Bantu Kurangi Diabetes, Ketahui Kalori Buah Naga

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Desember 2022

“Selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, nyatanya buah naga memiliki kalori yang rendah. Dalam seporsi buah naga dengan berat 100 gram, kalori yang terkandung hanya sebanyak 60 kkal.”

Bantu Kurangi Diabetes, Ketahui Kalori Buah NagaBantu Kurangi Diabetes, Ketahui Kalori Buah Naga

Halodoc, Jakarta – Penyakit gula atau diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal. Nah, hal ini membuat pengidap diabetes tidak dapat sembarangan mengonsumsi makanan, khususnya buah. Sebab, sejumlah buah diketahui memiliki kadar karbohidrat dan fruktosa yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah. 

Meski begitu, bukan berarti pengidap diabetes tidak dapat mengonsumsi buah sama sekali. Sebab, masih ada banyak buah yang aman untuk dikonsumsi pengidap kondisi tersebut berdasarkan kalorinya. Salah satunya adalah buah naga, yang memang diketahui sebagai makanan sehat atas beragam manfaatnya buat tubuh. 

Pertanyaannya, berapa banyak kalori yang terkandung pada buah naga? 

Kalori yang Terkandung di Dalam Buah Naga

Selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, nyatanya buah naga memiliki kalori yang rendah. Sebab, dalam seporsi buah naga dengan berat 100 gram, kalori yang terkandung hanya sebanyak 60 kkal. Tak hanya rendah kalori, buah naga juga diketahui mengandung berbagai kandungan nutrisi penting lainnya untuk tubuh. Berikut adalah sejumlah nutrisi penting yang terkandung pada seporsi buah naga 100 gram: 

  • Protein: 1,2 gram. 
  • Lemak: 0 gram. 
  • Karbohidrat: 13 gram. 
  • Serat: 3 gram. 
  • Vitamin C: 3 persen dari rekomendasi angka kebutuhan harian. 
  • Zat besi: 4 persen dari rekomendasi angka kebutuhan harian. 
  • Magnesium: 10 persen dari rekomendasi angka kebutuhn harian. 
  • Vitamin A: 100 unit internasional (IU).
  • Kalsium: 31 miligram. 

Mengingat tingginya jumlah serat dan magnesium, serta kandungan kalorinya yang sangat rendah, buah naga bisa dianggap sebagai buah padat nutrisi. Selain itu, buah ini aman dikonsumsi bagi pengidap diabetes dan bagi mereka yang sedang mencoba melakukan diet untuk menurunkan berat badan. 

Buah ini juga Mengandung Antioksidan

Tak cuma mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh, buah naga juga mengandung beberapa antioksidan yang baik bagi kesehatan. Antioksidan adalah senyawa yang berperan penting dalam melindungi sel dari radikal bebas yang berkaitan dengan penyakit kronis dan penuaan. Nah, berikut adalah beberapa antioksidan utama yang terkandung dalam buah naga: 

  • Betalains. Ditemukan dalam daging buah naga merah, pigmen merah tua ini telah terbukti melindungi kolesterol LDL atau kolesterol jahat agar tidak teroksidasi atau rusak.
  • Hydroxycinnamates. Kelompok senyawa ini telah menunjukkan aktivitas antikanker dalam penelitian tabung reaksi dan hewan.
  • Flavonoid. Kelompok antioksidan yang besar dan beragam ini terkait dengan kesehatan otak yang lebih baik dan penurunan risiko penyakit jantung. 

Manfaat Buah Naga bagi Pengidap Diabetes

Berdasarkan kandungan nutrisinya, buah naga diketahui dapat memberikan berbagai manfaat bagi pengidap diabetes, antara lain: 

  • Diyakini mampu meregenerasi sel beta pankreas, yaitu sel yang berperan dalam produksi insulin tubuh manusia. 
  • Mencegah stres oksidatif dan kerusakan pankreas berkat kandungan flavonoid dan antioksidan lainnya. 
  • Buah naga diklaim mampu mencegah risiko diabetes mellitus tipe 2 jika dikonsumsi secara rutin bagi pengidap pradiabetes. 
  • Mengonsumsi buah naga dapat membantu pengidap diabetes kenyang lebih lama berkat kandungan seratnya yang tinggi. Hal ini bermanfaat untuk meminimalkan risiko pengidap diabetes makan lebih banyak yang dapat menimbulkan lonjakan gula darah. 

Itulah penjelasan mengenai berapa banyak kalori yang terkandung pada buah naga. Penting bagi pengidap diabetes untuk mengawasi asupan kalori dan gulanya setiap hari. Selain itu, pengidap diabetes juga perlu memenuhi segala nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Jika mengonsumsi makanan sehat tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut, kamu bisa mengonsumsi suplemen kesehatan. 

Nah, jika saat ini kamu membutuhkannya, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Dragon Fruit and Does It Have Health Benefits?
WebMD. Diakses pada 2022. Diabetes and Fruit.
Defeat Diabetes Foundation. Diakses pada 2022. Dragon Fruit.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan