Apa Jenis Hamster yang Cocok untuk Dipelihara Keluarga?

4 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   28 Juni 2021

"Memelihara hamster memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebelum mengadopsinya, kamu harus mengetahui jenis hamster yang paling cocok untuk dipelihara, oleh karena itu kamu harus mencari hamster yang paling ramah. Ada beberapa jenis hamster yang sangat disarankan untuk dipelihara karena mereka cukup baik pada manusia, baik pada orang dewasa, maupun pada anak-anak."

Apa Jenis Hamster yang Cocok untuk Dipelihara Keluarga?Apa Jenis Hamster yang Cocok untuk Dipelihara Keluarga?

Halodoc, Jakarta – Jika kamu hendak mengadopsi hamster, kamu mungkin bertanya-tanya jenis hamster apa yang harus dipilih. Toko hewan peliharaan memiliki banyak jenis hamster yang berbeda. Bagi kamu yang masih awam, mereka terlihat hampir tidak ada bedanya sama sekali, padahal jelas mereka memiliki perbedaan. 

Selayaknya manusia, beda jenis hamster maka beda juga kepribadian dan keterampilan sosial yang mereka miliki. Namun, jika kamu menginginkan hamster peliharaan, pertama-tama kamu harus memastikan bahwa mereka ramah pada orang dewasa maupun anak-anak. Oleh karena itu, kamu harus memilih jenis hamster yang paling ramah. 

Hamster Suriah adalah jenis hamster yang paling ramah terhadap manusia. Namun, jika kamu mencari spesies hamster yang ramah terhadap pemiliknya dan hamster lain, pilihan terbaik adalah hamster kerdil Rusia.

Baca juga: Khusus Pemula, Ini Tips Merawat Hamster 

Jenis Hamster yang Paling Ramah

Ada lebih dari 20 spesies hamster di seluruh dunia tetapi hanya sedikit dari mereka yang bisa dipelihara sebagai hewan peliharaan karena sifatnya yang ramah. Selain itu, ada juga spesies hamster tertentu yang tidak boleh dipelihara sebagai hewan peliharaan dan lebih baik hidup di alam liar. Berikut ini beberapa jenis hamster yang paling cocok dipelihara:

Hamster Suriah, Jenis Hamster Paling Populer

Hamster Suriah atau hamster emas atau yang juga lebih populer disebut dengan Hamster Syrian mungkin adalah salah satu hamster peliharaan yang paling populer. Mereka adalah makhluk penyendiri di alam liar, kecuali saat mereka melahirkan. Namun, setelah anak-anak mereka sudah cukup besar, mereka bisa berpisah lagi. Mereka tak bisa hidup secara bersamaan.

Oleh karena itu, jika kamu memelihara jenis hamster ini, ia tidak akan ingin dipelihara bersamaan dengan hamster lain. Jika kamu memeliharanya dengan hamster lain, pada suatu saat mereka akan mulai berkelahi, yang akan menyebabkan stres dan cedera. 

Namun kepada manusia, mereka paling mudah bergaul. Mereka bisa menjadi sangat jinak dan tidak akan menggigit jika kamu merawatnya dengan baik. Hamster Suriah juga ramah kepada anak-anak. Mungkin cara terbaik untuk menjinakkan hamster Suriah adalah dengan memberinya makan dengan tangan.

Hamster Kerdil Rusia

Hamster kerdil Rusia atau yang lebih populer disebut dengan Russian Dwarf Hamster atau Winter White Hamster dapat hidup dalam kelompok kecil di alam liar. Berbeda dengan hamster Suriah, hamster kerdil Rusia senang tinggal bersama hamster lainnya. Untuk alasan ini, yang terbaik adalah memelihara sepasang hamster kerdil Rusia atau bahkan lebih baik lagi.

Namun, jika kamu memeliharanya sepasang, bersiaplah untuk kehadiran bayi hamster. Kamu juga bisa memelihara dua jantan, sebab tanpa hamster betina, dua hamster jantan tidak akan memiliki masalah satu sama lain. 

Hamster kerdil Rusia juga dapat menjalin ikatan yang sangat baik dengan manusia. Mereka adalah hamster yang lebih kecil tetapi dapat ditangani dengan mudah, juga oleh anak-anak. Hamster kerdil Rusia pada awalnya bisa sangat takut, tetapi cara terbaik untuk menghilangkan rasa takut ini adalah dengan memberi makan hamster kecil dengan tangan dan menciptakan hubungan yang penuh kasih dengannya.

Baca juga: Cara Memilih Makanan Sehat untuk Hamster 

Hamster Kerdil Rusia Campbell

Hamster kerdil Rusia Campbell berkerabat dengan hamster kerdil Rusia dan sering keliru satu sama lain. Hamster ini, seperti kebanyakan hamster kerdil, tidak menyendiri dan dapat dipelihara dengan hamster lain. Di alam liar, mereka tidak hidup dalam kelompok kecil tetapi berpasangan. Di penangkaran, dimungkinkan untuk memelihara kelompok kecil karena mereka adalah hamster yang cukup toleran. Sama seperti hamster kerdil Rusia, jika kamu tidak ingin memiliki bayi hamster, kamu bisa memelihara hamster dengan jenis kelamin yang sama dan menyatukannya sejak usia muda.

Hamster kerdil Rusia Campbell tidak begitu ramah dalam interaksinya dengan manusia. Mereka bisa menjadi sangat agresif dan diperlukan kehati-hatian saat menanganinya. Mereka juga dikenal menggigit jari. Jika kamu membeli hamster kerdil Rusia Campbell disarankan untuk memperhatikan reaksi hamster saat kamu mencoba menanganinya. Ada lebih banyak hamster sosial tetapi secara umum, Campbell jauh kurang sosial terhadap manusia daripada hamster kerdil Rusia. 

Baca juga: Cara Tepat Menjaga Kebersihan Kandang Hamster

Itulah beberapa jenis hamster yang bisa kamu pelihara. Namun, sebelum mengadopsi hamster, pastikan kamu telah memenuhi semua kebutuhannya, mulai dari kandang hingga makanan. Jangan khawatir, kini kamu juga bisa beli makanan untuk hamster atau hewan peliharaan lainnya seperti anjing atau kucing di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, kamu bisa mendapatkan kebutuhan untuk hewan peliharaan tanpa harus keluar rumah. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Pocket Pets 101. Diakses pada 2021. Which Hamster Is the Friendliest?
The Spruce Pets . Diakses pada 2021. Different Types of Hamsters for Pets.
WebMD. Diakses pada 2021. 5 Types of Hamster.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan