7 Jenis Olahraga yang Efektif untuk Mengecilkan Perut

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 September 2021
7 Jenis Olahraga yang Efektif untuk Mengecilkan Perut7 Jenis Olahraga yang Efektif untuk Mengecilkan Perut

“Menghilangkan lemak perut adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Karena pinggang atau perut yang besar berpotensi memicu penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker di kemudian hari. Untungnya, ada banyak olahraga yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut. Contohnya seperti burpees, lari, bersepeda, hingga yoga.”

Halodoc, Jakarta – Saat berpikir untuk menurunkan berat badan, salah satu hal pertama yang terlintas biasanya mengecilkan atau mengencangkan perut. Menghilangkan lemak perut adalah cara yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Karena pinggang atau perut yang besar berpotensi memicu penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker di kemudian hari. 

Untungnya, ada banyak olahraga yang bisa dilakukan untuk membakar lemak sehingga perut mengecil dan otot perut pun terbentuk. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa mengecilkan perut. Namun, yang penting adalah komitmen melakukan olahraga dan menjadikannya rutinitas. Berikut beberapa olahraga untuk menghilangkan lemak perut yang bisa dicoba:

Baca juga:  Bolehkah Ibu Hamil yang Sakit Pinggang Tetap Berolahraga?

  1. Burpees

Olahraga ini melatih otot ini, dada, bahu, tricep, dan paha bagian depan. Gerakannya melibatkan gerakan plyometrik yang eksplosif. Olahraga burpees juga akan membuat jantung terpompa.

Untuk melakukan olahraga burpees:

  • Berdirilah dengan kaki selebar bahu dan dorong pinggul ke belakang saat menurunkan tubuh ke lantai dalam posisi jongkok rendah. 
  • Letakkan tangan tepat di luar sisi kaki dan lompatkan kaki ke belakang.
  • Dorong tangan ke arah lantai agar tubuh lebih terangkat dan lompatkan kaki tempat ke arah luar tangan.
  • Dengan bertumpu di tumit, lompalah secara eksplosif ke atas dengan tangan di atas kepala. 
  1. Mountain Climber

Seperti burpees, mountain climber juga akan melatih otot inti tubuh. Untuk melakukannya:

  • Ambilah posisi seperti push up, dengan pergelangan tangan tepat di bawah bahu.
  • Pastikan otot inti atau otot perut kencang, tarik pusar ke arah tulang belakang.
  • Dorong lutut kiri ke arah dada dan tarik kembali. Begitu juga pada lutut kanan. 
  1. Berlari atau Jalan Cepat

Olahraga seperti lari bisa membakar kalori dan mengurangi persentase lemak tubuh, termasuk lemak di sekitar perut dan bagian tubuh lainnya. 

Baca juga:  Sakit Pinggang setelah Olahraga, Ini Cara Mengatasinya

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga kardio berintensitas rendah yang efektif. Kamu bisa bersepeda di luar ruangan atau berolahraga dengan sepeda stasioner. Dengan kecepatan dan intensitas tinggi pada sepeda, seseorang bisa membakar 500 kalori selama 30 menit. 

  1. Russian Twist 

Untuk melakukan olahraga ini, kamu harus duduk di lantai dan mengangkat kaki dengan lurus sehingga tubuh tampak membentuk huruf “V”. Postur ini harus ditahan sambil memutar tubuh bagian atas dari sisi ke sisi tanpa menggerakan kaki. Letakkan tangan di depan dada.

Russian twist juga bisa ditingkatkan intensitasnya dengan memegang dumbel di depan dada, dan secara bertahap meningkatkan berat dumbel. Gerakan ini meningkatkan resistensi kekuatan otot dan membakar banyak kalori. Lakukan sekitar 5 set dengan 30 kali pengulangan. 

  1. Bicycle Crunches

Olahraga ini bisa membakar lemak perut dan memperkuat otot-otot perut. Dalam olahraga bicycle crunches, kamu harus berbaring telentang dengan tangan di belakang kepala. Kemudian angkat lutut ke dada sambil mengangkat kepala dan bahu dari lantai. Gerakan harus dibarengi gerakan kaki mengayuh dengan berpindah sisi. Lakukan satu hingga tiga set dengan 12-16 kali pengulangan. 

Baca juga: Super Sibuk? Ini 7 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Kantor

  1. Yoga

Olahraga yoga tidak membakar kalori sebanyak olahraga yang sudah disebutkan di atas. Namun, yoga dapat membantu membangun otot dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Beberapa posisi yoga seperti pose papan, kursi, chaturanga, dan roda, bagus untuk memperkuat otot perut. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai olahraga untuk mengecilkan perut. Jika ada tujuan dan hasil lain yang ingin kamu dapatkan dari olahraga, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Medicine Net. Diakses pada 2021. 8 Effective Exercises to Burn Stomach Fat

Prevention. Diakses pada 2021. 15 Best Exercises to Burn Belly Fat, According to Personal Trainers

Healthline. Diakses pada 2021. Best Flat Stomach Workouts You Can Do at Home

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan