Bagaimana Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   08 September 2021
Bagaimana Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina?Bagaimana Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina?

“Cara membedakan kucing jantan dan betina sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, terutama jika sudah berpengalaman. Cara utama untuk mengetahui jenis kelamin kucing adalah dengan memperhatikan alat reproduksi atau alat kelaminnya. Selain itu, perbedaan kucing jantan dan betina juga ada pada perilakunya.

Halodoc, Jakarta – Cara membedakan kucing jantan dan betina sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, hal ini mungkin akan sedikit lebih sulit pada kucing yang baru lahir atau anak kucing. Sebab, bagian tubuh, terutama area intim atau organ reproduksinya belum berkembang sempurna. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membedakan kucing jantan dan betina. 

Salah satu cara untuk mengetahui jenis kelamin kucing adalah dengan memperhatikan bentuk organ reproduksinya. Pertama-tama, cara membedakan kucing jantan dan betina bisa dilakukan dengan memeriksa alat kelamin di bagian bawah ekornya. Kucing jantan akan memiliki anus, skrotum atau biji testis, dan penis. Sementara itu, kucing betina hanya memiliki anus dan vagina. 

Baca juga: Cara Menangani Anak Kucing Belekan

Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina

Cara utama untuk membedakan kucing jantan dan betina adalah dengan memperhatikan bentuk tubuh dan alat kelaminnya. Selain alat kelamin yang berbeda, kucing jantan dan betina juga memiliki beberapa perbedaan lainnya, termasuk perbedaan pada hormon dan perilaku sehari-hari. Berikut ini penjelasan tentang cara membedakan kucing jantan dan betina melalui perilaku yang ditunjukkan: 

  • Kucing Jantan 

Salah satu ciri kucing jantan adalah tingkah yang aktif, bahkan sangat liar. Kucing jantan yang belum disteril cenderung memiliki keinginan untuk selalu berkeliaran atau tidak betah berdiam di dalam rumah. Kucing juga memiliki kebiasaan spraying alias menyemprotkan sedikit air urine sembarangan. Kucing jantan juga sering berkelahi dengan sesama jantan atau kucing jantan lain yang dianggap saingan. 

Sebaliknya, kucing jantan yang sudah disteril biasanya akan menjadi lebih tenang, yaitu keinginan untuk berkeliaran akan sangat berkurang. Kucing yang sudah disteril juga mulai jarang berkelahi dan spraying. Setelah disteril, kucing jantan akan lebih bisa menerima kehadiran jantan lain di sekitarnya, mengurangi spraying, memeluk kucing lain, serta lebih dekat dengan pasangan atau kucing lainnya.

Baca juga: Ketahui 6 Penyakit yang Rentan Dialami Kucing Peliharaan

  • Kucing Betina 

Sementara itu, kucing betina cenderung memiliki cara yang berbeda dalam mengekspresikan hormon. Kucing betina biasanya akan menjadi sangat penyayang, mengeong, serta mencari perhatian untuk dielus atau sekadar disentuh oleh manusia. Saat sedang berahi, kucing betina akan menjadi lebih banyak bersuara atau mengeong, tujuannya untuk menarik perhatian kucing jantan. 

Pada kucing betina yang belum disteril, vokal atau suaranya akan lebih keras, memiliki keinginan tinggi untuk selalu disentuh atau dibelai, menandai wilayah salah satunya dengan spraying, serta mengusir betina lain yang dianggap mengganggu di wilayah mereka. Sementara itu, kucing betina yang sudah disteril bisanya tidak lagi mengalami berahi. 

Hal itu membuat suara kucing menjadi lebih lembut dan tidak terlalu keras. Kucing juga akan menghindari atau tidak terlalu ingin disentuh lagi setelah menjalani sterilisasi, kucing betina juga akan menunjukkan sikap yang lebih keibuan. Meski begitu, kucing yang sudah disteril tetap sangat teritorial dan tidak mungkin berbagi tempat tertentu dengan kucing lain, terutama dengan betina lainnya. Kucing betina juga dikenal lebih mandiri dibandingkan kucing jantan. 

Baca juga: Ini 6 Jenis Kucing Berukuran Besar yang Menggemaskan

Kucing peliharaan yang terlalu vokal atau sering mengeong mungkin sedang mengalami gangguan tertentu, misalnya merasa tidak cocok dengan makanan yang diberikan. Jika ingin mengganti makanan kucing, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu jenis makanan yang direkomendasikan dan mengandung banyak nutrisi, kemudian beli di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah segera. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
PetMD. Diakses pada 2021. Photos: Determining the Sex of a Cat.
One How To. Diakses pada 2021. How To Tell If A Cat Is Male Or Female.
Kompas.com. Diakses pada 2021. Jangan Keliru, Ini Perbedaan Kucing Jantan dan Betina. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan