Apa Saja Makanan yang Boleh Dikonsumsi Sugar Glider?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   04 Juli 2021
Apa Saja Makanan yang Boleh Dikonsumsi Sugar Glider?Apa Saja Makanan yang Boleh Dikonsumsi Sugar Glider?

“Tingkahnya yang imut dan menggemaskan membuat sugar glider kini diminati banyak orang untuk dijadikan hewan peliharaan. Bila ingin memelihara hewan imut ini, ketahui dulu makanan apa saja yang boleh diberikan. Di alam liar, sugar glider mengonsumsi buah-buahan yang manis dan juga serangga. Namun, ketika menjadi hewan peliharaan, jenis makanan sugar glider yang bisa diberikan mungkin berbeda.”

Halodoc, Jakarta – Sugar glider adalah hewan nokturnal kecil yang berasal dari Australia dan Papua Nugini. Sekarang ini, hewan tersebut sedang diminati banyak orang untuk dijadikan hewan peliharaan karena tingkahnya yang imut dan menggemaskan. 

Bagi kamu yang juga tertarik untuk memelihara sugar glider, pertanyaan pertama yang mungkin langsung terlintas di pikiran kamu adalah apa makanannya? Di alam liar, makanan hewan yang bisa melompat jauh ini meliputi kombinasi berbagai makanan manis dari hutan, hewan kecil dan serangga

Namun, pola makan sugar glider di alam liar mungkin sulit diterapkan ketika mereka dipelihara sebagai hewan peliharaan. Jadi, sebagai pemilik sugar glider, kamu harus tahu apa saja makanan yang bisa dan boleh diberikan pada hewan yang satu ini.

Baca juga: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Hamster

Pilihan Makanan untuk Sugar Glider

Pola makan sugar glider harus mengandung berbagai buah dan sayuran segar, dan sekitar ¼ makanannya harus mengandung protein. Hewan mungil ini cenderung lebih menyukai buah dan sayuran yang memiliki rasa manis. Namun, kamu tidak boleh memberikan gula mentah, pengganti gula, permen, dan cokelat pada sugar glider, ya. Usahakan semua buah dan sayuran yang diberikan pada hewan peliharaan ini harus segar dan bukan kalengan.

Berikut beberapa pilihan makanan yang boleh dikonsumsi oleh sugar glider:

  1. Buah dan Sayuran

Jenis buah dan sayuran yang bisa diberikan pada sugar glider, antara lain apel, alpukat, pisang, melon, wortel, jagung manis, buah ara, anggur, grapefruit, mangga, jeruk, persik, pir, nanas, ubi jalar, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Apa Saja Buah-Buahan yang Aman untuk Anjing?

  1. Makanan Berprotein

Potongan kecil daging atau unggas tanpa lemak yang dimasak tanpa bumbu atau saus tambahan merupakan sumber protein yang baik untuk sugar glider. Pilihan protein lainnya yang juga boleh kamu berikan pada hewan tersebut, antara lain telur rebus, yoghurt, keju cottage, dan tahu. 

  1. Makanan Kucing Kering atau Makanan Anjing

Makanan kucing kering dan makanan anjing bisa digunakan sebagai sumber protein untuk sugar glider tetapi harus diberikan dalam jumlah yang terbatas. Pasalnya, makanan ini tidak dirancang untuk sugar glider dan mungkin tidak memenuhi kebutuhan nutrisi hewan peliharaan kamu tersebut.

  1. Serangga Hidup

Serangga hidup adalah makanan kesukaan sugar glider. Jangkrik, ulat, dan cacing tanah adalah beberapa jenis serangga yang mudah didapatkan yang bisa diberikan pada hewan peliharaan tersebut.

Namun, ingat, jangan memberi makan sugar glider dengan serangga yang dikumpulkan secara sembarangan, karena mereka bisa saja sudah terkontaminasi dengan pestisida. Meskipun merupakan sumber protein yang baik, serangga hanya boleh diberikan sebagai camilan, karena kandungan lemaknya yang tinggi.

  1. Kacang

Ini merupakan makanan sugar glider yang paling umum. Kacang yang diberikan harus mentah dan tawar, serta diberikan dalam jumlah terbatas. Meskipun merupakan makanan favorit para glider, kacang-kacangan tinggi akan lemak.

Itulah beberapa pilihan makanan yang boleh dikonsumsi sugar glider. Namun, terkadang hewan imut ini bisa menjadi sangat pemilih ketika makan. Bahkan walaupun sudah diberi makanan yang bergizi seimbang, sugar glider bisa saja kekurangan vitamin dan mineral penting. Sebaiknya, berikan multivitamin dan suplemen kalsium dengan D3 untuk memastikan hewan peliharaan tersebut tetap sehat dan bahagia. 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Anjing Membutuhkan Suplemen?

Kalau kamu ingin membeli obat atau suplemen untuk hewan peliharaan yang diresepkan oleh dokter, coba gunakan saja aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Sugar Glider Care. Diakses pada 2021. Pet Sugar Glider Food & Diet.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan