Baik untuk Pencernaan, Ini Manfaat Jagung bagi Kesehatan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Agustus 2024

“Menjadi salah satu makanan sumber karbohidrat pengganti nasi, manfaat jagung untuk kesehatan sangat beragam. Mulai dari menjaga kesehatan mata, mencegah kondisi divertikulitis, dan terhindar dari risiko cacat lahir.”

Baik untuk Pencernaan, Ini Manfaat Jagung bagi KesehatanBaik untuk Pencernaan, Ini Manfaat Jagung bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Memiliki nama latin Zea mays, jagung menjadi salah satu makanan sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Makanan yang satu ini tak hanya murah dan mudah didapat, tetapi juga memiliki kandungan nutrisi tinggi, terutama jika digabungkan dengan bahan makanan sehat lainnya seperti keju dan sayur-sayuran.

Kandungan nutrisi dalam jagung seperti vitamin, serat, dan mineral, dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti mendukung kesehatan mata dan sistem pencernan, hingga memberikan perlindungan pada saluran kemih. 

Yuk, ketahui manfaat lain dari mengonsumsi jagung untuk kesehatan tubuh pada artikel berikut ini!

Kandungan Nutrisi Jagung

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram jagung kuning pipil kering, mengandung sejumlah nutrisi, antara lain: 

  • Air: 11.5 g.
  • Energi: 366 kkal.
  • Protein: 9.8 gram.
  • Lemak: 7.3 gram.
  • Karbohidrat: 69.1 gram.
  • Serat: 2.2 gram.
  • Kalsium: 30 mg.
  • Fosfor 538 mg.
  • Natrium: 5 mg.

Tak hanya nutrisi di atas, jagung juga bisa menjadi sumber serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, Vitamin E, zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium. 

Selain itu, jagung juga mengandung lemak dalam kadar rendah. Kamu tak perlu khawatir untuk mengonsumsinya, sebab lemak yang terkandung dalam jagung merupakan jenis lemak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. 

Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Mengonsumsi jagung memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan catatan, jagung direbus tanpa tambahan garam, gula, santan, atau mentega. Berikut ini sejumlah manfaat jagung untuk kesehatan tubuh: 

1.  Mendukung kesehatan mata

Kandungan karotenoid, terutama antioksidan zeaxanthin dan lutein yang terdapat pada jagung memiliki manfaat utama untuk menjaga mata tetap sehat. 

Disebutkan dalam British Journal of Ophthalmology, senyawa zeaxanthin bisa membantu melindungi mata dari risiko katarak dan degenerasi makula. 

Selain itu, zeaxanthin juga bisa  bantu mengatasi berbagai kerusakan mata karena oksidatif lain. Misalnya akibat paparan cahaya biru pada ponsel atau perangkat elektronik lainnya. 

Selain itu, ketahui juga Ini Manfaat Jagung bagi Perkembangan Anak

2. Mencegah divertikulosis

Manfaat jagung berikutnya adalah mencegah terjadinya divertikulosis. Divertikulosis merupakan masalah kesehatan yang ditandai dengan munculnya kantung pada dinding usus besar.

Biasanya kondisi ini menunjukkan gejala seperti perut begah, kram, infeksi, serta pendarahan.

3. Terhindar dari risiko cacat lahir

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan asam folat. Kandungan tersebut dibutuhkan untuk membantu mencegah berbagai gangguan kesehatan yang tidak dikehendaki pada bayi, misalnya spina bifida dan kondisi cacat saraf lainnya. 

Disebutkan dalam Home & Garden Information Center, Clemson University, jagung adalah salah satu sumber makanan dengan kandungan asam folat tinggi. Dengan tambahan nutrisi lain, manfaat jagung satu ini sangat pas untuk ibu hamil dan menyusui.

Selain itu, Ibu hamil juga perlu mengonsumsi sejumlah vitamin. Rekomendasi vitamin Ibu hamil bisa kamu cari tahu pada artikel berikut: Ini Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil yang Bagus. Produk tersebut bisa dibeli dengan mudah di Toko Kesehatan Halodoc

4. Meningkatkan imunitas

Oregon State University menyebutkan bahwa, beta-karoten yang terdapat dalam jagung memiliki kandungan vitamin A. 

Vitamin ini penting untuk mendukung pertumbuhan, imunitas tubuh, dan perkembangan bayi yang optimal. Ini artinya, menghidangkan jagung sebagai camilan sehat memang menjadi pilihan tepat. 

Akan tetapi, perhatikan cara mengolahnya supaya kamu bisa merasakan manfaat jagung lebih optimal. 

Hindari konsumsi jagung dalam bentuk popcorn yang telah ditambah garam, gula, atau mentega. Selain itu, hindari pula mengonsumsi jagung kalengan karena potensi risiko BPA.

Salah satunya kamu bisa coba buat bakwan jagung. Berikut Ini Resep Bakwan Jagung Renyah nan Lezat untuk Camilan Sore

5. Memberikan perlindungan pada saluran kemih

Manfaat jagung yang satu ini tidak berasal dari bijinya, tetapi bagian rambutnya.

Rambut jagung yang berwarna kuning kemerahan, memiliki sifat diuretik dan antiseptik. Kedua sifat ini sangat efektif untuk menurunkan risiko peradangan, mencegah iritasi, infeksi, dan membantu menekan pertumbuhan bakteri pada saluran kemih. 

Kamu bisa mencuci dan merebus rambut jagung hingga mendidih. Kemudian konsumsi airnya.

Itu tadi beberapa manfaat jagung untuk kesehatan. Jangan lupa selalu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, ya. Kini pemeriksaan rutin dan konsultasi dokter bisa kamu lakukan dengan mudah di Halodoc, kapan saja dan di mana saja. 

Cek dan download Halodoc di ponselmu sekarang ya!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Oregon State University. Diakses pada 2024. α-Carotene, β-Carotene, β-Cryptoxanthin, Lycopene, Lutein, and Zeaxanthin.
Healthline. Diakses pada 2024. Corn 101: Nutrition Facts and Health Benefits.
Home & Garden Information Center. Diakses pada 2024. FOLATE.
British Journal of Ophthalmology. Diakses pada 2024. Fruits and vegetables that are sources for lutein and zeaxanthin: the macular pigment in human eyes.
Komposisi Data Pangan Indonesia. Diakses pada 2024. Kandungan Jagung Pipil Kuning Kering.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan