7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Maret 2022

“Jahe merah telah lama menjadi bahan alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Sebab jahe merah banyak mengandung zat aktif untuk menyembuhkan penyakit. Penggunaan jahe merah memang lebih sering sebagai ramuan pengobatan dibandingkan bumbu masakan.”

7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Jahe merupakan salah satu bahan alami atau herbal yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Ada beberapa jenis jahe di pasaran, salah satunya jahe merah. Manfaat jahe merah berasal dari senyawa yang terkandung di dalamnya, seperti shogaol, gingerol, zingeron, dan masih banyak lagi. 

Dengan banyaknya kandungan zat aktif yang dapat menyembuhkan penyakit, tidak heran jika jahe merah sering dijadikan ramuan herbal. Selain warnanya yang kemerahan, jahe merah lebih sering digunakan untuk obat dibandingkan sebagai bumbu masakan. 

Nah, berikut ini beberapa manfaat jahe merah yang perlu diketahui:

  1. Menghangatkan Tubuh

Kandungan rasa pedas dari senyawa gingerol sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, agar merasa lebih nyaman saat musim dingin atau hujan.

  1. Membantu Mengatasi Sakit Kepala

Jahe merah mengandung kamfena, rasa pedas, dan efek hangat. Kandungan tersebut cukup efektif untuk meredakan sakit kepala

  1. Mencegah Radang Usus

Komponen aktif zingeron dalam jahe merah dapat menghambat enzim yang memicu peradangan pencernaan.

  1. Memperkuat Imunitas Tubuh

Ekstrak jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh, sehingga daya tahan tubuh akan jauh lebih kuat.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Salah satu manfaat jahe merah adalah membantu menghilangkan gas berlebih di dalam usus. Hal tersebut juga membantu menghilangkan mual selama kehamilan atau kemoterapi. Dengan begitu nafsu makan pun akan meningkat.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jahe merah jika dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Kondisi tersebut merupakan penyebab utama penyakit jantung.

  1. Mengobati Batuk

Kandungan minyak atsiri dalam jahe merah bermanfaat untuk mengatasi batuk, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Itulah beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan yang perlu diketahui. Jika ingin mengetahui manfaat bahan herbal lainnya untuk kesehatan, kamu bisa tanya dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Delto. Diakses pada 2022. 8 Benefits of Red Ginger
Health Benefit. Diakses pada 2022. Health benefits of Red Ginger

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan