7 Makanan Penggemuk Badan yang Sehat dan Penuh Nutrisi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Oktober 2022

“Kekurangan berat badan membuat kamu rentan mengalami penyakit. Sebaiknya konsumsi berbagai jenis makanan penggemuk badan, seperti nasi putih, keju, hingga ikan agar berat badan ideal.”

7 Makanan Penggemuk Badan yang Sehat dan Penuh Nutrisi7 Makanan Penggemuk Badan yang Sehat dan Penuh Nutrisi

Halodoc, Jakarta – Memiliki berat badan yang ideal adalah impian hampir banyak orang. Selain olahraga, kamu juga perlu mengonsumsi berbagai makanan sehat yang bisa membantu kamu mencapai berat badan yang kamu inginkan.

Bukan hanya orang yang mengalami kelebihan berat badan, seseorang yang kekurangan berat badan juga perlu mencapai berat badan ideal agar terhindar dari berbagai penyakit. Simak berbagai jenis makanan penggemuk badan yang sehat dan penuh nutrisi berikut ini!

Makanan Penggemuk Badan

Bagi beberapa orang, menaikkan berat badan menjadi hal yang sulit untuk dicapai. Ada banyak penyebab yang dapat memicu kesulitan kenaikan berat badan, seperti faktor genetik, aktivitas yang terlalu padat, stres, kekurangan asupan makanan, hingga pola makan yang kurang tepat. 

Kamu juga tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan agar nutrisi yang dibutuhkan bisa dipenuhi dengan baik. Untuk itu, ketahui berbagai jenis makanan penggemuk badan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan berat badan secara tepat dan sehat.

Berikut ini jenis makanan yang bisa dikonsumsi, yaitu:

1. Nasi Putih

Jika kamu ingin meningkatkan berat badan, pastikan kamu mengonsumsi nasi putih dengan porsi yang sesuai. Nasi putih memiliki kandungan karbohidrat sehingga kalori di dalamnya juga tinggi. Dengan mengonsumsi 100 gram nasi putih, maka kamu akan mendapatkan 375 kalori.

2. Kacang-Kacangan

Saat sedang menjalani program untuk meningkatkan berat badan, kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan sehat sehari-hari. Salah satu kacang yang bisa dikonsumsi adalah kacang almond. Kacang ini memiliki banyak nutrisi yang bisa membantu tingkatkan berat badan, seperti kalori, protein, lemak sehat, hingga serat.

3. Daging Merah

Mengonsumsi daging merah bisa membantu kamu untuk meningkatkan berat badan secara sehat. Hal ini karena daging merah memiliki kandungan protein tinggi. Selain itu, daging merah juga bisa menaikkan massa otot secara sehat. Pilihlah mengonsumsi daging tanpa lemak agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara optimal.

4. Telur

Telur menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan protein tinggi di dalamnya. Tidak ada salahnya untuk memasukkan telur ke dalam menu makanan kamu sehari-hari. Namun, pastikan kamu tidak memiliki riwayat alergi telur agar kesehatan tetap terjaga.

5. Ikan

Selain dapat menjaga kesehatan jantung, mengonsumsi ikan sebagai menu makanan sehari-hari juga bisa membantu kamu untuk menaikkan berat badan. Apalagi jika kamu mengonsumsi ikan, seperti salmon dan tuna.

Bukan hanya kandungan proteinnya yang membantu kamu meningkatkan berat badan, asam lemak omega-3 di dalam ikan tersebut juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

6. Alpukat

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah, salah satunya alpukat. Buah ini memiliki kandungan lemak tak jenuh dan kalori yang cukup tinggi sehingga baik untuk dijadikan makanan penggemuk badan. 

7. Keju

Makanan ini dikenal kandungan lemak dan kalori yang sangat tinggi. Jadi, jika kamu ingin meningkatkan berat badan secara sehat, kamu bisa menambahkan keju pada makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. 

Seperti misalnya, membuat sandwich dengan sayur dan tambahan keju di dalamnya. Kamu juga bisa membuat saus keju untuk makanan lain, seperti pasta.

Itulah beberapa makanan penggemuk badan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan berat badan. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit agar berat badan yang kamu miliki bisa meningkat secara optimal. Cari tahu lokasi rumah sakit terdekat menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The 18 Best Healthy Foods to Gain Weight Fast.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Foods for Gaining Weight Quickly and Safely.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan