Apa Saja Buah-Buahan yang Aman untuk Anjing?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Mei 2021
Apa Saja Buah-Buahan yang Aman untuk Anjing? Apa Saja Buah-Buahan yang Aman untuk Anjing?

Halodoc, Jakarta - Tidak jarang pemilik hewan peliharaan berbagi camilan atau makanan yang dikonsumsi dengan anjing peliharaan. Jika kamu berpikir setiap makanan yang aman dikonsumsi, maka aman juga bagi anjing peliharaan. Padahal pemikiran tersebut salah kaprah. Meskipun banyak makanan manusia, tetapi ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi anjing. 

Seperti buah-buahan saja, semua buah aman dikonsumsi manusia, tetapi tidak bagi anjing. Hal tersebut dikarenakan, cara anjing mencerna berbeda dengan manusia. Jika salah konsumsi, maka dapat menimbulkan masalah kesehatan jangka panjang, bahkan kematian. Anjing sejatinya adalah hewan karnivora yang tidak membutuhkan buah-buahan untuk dikonsumsi.

Namun, jika diberikan sesekali, hal tersebut boleh-boleh saja dilakukan. Berikut ini beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi anjing:

Baca juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan Usai Anjing Melahirkan

1. Buah Apel

Apel merupakan sumber vitamin A dan C, serta serat yang baik untuk anjing. Buah ini rendah protein dan lemak, sehingga menjadikannya camilan yang sempurna untuk anjing dewasa. Pastikan untuk memberikan daging apelnya saja, ya.

2. Buah Pisang

Dalam jumlah sedang, pisang menjadi makanan rendah kalori yang bagus untuk anjing. Buah ini tinggi kalium, vitamin, biotin, serat, dan tembaga. Pisang juga rendah kolesterol dan natrium, tetapi tinggi kandungan gula. Pisang boleh diberikan sebagai camilan, bukan makanan utama anjing.

3. Buah Mangga

Mangga mengandung vitamin A, B6, C, dan E. Buah ini juga mengandung kalium, serta beta dan alfa-karoten. Pastikan untuk memisahkan biji dan dagingnya sebelum diberikan pada anjing. Pasalnya, biji mangga mengandung sedikit sianida, juga dapat menyebabkan anjing tersedak. Mangga kaya akan gula, jadi tidak boleh diberikan terlalu sering.

4. Buah Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C, kalium, dan serat yang sangat baik. Pastikan untuk memberi jeruk yang sudah dikupas, dan tidak memberikan dalam jumlah yang terlalu banyak, ya. Pasalnya, kulit jeruk dapat merusak sistem pencernaan anjing.

5. Buah Persik

Persik merupakan sumber serat dan vitamin A yang baik, bahkan dapat membantu tubuh melawan infeksi. Bijinya mengandung sianida. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan dagingnya saja, ya.

Baca juga: Anjing Vs Kucing, Mana yang Lebih Cerdas?

6. Buah Pir

Pir menjadi buah yang bisa dikonsumsi anjing selanjutnya. Buah ini kaya akan tembaga, vitamin C dan K, serta serat. Sama halnya dengan mangga dan persik, biji buah ini mengandung jejak sianida. Jadi, pastikan untuk memberi dagingnya saja, ya.

7. Buah Nanas

Buah tropis ini kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Bukan itu saja, nanas juga mengandung bromelain, yaitu enzim yang memudahkan anjing menyerap protein dari makanan. Sebelum memberikannya pada anjing, jangan lupa membuang kulitnya terlebih dulu, ya.

8. Buah Raspberi

Raspberi mengandung antioksidan yang baik untuk anjing. Buah ini rendah gula dan kalori, tetapi tinggi serat, mangan, dan vitamin C. Raspberry sangat baik untuk anjing dewasa, karena memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat menjaga persendian yang menua seiring berjalannya waktu. Buah ini juga mengandung sedikit xylitol, jadi batasi pemberiannya, ya.

9. Buah Stroberi

Buah yang bisa dikonsumsi anjing selanjutnya adalah stroberi. Buah ini kaya akan serat dan vitamin C. Selain itu, stroberi juga mengandung enzim yang dapat membantu memutihkan gigi anjing jika rutin dikonsumsi. Buah ini mengandung gula, jadi pastikan untuk memberikan secukupnya saja, ya.

Baca juga: Ini Fakta Anak Anjing yang Wajib Dipahami Pemula

Itulah sejumlah buah yang bisa dikonsumsi anjing, serta manfaatnya. Untuk lebih jelasnya terkait hal tersebut, kamu bisa mendiskusikannya langsung dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
PetMD. Diakses pada 2021. Which Fruits Can Dogs Eat?
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Fruits and Vegetables Dogs Can or Can’t Eat.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan