7 Bahan Alami Pelancar Haid yang Aman dan Kaya Manfaat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Januari 2024

“Bahan-bahan alami pelancar haid menjadi pilihan alternatif untuk mengatasi masalah terlambat menstruasi. Contohnya seperti jahe, kunyit, nanas, hingga teh chamomile.”

7 Bahan Alami Pelancar Haid yang Aman dan Kaya Manfaat7 Bahan Alami Pelancar Haid yang Aman dan Kaya Manfaat

Halodoc, Jakarta – Siklus menstruasi pada setiap wanita tentu tidak sama. Ada yang teratur, ada pula yang lebih cepat atau justru lebih terlambat. Tidak harus dengan obat, ada beberapa bahan alami yang bisa kamu buat sebagai jamu pelancar haid yang bisa membantu melancarkan menstruasi. 

Sebenarnya, siklus yang haid tidak sama ini adalah hal yang wajar. Namun, tak menutup kemungkinan pula terjadi karena masalah kesehatan tertentu. Misalnya, stres yang berlebihan, kelelahan, hingga gangguan pada organ reproduksi wanita. 

Rekomendasi Bahan Alami untuk Jamu Pelancar Haid 

Jamu pelancar haid umumnya terbuat dari berbagai bahan alami. Bahan tersebut akan bekerja dengan menurunkan faktor yang menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. Beberapa bahan yang bisa kamu pakai, antara lain: 

1. Kunyit

Bahan untuk jamu pelancar haid yang pertama adalah kunyit. Tak hanya itu, tanaman herbal ini juga membantu meringankan berbagai keluhan yang berhubungan dengan menstruasi, tak terkecuali menurunkan gejala PMS. 

Ini berkat kandungan kurkumin dalam kunyit, senyawa yang memberikan warna kuning. Senyawa tersebut bekerja aktif dalam mengurangi inflamasi dan memperbaiki suasana hati menjelang atau selama menstruasi. 

Selain itu, kunyit juga menawarkan efek yang serupa dengan hormon estrogen yang menjadikannya efektif untuk melancarkan menstruasi. Cara membuatnya, campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit pada secangkir air hangat. 

Biarkan selama kurang lebih 10 menit sebelum kamu meminumnya. Supaya rasanya lebih enak, kamu bisa menambah madu dan perasan lemon pada ramuan kunyit.

Bila bahan alami tak cukup efektif untuk mengatasi telat haid, ada beberapa obat-obatan yang bisa kamu gunakan. Baca di artikel ini: “Ini Obat Pelancar Haid yang Aman Secara Medis”.

2. Jamu pelancar haid dari jahe

Jahe juga menjadi jamu pelancar haid berikutnya yang bisa kamu coba. Tak berbeda dengan kunyit, tanaman herbal ini juga menawarkan manfaat untuk mengatasi keluhan menstruasi, termasuk mengurangi gejala PMS. 

Cara membuatnya juga tidak sulit, cukup tambahkan beberapa irisan jahe dalam air hangat atau teh hangat. Biarkan selama beberapa waktu sebelum kamu mengonsumsi minuman sehat ini. Supaya lebih nikmat, tambahkan madu dan perasan lemon dalam jamu tersebut. 

3. Nanas

Tak hanya rasanya yang nikmat, buah nanas juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah menjadi jamu pelancar haid. 

Ini karena kandungan bromelain pada buah nanas yang kabarnya dapat membantu melancarkan menstruasi. Caranya dengan melancarkan proses peluruhan pada dinding rahim. 

Selain itu, sifat antinyeri dan anti peradangan pada buah nanas juga menawarkan manfaat untuk meringankan nyeri menstruasi. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi minuman segar seperti smoothies.

4. Teh chamomile

Manfaat teh chamomile untuk kesehatan juga sudah tidak perlu kamu ragukan lagi, salah satunya termasuk bahan jamu pelancar haid. 

Kandungan antioksidan pada teh ini bisa membantu meringankan nyeri menstruasi yang mengganggu. Kamu bisa menyelupkan 1 kantong teh chamomile pada air hangat dan biarkan sebentar. 

Faktanya, tak hanya baik untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur, Rutin Minum Teh Chamomile Baik untuk Pengidap Asam Lambung.

5. Kayu manis

Tak sedikit orang percaya bahwa kayu manis bisa membantu mengontrol kadar hormon insulin pada tubuh. Hormon ini juga berpengaruh pada siklus haid. 

Inilah sebabnya, kayu manis juga menjadi salah satu tanaman herbal untuk jamu pelancar haid. Ini terutama untuk wanita dengan kondisi PCOS yang mempunyai kadar insulin yang tinggi dan haid yang tidak teratur. 

Kamu bisa mengonsumsi kayu manis untuk jamu pelancar haid dengan banyak cara. Mulai dari teh hingga taburan pada makanan. 

6. Jamu pelancar haid dari pepaya

Selanjutnya, ada buah pepaya yang mengandung karoten yang dapat meningkatkan kerja hormon estrogen. Hormon ini dapat membantu memicu kontraksi pada rahim sehingga siklus menstruasi menjadi lebih lancar. 

Manfaat lain dari buah dengan warna oranye dan rasa yang manis ini bisa kamu baca dari artikel → Catat, Inilah 12 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan Tubuh.

7. Cuka sari apel

Terakhir, jamu haid dari cuka sari apel. Bahan ini juga telah lama menjadi pilihan herbal untuk mengatasi berbagai keluhan menstruasi. Kamu bisa mengonsumsi sekitar 1 sendok makan cuka sari apel setiap hari untuk membantu melancarkan haid. 

Selain itu, terdapat antioksidan yang dipercaya dapat memperlancar haid. Lantas, Benarkah Konsumsi Antioksidan Bisa Jadi Cara Memperlancar Haid?

Itu tadi beberapa pilihan jamu pelancar haid yang bisa kamu atau anggota keluargamu konsumsi untuk bantu melancarkan siklus menstruasi. Selain bahan alami tadi, Menstruasi Lancar dengan Konsumsi Makanan Ini.

Namun, jika masalah ini tidak membaik meski kamu sudah mencoba mengonsumsi jamu tersebut, segera chat dokter kandungan dari Halodoc untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.✔️ 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How to Regulate Your Periods: 20 Tips and Tricks
Healthline. Diakses pada 2023. How to Get Regular Periods Naturally: 8 Home Remedies for Irregular Periods.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Irregular Periods.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan