Aktif Bekerja, Lengkapi Tubuh dengan 4 Jenis Vitamin Ini

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Juli 2022

“Terdapat beberapa rekomendasi jenis vitamin untuk kamu yang aktif bekerja. Salah satu rekomendasinya adalah vitamin C yang penting dalam menjaga kekebalan tubuh.”

Aktif Bekerja, Lengkapi Tubuh dengan 4 Jenis Vitamin IniAktif Bekerja, Lengkapi Tubuh dengan 4 Jenis Vitamin Ini

Halodoc, Jakarta – Memenuhi segala asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Sebab, tanpa asupan nutrisi yang tepat, hal ini dapat berdampak pada kesehatan karena daya tahan tubuh yang melemah. Kondisi tersebut tentunya perlu dihindari dan tidak dapat disepelekan. 

Khususnya jika kamu merupakan seorang workaholic yang sangat menjunjung tinggi produktivitas. Ingatlah bahwa menyelesaikan tumpukan tugas dan menjalani segala aktivitas yang padat, tidak akan optimal jika imun tubuh sedang melemah. 

Karena itu, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat dan pastikan segala asupan nutrisi penting terpenuhi. Kamu bisa memenuhinya dengan mengonsumsi makanan sehat dan konsumsi vitamin. 

Nah, kira-kira apa jenis vitamin yang tepat untuk kamu yang aktif bekerja? Yuk, simak rekomendasinya di sini! 

Jenis Vitamin untuk Kamu yang Aktif Bekerja 

Menjaga sistem kekebalan tubuh merupakan hal penting untukmu yang aktif bekerja. Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi jenis vitamin yang kamu perlukan:

1. Vitamin C 

Perlu diketahui bahwa vitamin C merupakan salah satu penguat sistem kekebalan terbesar dari segala jenis vitamin. Namun, tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya. Padahal, kekurangan vitamin C dapat membuat tubuh menjadi lemah dan mudah sakit. 

Karena itu, pastikan rutin untuk mengonsumsi vitamin C sebagai suplemen. Nah, selain dari suplemen, vitamin C juga banyak terkandung di beberapa jenis sayuran dan buah. Misalnya seperti jeruk, anggur, stroberi, paprika, bayam, kangkung hingga brokoli. 

2. Vitamin E

Selayaknya vitamin C, vitamin E juga merupakan vitamin yang direkomendasikan untukmu yang aktif bekerja. Sebab, vitamin E dapat menjadi antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi dan menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh. 

Selain dari suplemen, kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin E dari beberapa makanan. Misalnya seperti kacang almond, kacang tanah, biji bunga matahari, minyak kedelai, hingga hazelnut. 

3. Vitamin A 

Berfungsi sebagai penangkal infeksi, vitamin A merupakan vitamin yang hadir dalam dua bentuk. Bentuk pertama dapat berasal dari makanan hewani seperti ikan, daging, dan susu. Sementara bentuk keduanya berasal dari zat karotenoid tumbuhan, seperti labu, wortel, blewah, dan sayuran berdaun hijau tua. 

Menariknya lagi, vitamin A juga telah terbukti dalam menjaga fungsi penglihatan. Sebab, vitamin A diperlukan untuk mengubah cahaya yang mengenai mata menjadi sinyal listrik yang dapat dikirim ke otak. Alhasil, konsumsi vitamin A dalam jumlah yang cukup dapat mencegah perkembangan rabun senja. 

Selain itu, vitamin A juga dapat membantu memperlambat penurunan penglihatan yang berkaitan dengan usia. Manfaat tersebut tentunya dibutuhkan dalam menjaga kesehatan mata bagi kamu yang aktif bekerja di depan layar komputer. 

4. Vitamin D 

Dikenal sebagai vitamin sinar matahari, vitamin D merupakan salah satu nutrisi paling penting dan kuat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D contohnya: 

  • Ikan salmon.
  • Ikan kembung.
  • Tuna.
  • Sarden.

Vitamin D sebagai zat tambahan, misalnya yang berasal dari susu, jus jeruk dan sereal yang dilengkapi vitamin D. 

Itulah beberapa jenis vitamin yang direkomendasikan untukmu yang aktif bekerja. Mulai dari vitamin C hingga vitamin D. Beberapa jenis vitamin tersebut bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuhmu, sekaligus dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya. Sebagai contoh, vitamin A, selain dapat menangkal infeksi, vitamin ini juga dapat menjaga kesehatan penglihatan. 

Jika mengalami gangguan kesehatan atau membutuhkan vitamin agar sistem kekebalan tubuh tetap prima,  kamu bisa menggunakan layanan Halodoc Corporate Services, lho

Layanan ini memberikan perlindungan menyeluruh bagi anggota atau karyawan tanpa harus mengorbankan efisiensi biaya. Layanan mencakup paket konsultasi telemedis, kebutuhan vitamin dan suplemen, dan medical check up karyawan.

Melalui Halodoc Corporate Services kesehatan karyawan bisa lebih terjamin. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc dan coba Halodoc Corporate Services sekarang!

Referensi: 

Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 8 Vitamins & Minerals You Need for a Healthy Immune System. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 3 Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity. 
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Health Benefits of Vitamin A, Backed by Science. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan