisan Sansekerta kuno, seperti mengobati masalah jantung, gangguan pencernaan, dan lainnya.

Nah, berikut beberapa manfaat daun miana yang bisa didapatkan:

1. Mengatasi Hipertensi

Manfaat daun miana yang pertama adalah dapat menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Hal ini disebabkan kandungan forskolin yang berguna dalam melebarkan pembuluh darah, sehingga peredaran darah lebih lancar. Dengan pelebaran pada pembuluh darah, jantung lebih mudah untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

2. Mengatasi Hipotiroidisme

Kandungan forskolin yang terdapat pada daun miana juga berguna untuk mengatur enzim dan hormon pada tubuh. Saat masuk ke tubuh, zat ini mampu membantu tubuh dalam mengontrol dan menyembuhkan gangguan fungsi kelenjar tiroid, terutama meningkatkan fungsi dari bagian tersebut dari hipotiroidisme.

3. Mencegah Glaukoma Lebih Parah

Glaukoma adalah kondisi yang menyebabkan masalah pada mata akibat tekanan berlebih. Hal ini membuat pembuluh darah menyempit, sehingga nutrisi yang diterima saraf optik berkurang. Jika masalah ini tidak segera diobati, kerusakan permanen pada mata hingga kebutaan bisa terjadi.

Nah, kandungan forskolin pada daun ini dapat berguna dalam menurunkan tekanan intraokular yang signifikan selama beberapa jam. Maka dari itu, produk kesehatan topikal tetes mata yang mengandung zat ini kerap digunakan untuk seseorang yang mengidap glaukoma.

4. Mengobati Asma

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan jika kandungan forskolin dari daun miana ini dapat meningkatkan kerja sistem pernapasan. Hal ini sangat baik dalam mengatasi serangan asma pada para pengidapnya.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari mengonsumsi daun ini adalah penurunan berat badan pada seseorang dengan obesitas. Hal ini karena kandungan forskolin yang mampu meningkatkan produksi enzim adenilat siklase. Reaksi dari enzim ini dapat mendorong sel-sel lemak untuk terbakar dan melepaskan energi yang tersimpan.

Sakit perut tak kunjung hilang? Ini Dokter yang Bisa Bantu Atasi Gangguan Pencernaan yang kamu alami.

6. Sebagai Anti-Kanker

Ekstrak dari etil asetat pada daun miana, seperti lupeol, asam oleanolic, asam coleolic, dan demethylcryptojaponol, memiliki sifat anti kanker. Adapun, kandungan tersebut dapat menghambat kolonisasi terkait tumor pada penelitian yang dilakukan pada tikus.

Nah, itulah berbagai manfaat daun miana yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat. Bukan hanya untuk mengatasi masalah pencernaan, ada banyak sekali manfaat lainnya yang bisa didapatkan untuk kesehatan. Makanya, tidak ada salahnya mengonsumsi tumbuhan ini.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait hal ini, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan interaksi langsung dengan ahli medis. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Tunggu apa lagi, unduh aplikasinya sekarang juga!

Layanan Home Lab Halodoc
Referensi:
Medical Health Guide. Diakses pada 2022. Coleus Health Benefits.
RxList. Diakses pada 2022. Coleus.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan