7 Manfaat Kandungan Hydroquinone dalam Skincare

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 September 2023

“Hydroquinone adalah bahan kimia yang berfungsi untuk mencerahkan warna kulit. Zat ini yang terkandung dalam skincare ini memiliki banyak manfaat, contohnya mengatasi hiperpigmentasi hingga meredakan eksim.”

7 Manfaat Kandungan Hydroquinone dalam Skincare7 Manfaat Kandungan Hydroquinone dalam Skincare

Halodoc, Jakarta – Hydroquinone atau hidrokuinon adalah bahan pencerah kulit yang banyak terdapat dalam produk skincare. Kandungan ini bekerja dengan mengurangi jumlah melanosit yang bertugas membuat melanin (zat pewarna kulit). 

Penggunaan hydroquinone pada area kulit yang lebih gelap dapat mengurangi dan mengontrol jumlah melanosit. Dengan begitu, kondisi seperti hiperpigmentasi akibat penuaan, melasma, dan bekas luka bisa menghilang. 

Secara historis, pada 1982, U.S. Food and Drug Administration mengakui bahan tersebut aman dan efektif. Seiring waktu, muncul kekhawatiran terkait kontaminan seperti merkuri dalam hydroquinone.

Manfaat Hydroquinone yang Terkandung dalam Skincare

Hasil penggunaan hydroquinone tak langsung terlihat dalam waktu beberapa hari. Untuk hasil yang maksimal, perlu waktu hingga beberapa minggu, bahkan bulan. Adapun manfaatnya, antara lain:

1. Mengatasi hiperpigmentasi

Hydroquinone menjadi bahan pencerah kulit yang paling efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi. Masalah ini menimbulkan perubahan warna atau bercak berwarna cokelat, hitam, juga abu-abu pada permukaan kulit.

2. Mengobati melasma

Melasma menyebabkan bercak hitam pada kulit wajah. Noda tersebut biasanya muncul pada area pipi, dahi, dan dagu. Penyebabnya yaitu paparan sinar UV dan perubahan hormonal saat menggunakan pil KB atau kehamilan.

3. Meratakan warna kulit

Warna kulit tidak merata biasanya terjadi pascaluka atau peradangan pada permukaan kulit. Misalnya, jerawat, eksim, atau jatuh. Dengan memakai skincare yang mengandung hidrokuinon, perbedaan warna itu bisa disamarkan.

4. Mengurangi bekas jerawat

Bekas jerawat merupakan reaksi peradangan akibat pelebaran pada pembuluh darah. Sebenarnya, ini adalah kondisi normal dan dapat menghilang dengan sendirinya seiring waktu. Meski begitu, memakai hydroquinone dapat membantu penyembuhan menjadi lebih cepat.

5. Hydroquinone untuk mencegah paparan sinar UV

Melapisi skincare yang mengandung hidrokuinon dengan tabir surya dapat mencegah masuknya sinar UV yang berpotensi merusak kulit. Cara ini dapat mencegah masalah hiperpigmentasi dan gejala penuaan dini.

6. Penenang kulit yang mengalami iritasi

Psoriasis termasuk dalam penyakit autoimun akibat peradangan pada kulit. Masalah ini kemudian menyebabkan kulit bersisik, menebal, terasa gatal dan panas, serta mudah mengelupas. 

Sementara itu, eksim (dermatitis) adalah gangguan yang menimbulkan pembengkakan pada kulit. Tandanya, yakni kemerahan, ruam, dan rasa gatal berlebihan pada kulit.

Ketahui lebih lanjut kandungan hydroquinone dalam kosmetik dengan klik artikel ini Amankah Kandungan Hidrokuinon dalam Kosmetik?

7. Meredakan psoriasis dan eksim

Psoriasis termasuk dalam penyakit autoimun akibat peradangan pada kulit. Masalah ini kemudian menyebabkan kulit bersisik, menebal, terasa gatal dan panas, serta mudah mengelupas. 

Sementara eksim (dermatitis) merupakan gangguan yang menimbulkan pembengkakan pada kulit. Tandanya, yakni kemerahan, ruam, dan rasa gatal berlebihan di kulit.

Ketahui lebih lanjut kandungan hydroquinone dalam kosmetik dengan klik artikel ini: Amankah Kandungan Hidrokuinon dalam Kosmetik?

Cara Tepat Menggunakan Hydroquinone

Pertama-tama, lakukan tes alergi terlebih dulu guna meminimalisir risiko efek samping. Caranya, oles pada area lengan bagian dalam. Lanjutkan penggunaan jika tidak muncul iritasi atau kemerahan dalam 24 jam.

Kemudian, ikuti petunjuk penggunaan berikut ini:

  • Oles tipis-tipis pada permukaan kulit.
  • Hindari mengoleskan terlalu dekat dengan mata atau mulut.
  • Tidak menggunakan bersamaan dengan obat topikal yang mengandung benzoil peroksida.
  • Tunggu selama 10 menit, kemudian oleskan tabir surya.

Kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini saat menggunakan skincare dengan kandungan hydroquinone:

  • Menggunakan tabir surya. Ini dapat membantu mencegah kanker kulit, memperlambat penuaan kulit, dan membantu mencegah bintik-bintik penuaan.
  • Jangan merokok. Sebab, kebiasaan buruk ini bisa mempercepat penuaan kulit dan memperlambat proses penyembuhan.
  • Cuci muka dengan lembut. Jangan menggosok kulit wajah karena berisiko mengiritasi dan menimbulkan jaringan parut.

Jika kamu atau keluargamu menunjukkan reaksi alergi setelah memakai produk yang mengandung hydroquinone, segera hentikan penggunaan. Lalu, chat dengan dokter spesialis kulit dari aplikasi Halodoc penanganan yang bisa kamu lakukan.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. What to know about hydroquinone.
Healthline. Diakses pada 2023. Everything You Need to Know About Hydroquinone.
Style Craze. Diakses pada 2023. Hydroquinone For Skin: How To Use It, Benefits, & Side Effects.
WebMD. Diakses pada 2023. Hydroquinone Cream – Uses, Side Effects, and More.
U.S. Food and Drug Administration. Diakses pada 2023. Rulemaking History for OTC Skin Bleaching Drug Products.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan