7 Makanan Pendamping yang Bantu Perawatan Radio Frequency Berhasil

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Desember 2022

“Setelah melakukan perawatan radio frequency, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung kolagen. Beberapa di antaranya, seperti kaldu tulang, daging ayam, ikan, hingga kerang.”

7 Makanan Pendamping yang Bantu Perawatan Radio Frequency Berhasil7 Makanan Pendamping yang Bantu Perawatan Radio Frequency Berhasil

Halodoc, Jakarta – Radio frequency adalah perawatan wajah yang bisa bisa kamu gunakan untuk mengembalikan kekencangan kulit wajah. Perawatan ini sering wanita lakukan untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Perawatan wajah ini bekerja menggunakan gelombang energi yang memanaskan lapisan dalam kulit. Panas yang muncul dapat memicu produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih kencang.

Nah, agar perawatan wajah ini bisa berhasil, jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan yang tepat. Yuk ketahui berbagai jenis makanan pendamping yang bisa kamu konsumsi setelah perawatan berikut ini!

Ketahui Perawatan Radio Frequency

Perawatan radio frequency perlu dilakukan oleh dokter kecantikan atau dokter kulit. Perawatan ini akan menggunakan sebuah alat berbentuk tingkat yang akan menghasilkan gelombang radio. Kemudian, alat tersebut akan memijat wajah dengan suhu 50-75 derajat Celcius. 

Pemijatan akan berlangsung selama 30-90 menit pada seluruh wajah untuk mengatasi kerutan-kerutan halus yang muncul pada kulit wajah. Suhu panas yang dihasilkan oleh alat mampu membantu kulit untuk memproduksi kolagen dan elastin. Dengan begitu, pergantian sel akan terjadi dengan lebih cepat sehingga kulit menjadi lebih kencang dan elastis.

Makanan Tepat Setelah Perawatan Radio Frequency

Selain menggunakan perawatan dari luar, tentunya kamu juga perlu menjaga pola makan dengan tepat agar produksi kolagen dalam tubuh tetap optimal. Daging berlemak, makanan yang terlalu manis, hingga makanan cepat saji nyatanya dapat menyebabkan gangguan pada produksi kolagen kulit.

Untuk itu, ketahui berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan kolagen sehingga membuat perawatan radio frequency bisa bekerja secara optimal, seperti:

1. Kaldu Tulang atau Bone Broth

Cobalah untuk membuat makanan berkuah menggunakan kaldu tulang. Proses pembuatan kaldu tulang diyakini dapat mengekstraksi kolagen sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. 

2. Daging Ayam

Daging ayam merupakan jenis daging putih yang memiliki banyak kandungan bernutrisi di dalamnya. Salah satu kandungan yang bisa kamu manfaatnya adalah kolagen. 

Pada daging ayam terdapat banyak jaringan ikat yang membuat daging ayam kaya akan kolagen. Bahkan beberapa penelitian mengatakan bagian leher dan tulang rawan ayam menjadi sumber kolagen yang baik untuk pengobatan radang sendi.

3. Ikan dan Kerang

Bosan makan daging ayam? Kamu bisa memilih mengonsumsi ikan dan kerang untuk mendapatkan kolagen bagi kulit. 

Sumber kolagen yang berasal dari laut menjadi jenis kolagen yang lebih mudah untuk tubuh serap. Dengan begitu perawatan radio frequency dapat memberikan manfaat yang lebih optimal. Ikan salmon menjadi salah satu ikan yang mengandung kolagen tinggi.

4. Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan prolin, salah satu asam amino yang tubuhmu perlukan untuk memproduksi kolagen.

5. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C memiliki peran yang cukup penting untuk tubuh memproduksi kolagen.

6. Bawang Putih

Bukan hanya menambahkan rasa dan aroma pada makanan, bawang putih juga mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan sayuran yang memiliki kandungan klorofil di dalamnya. Kandungan klorofil memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu meningkatkan kolagen pada kulit.

Itulah berbagai makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kolagen pada tubuh. Dengan begitu, perawatan radio frequency yang kamu lakukan bisa kamu rasakan secara maksimal. 

Kamu bisa lakukan perawatan ini di rumah sakit atau klinik kecantikan pilihan kamu. Yuk, buat janji perawatan dan pemeriksaan kondisi kesehatan kulit menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What is Radiofrequency Skin Tightening?
Radiance by Web MD. Diakses pada 2022. What Is Radiofrequency Skin Tightening?
Healthline. Diakses pada 2022. 13 Foods That Help Your Body Produce Collagen.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan