8 Manfaat Virgin Coconut Oil bagi Kecantikan Wajah

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Oktober 2022

“Virgin coconut oil dapat mencerahkan kulit dan dapat membantu mengurangi munculnya bintik hitam. Bahan ini juga bisa mengatasi masalah warna kulit yang tidak rata.”

8 Manfaat Virgin Coconut Oil bagi Kecantikan Wajah8 Manfaat Virgin Coconut Oil bagi Kecantikan Wajah

Halodoc, Jakarta – Virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa dara sudah lama dikenal bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Beberapa manfaat dari minyak ini yang sudah dikenal adalah mengurangi peradangan, menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, serta membantu mencegah infeksi.

Selain itu, minyak ini juga bermanfaat untuk area sensitif seperti kulit di bawah mata, dan bibir. Jika kulit wajahmu termasuk tipikal berminyak atau memiliki kulit kombinasi, kamu bisa mengombinasikan minyak ini dengan jenis perawatan lain. Selengkapnya mengenai manfaat VCO untuk kecantikan bisa dibaca di sini!

Kandungan Virgin Coconut Oil

Berikut kandungan dalam 14 gram virgin coconut oil, yaitu:

  • Kalori: 120.
  • Lemak: 13 gram atau setara dengan 17 persen kebutuhan harian.

Minyak ini juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, virgin coconut oil juga mengandung saponin dan alkaloid. Keduanya memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk kesehatan. Meskipun terlihat serupa dengan minyak kelapa biasa, tetapi ada banyak perbedaan antara keduanya. 

Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai manfaat minyak kelapa biasa untuk kesehatan, bisa membaca artikel berikut ini: Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan.

Ketahui Perbedaan Virgin Coconut Oil dengan Minyak Kelapa Biasa

Sebelum mengetahui berbagai manfaat virgin coconut oil, sebaiknya ketahui perbedaan antara VCO dengan minyak kelapa biasa berikut ini:

1. Metode ekstraksi

Minyak kelapa biasa terbuat dari kelapa kering yang dikenal sebagai kopra. Kelapa kering ini akan melalui proses penekanan hingga muncul minyak untuk ekstraksi. Kemudian, minyak yang muncul akan mengalami penyulingan.

Sementara, VCO mengalami ekstraksi dari santan segar. Santan akan diproses lebih lanjut menggunakan mesin untuk memisahkan air dan minyak. Nah, minyak yang didapatkan ini dikenal sebagai virgin coconut oil.

2. Komposisi

Minyak kelapa normal masih mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Sedangkan VCO kaya akan kolesterol yang baik dan jumlah asam lemak yang cukup rendah.

3. Bentuk produk

Keduanya hampir terlihat serupa. Namun, minyak kelapa sedikit memiliki warna atau keruh, sedangkang VCO memiliki warna bening. Bahkan, jika kamu menggunakan VCO pada permukaan kulit, minyak kelapa dara akan lebih cepat menyerap.

Itulah beberapa perbedaan yang bisa kamu perhatikan antara minyak kelapa biasa dan virgin coconut oil. Meskipun memiliki perbedaan, tetapi keduanya tetap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama kecantikan.

Dapatkan produk minyak ini atau produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Tanpa perlu repot keluar rumah, pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Klik gambar di bawah ini untuk tahu lebih lanjut:

PD- virgin coconut oil

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kecantikan 

Kualitas minyak kelapa asli yang diproduksi secara komersial sangat bervariasi. Beberapa di antaranya bisa jadi bereaksi keras pada kulit. Namun, bila ditambahkan dengan minyak esensial yang memiliki sifat menutrisi kulit, bisa jadi akan membawa banyak manfaat. Misalnya dengan minyak pohon teh, vitamin E, lavender, ataupun chamomile

Penambahan jenis minyak esensial lainnya, bisa memberikan manfaat maksimal pada penggunaan minyak kelapa asli. Lantas, apa saja manfaat virgin coconut oil bagi kecantikan? Ini ulasannya:

1. Meningkatkan hidrasi

Minyak ini membantu meningkatkan lapisan pelindung kulit, menahan kelembapan di dalam dan menjaga kulit tetap kenyal dan terhidrasi. Dengan begitu, kamu akan terhindari dari kondisi kulit kering.

2. Mengurangi peradangan

Minyak kelapa asli memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga bermanfaat untuk kulit yang teriritasi dan lecet. 

3. Meningkatkan produksi kolagen 

Kandungan asam laurat dalam minyak ini memiliki efek meningkatkan produksi kolagen. Kolagen membantu kulit menjaga kekencangan dan elastisitas. Membantu kulit mempertahankan dan memproduksi kolagen dapat menghilangkan pembentukan beberapa garis halus dan kerutan.

4. Mencerahkan wajah

Minyak ini dapat mencerahkan kulit dan dapat membantu mengurangi munculnya bintik hitam atau warna kulit yang tidak merata. Menambahkan jus lemon pada minyak ini dapat mencerahkan rona gelap di wajah.

5. Meredakan jerawat

Virgin coconut oil memiliki kandungan saponin dan alkaloid yang bersifat anti peradangan. Hal ini membuat minyak ini mampu meredakan jerawat yang memerah atau mengalami peradangan.

Caranya, kamu bisa mengoleskan pada jerawat yang memerah. Namun, jangan mengoleskan minyak ini pada jerawat atau luka yang terbuka.

6. Mencegah tanda penuaan dini

Minyak kelapa dara juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Terpenuhinya kebutuhan antioksidan membuat kulit terlindungi dari paparan radikal bebas. 

Hal ini membuat kulit menjadi lebih sehat sehingga mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan halus pada wajah.

7. Memperbaiki tekstur kulit wajah

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa dara sebagai masker wajah sebelum tidur. Kandungan didalamnya mampu memperbaiki tekstur kulit wajah sehingga menjadi lebih lembut.

Jangan lupa untuk membilas kulit wajah menggunakan air hangat setelahnya. Setelah itu, cuci bersih wajah menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

8. Mengatasi kemerahan pada wajah

Virgin coconut oil memiliki efek yang menenangkan pada kulit. Hasilnya, minyak ini mampu mengatasi kemerahan yang muncul pada wajah. 

Kamu bisa mengoleskan pada bagian-bagian yang kemerahan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Bukan hanya bermanfaat untuk kecantikan, virgin coconut oil juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan secara menyeluruh. Berikut manfaat VCO untuk kesehatan tubuh:

  • Mengontrol kolesterol. VCO mengandung lemak tak jenuh sehingga sangat baik untuk membantu kamu dalam mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Menjaga kesehatan jantung. Kandungan lemak baik juga membuat kesehatan jantung menjadi lebih terjaga.

Tidak Semua Orang Cocok Menggunakan Virgin Coconut Oil

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan kalau virgin coconut oil memang kaya manfaat. Minyak ini dapat meningkatkan hidrasi kulit, mengurangi gatal, kekeringan, dan ruam, termasuk eksim. Bahkan, kandungannya dapat mengurangi kuman umum yang hidup di kulit (termasuk Staph aureus) yang dikenal dapat menyebabkan eksim.  

Bayi prematur dan anak-anak dengan eksim ringan hingga sedang, menunjukkan bahwa penggunaan minyak ini dapat mengurangi keparahan penyakit kulit. Menariknya lagi, penggunaan minyak ini juga bisa meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan, dan meningkatkan fungsi penghalang kulit yang mengarah ke kulit yang lebih sehat dan kenyal.

Lantas, bolehkah ibu hamil menggunakan minyak kelapa? Simak ulasannya pada artikel Cek Fakta: Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil.

Bila dibandingkan dengan minyak zaitun, virgin coconut oil memiliki keunggulan, seperti sebagai pelembap, pelawan kuman alami, dan bahan penenang ruam. Akan tetapi, tidak semua orang bisa cocok dengan minyak ini. 

Jika produk yang mengandung kelapa membuat kulit lebih merah atau gatal, bisa jadi kamu tidak cocok dengan produk tersebut. Minyak kelapa juga bersifat komedogenik yang artinya bisa menyumbat pori-pori dan memperburuk jerawat,  jadi sebaiknya jangan dioleskan di area yang rawan jerawat.

Selain itu, jika kamu memiliki riwayat gangguan imun tubuh, sebaiknya hindari menggunakan virgin coconut oil pada wajah. Minyak yang bisa menyumbat pori-pori wajah berisiko meningkatkan perkembangan bakteri dan jamur pada kulit.

Seseorang yang memiliki riwayat alergi terhadap kelapa, sebaiknya juga perlu menghindari pengunaan virgin coconut oil atau minyak lain yang dihasilkan dari kelapa. Hal ini berisiko memicu munculnya gejala alergi, seperti:

  • Ruam kemerahan.
  • Gatal.
  • Bersin.
  • Batuk.
  • Hidung berair.
  • Mata merah.
  • Bengkak pada bagian yang terpapar alergen.

Biasanya, orang yang memiliki riwayat alergi terhadap kacang, memiliki risiko alergi terhadap kelapa. Jadi, sebaiknya tetap waspada terhadap penggunaan bahan alami pada wajah.

Punya riwayat alergi atau masalah kesehatan lainnya? Gunakan aplikasi Halodoc untuk berdiskusi dengan dokter tepercaya ✔️ dan dapatkan saran penanganan terbaik!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Use Coconut Oil on Your Face Overnight.
WebMD. Diakses pada 2022. Coconut Oil: Is It Good for You?
WebMD. Diakses pada 2022. What Can Coconut Oil Do for Your Skin?
Everyday Health. Diakses pada 2023. What Is Coconut Oil? Whether It’s Healthy, How to Use It, and Everything Else to Know.
Nutrition Value. Diakses pada 2023. Virgin Coconut Oil by ORGANIC.
Enfermeria Clinica. Diakses pada 2023. Phytochemical Identification of Bangka Origin Virgin Green Coconut Oil: Anti-inflammatory and Anti-Bacterial Potential.
Fleur and Bee. Diakses pada 2023. Coconut Oil for Skin: 10 Benefits, How to Use.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan