Asam Jawa, Bumbu Dapur yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 November 2021
Asam Jawa, Bumbu Dapur yang Bermanfaat untuk KesehatanAsam Jawa, Bumbu Dapur yang Bermanfaat untuk Kesehatan

“Asam jawa tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur yang sedap, tetapi juga baik untuk kesehatan. Minum air rebusan asam jawa bisa menurunkan kadar gula darah, hipertensi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lain-lainnya.”

Halodoc, Jakarta –  Asam jawa adalah bumbu dapur yang kerap digunakan untuk memasak  sayur asam, gado-gado, tomyam, serta makanan sedap lainnya. Namun ternyata, tidak hanya sebagai bumbu serba guna, asam jawa juga bermanfaat untuk kesehatan. 

Asam jawa telah memainkan peran penting dalam pengobatan tradisional. Dalam bentuk minuman, asam jawa digunakan untuk mengobati diare, sembelit, demam, dan malaria. Kulit kayu dan daunnya juga digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka. Yuk, simak di sini manfaat asam jawa untuk kesehatan!

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Asam jawa memiliki nutrisi sehat, salah satunya polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Kandungan ini dapat melindungi terhadap penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Berikut adalah manfaat lain dari asam jawa:

1. Pertahanan Alami Tubuh 

Asam jawa kaya akan fitonutrien yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat, dan dapat meningkatkan pertahanan kekebalan alami tubuh. Antioksidan diperlukan untuk mengurangi dampak inflamasi dari stres oksidatif. Itulah sebabnya mengonsumsi asam jawa dapat membuat tubuh kuat dan lebih bisa menghadang serang infeksi maupun penyakit.

2. Memiliki Sifat Antikanker

Ekstrak biji asam jawa dapat mengurangi stres oksidatif dan menunda perkembangan karsinoma sel ginjal. Selain karena efek antioksidannya, ekstrak biji asam jawa memiliki sifat induksi enzim antioksidan dan efek penyumbatan jalur sinyal terkait kanker.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Kolesterol

Kaya akan polifenol dan flavonoid, asam jawa telah terbukti menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, sehingga menurunkan risiko aterosklerosis. Biji asam jawa juga memiliki efek antihipertensi, sehingga bisa mengurangi tekanan darah diastolik.

4. Memberikan Perlindungan pada Hati

Penyakit hati berlemak, atau hepatosteatosis, kerap dialami oleh masyarakat perkotaan karena pola makan tidak sehat. Ekstrak buah asam jawa telah terbukti memberikan efek perlindungan bagi hati, karena mengandung antioksidan yang disebut procyanidins, sehingga melawan kerusakan akibat radikal bebas pada hati.

5. Manfaat Antimikroba Alami

Senyawa natural yang terdapat dalam ekstrak asam jawa berpotensi digunakan sebagai antimikroba alami terhadap mikroorganisme patogen. Secara khusus, senyawa lupeol telah diidentifikasi memiliki manfaat penting untuk tubuh karena sifat antibakterinya.

6. Efek Antidiabetes

Efek antiinflamasi dari ekstrak biji asam jawa telah terbukti menawarkan manfaat perlindungan potensial dan meningkatkan regulasi gula darah pada pengidap diabetes. Itulah sebabnya, mengapa orang dengan kondisi diabetes juga direkomendasikan untuk minum air rebusan asam jawa.

Sebagai makanan, asam jawa termasuk dalam keluarga kacang-kacangan dan memiliki kemampuan untuk menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Asam jawa juga dapat menurunkan kadar gula darah dan karenanya harus digunakan dengan hati-hati terutama dalam jumlah besar. 

Buat kamu yang ingin mencoba mendapatkan manfaat kesehatan dari asam jawa, bisa dengan cara merebus asam jawa selama 10 menit. Kemudian saring, lalu diminum selagi hangat. Kalau kamu pengidap diabetes dan butuh membeli obat, kamu bisa memesannya lewat aplikasi Halodoc, ya! Tanpa perlu repot keluar rumah, pesananmu akan diantarkan ke tempat tujuan dalam waktu kurang dari satu jam. Belum punya aplikasinya? Download sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
BBC Good Food. Diakses pada 2021. Top 6 health benefits of tamarind.
Healthline. Diakses pada 2021. What Is Tamarind? A Tropical Fruit with Health Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan