Bagaimana Cara Tepat Memilih Dokter Hewan yang Cocok?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Januari 2021
Bagaimana Cara Tepat Memilih Dokter Hewan yang Cocok?Bagaimana Cara Tepat Memilih Dokter Hewan yang Cocok?

Halodoc, Jakarta - Dokter hewan adalah orang yang ahli untuk mengatasi segala penyakit yang terjadi pada peliharaan kamu atau sekedar memastikan tubuhnya tetap sehat. Namun, banyak orang yang bingung cara menentukan cara memilih tempat pemeriksaan hewan yang cocok atau tidak. Meski atas rekomendasi kenalan, tetapi belum tentu dokter hewan langganannya cocok untuk kamu atau peliharaanmu. Berikut ulasan untuk memilih ahli medis hewan yang cocok!

Kiat-Kiat Memilih Dokter Hewan yang Cocok

Hewan peliharaan kerap sudah dianggap menjadi anggota keluarga, sehingga perawatan kesehatannya benar-benar perlu diperhatikan. Salah satu yang dapat kamu lakukan untuk memastikannya adalah dengan menemukan penyedia layanan kesehatan hewan yang cocok dan berkualitas. Banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk memastikan jika dokter hewan yang dipilih benar-benar berkualitas.

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

Kamu harus benar-benar memastikan jika orang yang akan menangani hewan kesayanganmu ini memiliki tingkat kepedulian yang tinggi. Selain itu, kemampuannya untuk menangani situasi darurat juga perlu dinilai. Maka dari itu, pilihan yang paling baik harus dilakukan sebelum kejadian tidak terduga terjadi. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menemukan dokter hewan yang cocok:

1. Lisensi dan Akreditasi

Cara pertama yang harus dilakukan untuk memastikan kecocokan pada dokter hewan adalah lisensi dan akreditasi yang dimilikinya. Diperlukan lisensi profesional untuk memastikan jika hewan peliharaanmu berada di tangan yang tepat. Coba juga untuk memperhatikan pelatihan dan sertifikasi yang sudah dimilikinya, terlebih lagi jika hewan kesayanganmu memiliki masalah kesehatan tertentu.

2. Minta Referensi

Metode lainnya untuk menemukan dokter hewan yang sesuai dengan keinginan adalah mendapatkan referensi dari orang-orang yang kamu percaya. Semua pengalaman baik dan buruk harus benar-benar diperhatikan. Kamu juga harus menilai sendiri atau bertanya pada orang yang mereferensikan apakah dokternya ramah, mudah dihubungi, dan mudah diajak berbicara. Pertimbangan yang matang harus benar-benar dilakukan untuk kebutuhan jangka panjang.

Baca juga: Manfaat Bayi Bermain dengan Hewan Peliharaan

3. Sentuhan Pribadi

Kamu juga perlu menilai jika dokter hewan ini dapat mengalokasikan waktu untuk setiap hewan peliharaan yang ditanganinya. Dokter yang baik selalu menyempatkan diri untuk memastikan pasien yang ditanganinya benar-benar dalam keadaan sehat. Nyawa dari hewan peliharaan yang kamu miliki juga penting, sehingga melakukan kunjungan sesekali juga dapat membuat kamu menilai seberapa perhatian ahli medis ini pada hewan peliharaan.

4. Pemeliharaan Kebersihan Rutin

Hal lainnya yang perlu dipastikan adalah klinik dari dokter hewan tersebut harus mendapatkan pembersihan secara rutin. Cobalah untuk meminta tur di klinik tersebut sebelum memasukkan hewan peliharaan agar mendapatkan perawatan. Klinik yang layak tidak akan mengungkapkan keberatan untuk menunjukkan semua sudut tempatnya. Jika ada yang ditutup-tutupi, ada baiknya untuk berhati-hati.

Itulah beberapa faktor yang perlu mendapatkan pertimbangan saat kamu akan memilih klinik dokter hewan yang tepat. Jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil yang mungkin berdampak besar bagi hewan kesayanganmu. Selain itu, tidak perlu sungkan untuk meminta kejelasan dari kondisi hewan peliharaanmu agar dapat menghindari sesuatu yang janggal.

Baca juga: 5 Cara Melatih Kucing agar Mengenali Namanya

Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan dari Halodoc terkait cara menentukan klinik yang tepat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan peliharaanmu. Dengan download aplikasi Halodoc, kamu juga dapat berdiskusi dengan ahli medis terkait cara menjaga kesehatan hewan kesayangan. Maka dari itu, yuk unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Finding the Right Vet for Your Pet.
Wellness Pet Food. Diakses pada 2021. How to Choose a Vet (in 10 Steps).


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan