Bagaimana Prosedur Suntik Insulin Dilakukan?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Juni 2021
Bagaimana Prosedur Suntik Insulin Dilakukan?Bagaimana Prosedur Suntik Insulin Dilakukan?

Halodoc, Jakarta - Suntik insulin biasanya digunakan untuk membantu mengendalikan gula darah pada pengidap diabetes. Cara kerjanya hampir sama dengan hormon insulin yang terdapat di dalam tubuh, yaitu mengendalikan kadar gula dalam darah dengan mengubahnya menjadi energi. Tidak hanya itu, insulin juga membantu mencegah organ hati memproduksi gula berlebihan.

Suntik insulin diberikan untuk pengidap diabetes tipe 1 dan 2. Diabetes tipe 1 membuat tubuh pengidap tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah cukup atau bahkan tidak mampu menghasilkan hormon ini sama sekali. Inilah mengapa suntik insulin menjadi pilihan pengobatan paling utama bagi pengidap diabetes tipe 1.

Baca juga: Apa Fungsi Suntik Insulin untuk Pengidap Diabetes?


Sementara untuk diabetes tipe 2, tubuh masih mampu membuat insulin secara alami meski jumlahnya masih tidak mencukupi atau sel yang berada di dalam tubuh menjadi tidak sensitif terhadap efek dari hormon tersebut. Jika ini terjadi, dokter akan merekomendasikan cara lainnya, seperti perubahan pola hidup dan memberikan resep obat untuk dikonsumsi. 

Prosedur Suntik Insulin

Dosis suntik insulin harus berdasarkan resep dokter. Biasanya, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan sebelum menentukan jenis dan dosis insulin, seperti pemeriksaan fisik, gula darah, dan HbA1c. Dilihat dari durasi efek dan cara kerjanya, ada beberapa jenis suntik insulin, yaitu: 

  • Insulin yang bekerja cepat (rapid acting insulin).
  • Insulin yang bekerja pendek (short acting insulin).
  • Insulin yang bekerja menengah (intermediate acting insulin).
  • Insulin yang bekerja panjang (long acting insulin).
  • Insulin campuran.

Biasanya, area tubuh yang bisa menjadi tempat suntik insulin memiliki banyak jaringan lemak, seperti paha, pantart, perut, atau lengan atas. Insulin bisa disuntikkan dengan menggunakan pen atau alat suntik biasa. Penggunaannya keduanya tidak jauh berbeda, seperti berikut ini.

  • Pastikan kamu sudah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.
  • Perlahan, tariklah pompa pendorong yang terdapat pada alat suntik sampai menyentuh angka dosis yang sudah ditentukan.
  • Bersihkan kemasan botol insulin bagian atas dengan menggunakan tisu atau alkohol swab.
  • Tusukkan jarum suntik ke dalam botol dan dorong pompa perlahan supaya tidak menyisakan udara di dalam tabung.
  • Posisikan botol di atas dan jarum suntik di bawah.
  • Tarik pompa sampai tabung terisi insulin sesuai dengan dosis yang dianjurkan.
  • Apabila terdapat gelembung udara, ketuk tabung supaya gelembung udara tersebut naik ke atas, lalu dorong kembali pompa suntik untuk mengeluarkan gelembung.
  • Cubit area kulit tubuh yang menjadi tempat suntik, jangan lupa bersihkan dengan menggunakan tisu alkohol.
  • Suntikkan insulin dengan posisi 90 derajat. Setelahnya, tarik suntikan terlebih dahulu sebelum cubitan dilepas. 
  • Hindari menggosok area suntikan meski terdapat sedikit darah. Apabila dibutuhkan, kamu bisa menekan bagian tersebut secara perlahan atau menutup area suntikan dengan kain kassa.

Baca juga: Jangan Asal Tusuk, Perhatikan Hal Ini Sebelum Suntik Insulin

Suntik insulin bisa dilakukan sebelum makan atau sebelum tidur sehingga kadar gula darah bisa tetap stabil. Meski begitu, setiap suntikan insulin punya cara kerja yang berbeda. Oleh karena itu, penggunaannya harus sesuai dengan kondisi pengidapnya. 

Kamu tidak diperbolehkan mengubah dosis suntik insulin, mengganti jenisnya, atau menghentikan penggunaannya tanpa berdasarkan anjuran dokter. Pasalnya, hal tersebut bisa berdampak pada keberhasilan pengobatan yang kamu lakukan. Jadi, pastikan kamu sudah download aplikasi Halodoc sehingga kapan saja kamu butuh saran dokter ahli, kamu bisa langsung chat atau video call tanpa harus ke rumah sakit. 

Baca juga: Ketahui Hal tentang Metformin untuk Pengidap Diabetes

Jangan lupa, segera buang jarum yang sudah kamu gunakan untuk suntik insulin karena benda tersebut hanya boleh digunakan satu kali. Kamu bisa membungkusnya dalam wadah khusus terlebih dahulu sebelum membuangnya ke tempat sampah. 



Referensi:
Diabetes UK. Diakses pada 2021. Injecting Insulin.
WebMD. Diakses pada 2021. Giving Yourself an Insulin Shot for Diabetes.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021: Diabetes Treatment: Using Insulin to Manage Blood Sugar.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan