7 Tips Sederhana Ungkapkan Kasih Sayang pada Orang Tua

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   26 Mei 2023

"Sebagai anak, kamu kerap kali malu untuk mengungkapkan kasih sayang pada orang tua. Padahal hal ini penting dilakukan karena bisa membuat mereka sangat bahagia."

7 Tips Sederhana Ungkapkan Kasih Sayang pada Orang Tua7 Tips Sederhana Ungkapkan Kasih Sayang pada Orang Tua

Halodoc, Jakarta – Orang tua telah mendidik dan membesarkan kamu sejak kecil. Mereka juga telah mencurahkan rasa cinta dan kasih sayang tanpa syarat sejak kamu dilahirkan. Namun, sebagai anak, kita kerap kali malu untuk mengungkapkan rasa sayang terhadap orang tua. 

Padahal, mengungkapkan rasa cinta, memberikan perhatian dan menghormati orang tua bisa membuat mereka sangat bahagia. Nah, kalau kamu salah satu orang yang sering malu untuk menunjukan cinta kasih pada orang tua, simak penjelasan berikut ini!

Cara Mengungkapkan Kasih Sayang pada Orang Tua

Berikut beberapa tips sederhana untuk mengungkapkan kasih sayang pada orang tua:

1. Luangkan waktu bersama

Hadiah terbesar yang dapat kamu berikan adalah waktu. Tidak peduli seberapa sibuk kamu sekarang, cobalah luangkan waktu untuk orang tua.

Pasalnya, mereka umumnya merasa kesepian, terutama setelah anak-anaknya merantau untuk melanjutkan studi maupun bekerja.

Jika kamu tinggal jauh dari mereka dan sulit menemuinya secara teratur, setidaknya luangkan waktu untuk menghubungi mereka. 

2. Ungkapkan rasa terima kasih pada orang tua

Selalu ungkapkan rasa terima kasih untuk setiap bantuan dan dukungan yang orang tua berikan.

Ingatlah bahwa pekerjaan mereka untuk membesarkan seorang anak bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang telah dikorbankan dan diperjuangkan agar kamu sampai di titik sekarang ini. 

3. Hindari perdebatan dan melawan orang tua

Setiap kali mereka mengatakan sesuatu yang bertentangan dengan pendapat kamu, cobalah untuk tidak berdebat atau melawannya. Sadari bahwa tentu saja ada kesenjangan antar generasi yang membuat mereka berpikir demikian. 

Cobalah pahami kondisi ini. Pernyataan kamu mungkin benar, tetapi mereka juga punya alasan konkrit atas pendapatnya. Jangan terbawa emosi dan hindari berbicara dengan intonasi yang tinggi. 

Coba katakan secara baik-baik dengan kepala yang dingin. Berdebat bahkan melawan pendapatnya bisa membuat mereka sedih atau bahkan sakit hati. 

4. Jangan ragu untuk meminta maaf

Kesalahpahaman dan pertengkaran antara orang tua dan anak adalah hal biasa. Sebagai anak, mungkin kamu mungkin sering terbawa emosi sehingga melontarkan kata-kata yang bisa menyakiti orang tua. 

Jika kamu merasa telah berbicara kasar atau meninggikan suara, jangan ragu untuk meminta maaf. Kamu mungkin tidak salah, tetapi jika menurut kamu perilaku tadi bisa menyakiti orang tua, katakan bahwa kamu menyesal karena telah menyakiti mereka. 

5. Berusaha terbuka, bentuk kasih sayang pada orang tua

Komunikasi yang jujur adalah landasan dari semua hubungan. Sebagai anak-anak, kamu pasti sering berbagi cerita secara mendetail. Sadar atau tidak, kamu mulai menyaring hal-hal tertentu seiring bertambahnya usia. 

Cobalah untuk berkata jujur dan biarkan mereka masuk ke dalam aspek terpenting dalam hidup kamu. 

6. Jangan merusak kepercayaan mereka

Salah satu cara untuk menunjukkan kepada orang tua bahwa kamu menghormati mereka adalah dengan menghindari melakukan hal-hal yang dapat merusak kepercayaannya.

Jika mereka memberikan kebebasan dan menghormati privasimu, pastikan untuk tidak menyalahgunakannya.

7. Bantu orang tua lakukan pekerjaan rumah

Jika kamu masih tinggal bersama orang tua, usahakan untuk membantu pekerjaan rumah tangga. Lakukan bagian kamu atau bahkan lebih.

Jika kamu tidak tinggal bersama, kamu bisa membantu mereka dengan membeli bahan makanan atau membayar tagihan rumah. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan rasa kasih sayang pada orang tua. Jika kamu memiliki masalah dalam keluarga yang mengganggu kesehatan mentalmu, jangan ragu untuk menghubungi psikolog di Halodoc.

Mereka akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mom Junction. Diakses pada 2023. 45 Of The Most Effective Ways To Display Love And Respect To Your Parents.
Inspiring Tips. Diakses pada 2023. 21 Small Ways to Show Love to Your Parents.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan