Amankah Attapulgite Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Juni 2023

“Keamanan kandungan obat attapulgite pada ibu hamil belum dapat dipastikan. Sebab, obat tersebut belum resmi masuk dalam kategori kehamilan, serta penelitian dan studi pada mengenai keamanan pada ibu hamil masih terbatas.”

Amankah Attapulgite Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil? Ini FaktanyaAmankah Attapulgite Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Kondisi diare dapat diatasi dengang obat attapulgite. Meskipun termasuk obat bebas resep, tapi penggunaannya harus mengikuti petunjuk dokter. Terutama mengenai dosis dan penggunaan sesuai dengan kondisi. Lantas, bagaimana penggunaan attapulgite pada ibu hamil?

Penggunaan attapulgite pada ibu hamil belum dapat dipastikan keamanannya. Selain itu, Food and Drug Administration (FDA) belum secara resmi memasukkan attapulgite dalam kategori kehamilan. Dokter hanya merekomendasikan obat pada ibu hamil ketika manfaatnya lebih besar dibandingkan risikonya.

Fakta Keamanan Attapulgite pada Ibu Hamil

Sebaiknya beritahu dokter jika kamu mengonsumsi attapulgite saat sedang hamil atau menyusui. Sebab, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. 

Studi yang membahas efek attapulgite pada kehamilan manusia pun masih terbatas. Sebagian besar penelitian hanya dilakukan pada hewan. Oleh karena itu, informasi mengenai keamanan attapulgite selama kehamilan pun masih sangat terbatas. Namun, berdasarkan penelitian yang sudah ada, beberapa hal dapat menjadi pertimbangkan. 

Sebuah studi pada hewan menunjukkan bahwa penggunaan attapulgite pada tikus hamil tidak menyebabkan efek negatif pada perkembangan janin atau kelahiran bayi tikus. Meski begitu penting untuk dicatat bahwa hasil penelitian pada hewan tidak selalu dapat diterapkan langsung pada manusia. 

Pada ibu hamil, perhatian utama adalah memastikan keamanan dan kesehatan bayi dalam kandungan. Sebelum menggunakan attapulgite atau produk yang mengandung attapulgite, sangat penting untuk bertanya pada dokter kandungan. Dokter dapat memberikan saran dan rekomendasi yang tepat berdasarkan kesehatan atau riwayat medis individu. 

Beberapa sumber mengindikasikan bahwa attapulgite aman digunakan pada ibu hamil jika digunakan sesuai dosis yang direkomendasikan. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa ibu hamil perlu hati-hati terhadap penggunaan attapulgite, mengingat terbatasnya informasi yang tersedia.

Oleh karena itu, dokter dapat membantu membuat keputusan berdasarkan risiko dan manfaatnya. Nah, jika ibu hamil mengalami diare, inilah 3 Obat Diare untuk Ibu Hamil dan Janin yang Aman Dikonsumsi

Obat yang Aman untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat tidak disarankan untuk minum sembarang obat, karena bisa berisiko pada kesehatan ibu hamil dan janin  yang dikandung. Saat bumil mengalami gejala penyakit, tidak disarankan untuk langsung minum obat.

Dokter biasanya merekomendasikan untuk menunggu beberapa jam sambil beristirahat, untuk memastikan gejala mereda atau tidak.  Apabila obat tetap dibutuhkan, maka harus sesuai dengan rekomendasi dan resep dokter. 

Penting bagi ibu hamil untuk bertanya pada dokter sebelum menggunakan obat apapun. Hal tersebut demi menurunkan risiko komplikasi dan mengetahui daftar obat yang aman untuk bumil. 

Jika ibu memiliki keluhan penyakit ringan, ada beberapa jenis obat yang dapat dikonsumsi oleh bumil, yaitu:

  • Penghilang nyeri: Jika mengalami nyeri saat sakit kepala dan demam, bumil bisa mengonsumsi obat yang memiliki kandungan Acetaminophen (Tylenol). 
  • Obat alergi: Gejala alergi yang dialami bumil dapat diatasi dengan obat-obatan yang mengandung antihistamin.
  • Obat flu: Gejala flu pada ibu hamil dapat diatasi dengan obat yang mengandung Acetaminophen (Tylenol): Namun pastikan obat tidak mengandung alkohol karena berbahaya pada perkembangan janin.
  • Gangguan pencernaan: Jika bumil mengalami gangguan pencernaan, seperti  konstipasi atau diare, maka konsumsi obat sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tubuh. 

Bumil juga bisa mengonsumsi obat-obatan yang pernah diresepkan sebelum hamil. Namun, mungkin diperlukan modifikasi dosis oleh dokter.

Selain itu, penggunaan obat pada ibu hamil harus pada dosis efektif terkecil, dalam jangka waktu sesingkat mungkin. Apabila gejala semakin memburuk, sebaiknya hentikan konsumsi obat dan segera periksakan diri pada dokter kandungan.

Referensi:
Drugs. Diakses pada 2023. ATTAPULGITE (Oral).
RxList. Diakses pada 2023. ATTAPULGITE.
Drugbank. Diakses pada 2023. Attapulgite.
Baby Center. Diakses pada 2022. Safe medications during pregnancy.
Healthline. Diakses pada 2022. What Medicines Can I Take While Pregnant?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan