Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul di Telinga?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 Juni 2024

“Sama seperti jerawat di wajah, memencet jerawat di telinga juga harus dihindari. Jerawat di telinga bisa muncul akibat bakteri atau kotoran di telinga.”

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul di Telinga?Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul di Telinga?

DAFTAR ISI

  1. Cara Mengatasi Jerawat di Telinga
  2. Cara Mencegah Jerawat di Telinga
  3. Hubungi Dokter Ini untuk Penanganan Jerawat yang Tepat

Halodoc, Jakarta – Jerawat di telinga biasanya terasa menyakitkan dan tidak nyaman. Meskipun bisa hilang dengan sendirinya, tapi beberapa perawatan dapat mempercepat proses penyembuhan. Perlu diketahui, jerawat bisa terjadi di telinga, di belakang telinga, atau di dalam liang telinga. 

Jerawat bisa muncul hampir di mana saja. Telinga luar dan saluran telinga luar memiliki sel-sel kulit, sel-sel rambut, dan kelenjar penghasil minyak. Hal tersebut memungkinkan pembentukan jerawat di telinga. 

Jerawat muncul ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati dan sebum. Di samping itu, bakteri juga dapat menyebabkan jerawat di telinga. Jadi apa pun yang memasukkan bakteri atau kotoran di telinga dapat menyebabkan jerawat. Lantas, bagaimana sih cara mengatasi jerawat yang muncul di telinga?

Cara Mengatasi Jerawat di Telinga

Sama seperti jerawat di wajah, tidak disarankan untuk memencet jerawat di telinga. Ada beberapa perawatan sederhana untuk mengatasi jerawat di telinga yang bisa kamu lakukan di rumah, antara lain:

Kompres Hangat

Menggunakan kompres hangat membantu membuka pori-pori dan memungkinkan jerawat mengering dengan sendirinya. Saat menggunakan kompres hangat, pastikan suhunya tidak terlalu panas yang bisa menyebabkan luka bakar di telinga. Biarkan kompres hangat di atas jerawat selama beberapa menit, lalu ulangi sesuai keinginan. 

Gunakan Krim Retinoid

Menggunakan krim retinoid bisa sangat membantu dalam mencegah dan mengatasi jerawat di telinga. Krim retinoid (vitamin A) membantu meregangkan kulit di sekitar jerawat karena sifat keratolitiknya. Hanya saja krim retinoid memiliki beberapa efek samping dan tidak selalu dapat ditoleransi. Kulit kemungkinan akan kering dan bersisik. 

Karena efek penipisan kulit, kamu mungkin mengalami sunburn, jadi diperlukan tabir surya saat siang hari. Krim retinoid paling baik dioleskan sekitar 20 menit setelah mencuci muka. Jika kulitmu sensitif terhadap krim ini, asam salisilat dapat menjadi pengganti yang baik. 

Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida dapat ditemukan di banyak produk perawatan kulit untuk mengobati jerawat. Sebaiknya gunakan benzoil peroksida dengan kekuatan antara 2,5 hingga 10 persen.

Kekuatan yang lebih tinggi belum terbukti lebih berhasil dalam mengobati jerawat. Benzoil peroksida efektif membunuh bakteri propionibacterium acnes penyebab jerawat. Ketahui lebih dalam tentang Benzoil Peroksida untuk Jerawat  berikut ini.

Antibiotik Topikal

Dokter kulit terkadang akan merekomendasikan penggunaan antibiotik topikal. Contohnya seperti eritromisin atau klindamisin bersamaan dengan benzoil peroksida. Namun, antibiotik topikal tidak digunakan sendiri. Baca lebih lanjut soal penggunaan Antibiotik Topikal untuk Jerawat berikut ini.

Tea Tree Oil

Meskipun ada beberapa obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat, tea tree oil adalah salah satu yang paling banyak diteliti. Tea tree oil dengan kekuatan 5 persen terbukti sangat sebanding dengan benzoil peroksida.

Meskipun sedikit lebih lambat untuk melihat manfaatnya, tapi sering kali lebih dapat ditoleransi oleh kulit.

Cara Mencegah Jerawat di Telinga

Meskipun kemunculan jerawat di telinga tidak dapat diprediksi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemungkinan munculnya jerawat:

  • Mencuci dan membersihkan kulit telinga secara teratur untuk mengurangi sel kulit mati dan sebum.
  • Tidak memasukkan benda asing ke dalam telinga.
  • Hindari berenang di air kotor.
  • Kurangi penggunaan helm atau topi yang terlalu ketat.

Hubungi Dokter Ini untuk Penanganan Jerawat yang Tepat

Ketika jerawat di telinga tidak merespon pengobatan, sebaiknya tanya dokter spesialis kulit di Halodoc untuk mendapatkan metode pengobatan terbaik.

Dokter spesialis kulit dan kelamin juga dapat membantu mengidentifikasi tingkat jerawat yang dimiliki seseorang, dan merekomendasikan obat-obatan atau perawatan di rumah untuk mencegahnya muncul kembali. 

Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dokter spesialis kulit di Halodoc yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun.

Mereka juga memiliki penilaian yang baik dari pasien-pasien yang pernah mereka tangani sebelumnya, ini daftarnya:

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir.

Sebab kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc atau berkonsultasi dengan dokter lainnya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Pimple in Ear: How It Happens and How to Treat It
Medical News Today. Diakses pada 2021. How to remove a pimple in your ear
Very Well Health. Diakses pada 2021. What to Do With a Pimple in Ear

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan