7 Cara Mengurangi Asupan Gula dan Garam yang Efektif

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Juli 2022

“Konsumsi gula dan garam yang berlebih dapat menyebabkan masalah terkait kesehatan. Nah, ada beberapa cara untuk menguranginya, yaitu lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur serta menghindari minuman manis.”

7 Cara Mengurangi Asupan Gula dan Garam yang Efektif7 Cara Mengurangi Asupan Gula dan Garam yang Efektif

Halodoc, Jakarta – Pada setiap makanan yang dikonsumsi kemungkinan mengandung gula dan/atau garam. Namun, beberapa orang mungkin mengonsumsi terlalu banyak makanan dengan kandungan gula dan garam. Jika dibiasakan, bisa jadi masalah kesehatan dapat terjadi. Nah, ketahui cara mengurangi konsumsi gula dan garam di sini!

Beberapa Cara Mengurangi Konsumsi Gula dan Garam

Seperti yang banyak orang ketahui jika mengonsumsi terlalu banyak kandungan gula dan garam dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Meski begitu, memang mengonsumsi makanan yang tidak diberikan garam atau gula, terkadang rasanya tidak begitu nikmat. Bisa jadi selera makan menjadi menurun.

Memang tidak mudah untuk mengurangi konsumsi dua penyedap rasa tersebut. Selain itu, bisa jadi tidak sadar jika makanan yang dikonsumsi ternyata mengandung gula dan garam yang tersembunyi. Lalu, adakah cara yang ampuh untuk mengurangi konsumsi garam dan gula sehari-hari? Berikut caranya:

1. Lebih Menonjolkan Rasa Lain

Salah satu cara untuk mengurangi konsumsi gula atau garam pada masakan adalah dengan lebih menonjolkan rasa lainnya. Kamu bisa lho lebih meningkatkan rasa pedas dari makanan yang dikonsumsi untuk mengurangi konsumsi garam. Cobalah memberikan lebih banyak cabai dan rempah-rempah pada masakan. Dengan begitu, rasa makanan tetap kuat tanpa perlu harus menggunakan banyak garam.

2. Jauhkan Garam dari Pandangan

Cobalah untuk menjauhkan garam dari sekitar saat masak maupun sedang makan. Jauhkan juga bumbu-bumbu yang mengandung garam. Jika perlu, jauhkan juga saus tomat dan kecap yang ada di atas meja makan. Jika berada di jangkauan, bisa jadi tangan secara tiba-tiba menaruhnya pada makanan yang dikonsumsi agar lebih lezat.

3. Cobalah untuk Masak Sendiri

Cara ampuh lainnya untuk menghindari konsumsi garam dan gula berlebih adalah dengan memasak sendiri segala yang dikonsumsi. Takaran berbagai bumbu tambahan lainnya juga bisa diatur dengan baik agar tidak berlebihan. Meski rasanya mungkin akan berbeda dari biasanya, tapi untuk kesehatan hal ini perlu dilakukan.

4. Lebih Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Dari penelitian yang dilakukan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute, disebutkan jika perbanyak konsumsi buah dan sayur ampuh untuk menekan keinginan konsumsi garam dan gula. Tentunya hal ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Kamu bisa mendapatkan manfaat dari konsumsi sayur dan buah, serta menghindari konsumsi garam dan gula berlebihan.

5. Kurangi hingga Hindari Makanan Kaleng

Tidak banyak orang yang tahu jika makanan kemasan atau kaleng mengandung kandungan garam dan gula yang tersembunyi. Hal ini dapat membahayakan kesehatan, sebab sulit untuk menakar seberapa banyak kandungan garam dan gula yang diterima tubuh. Jika dibiarkan, lonjakan dari kandungan gula dan garam mengalami kelebihan. Apabila sering dilakukan, masalah kesehatan bisa saja terjadi.

6. Hindari Konsumsi Minuman Manis

Cara lainnya agar konsumsi gula bisa ditekan adalah dengan menghindari konsumsi minuman manis berlebihan. Kandungan ini banyak terdapat dalam minuman kemasan dan juga bersoda. Jika dikonsumsi berlebihan, risiko untuk terkena berbagai macam penyakit lebih tinggi.

Maka dari itu, ada baiknya untuk lebih banyak mengonsumsi air putih. Konsumsi air putih sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan juga sehat. Jika ingin yang memiliki rasa, jus buah bisa menjadi pilihan yang baik dan menyehatkan.

7. Perbanyak Konsumsi Protein

Perlu diketahui jika terlalu banyak mengonsumsi gula dapat meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan. Di sisi sebaliknya, diet rendah gula dengan mengonsumsi lebih banyak protein dan serat sangat baik bagi tubuh. Hal ini mampu mengurangi rasa lapar dan membuat rasa kenyang menjadi lebih lama. Protein juga terbukti mampu menekan keinginan untuk makan cemilan secara signifikan.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui sebagai cara mengurangi konsumsi gula dan garam yang berlebih. Ada baiknya memang mengurangi konsumsinya agar tubuh tetap sehat dan menurunkan risiko terkena penyakit. Lakukan hal ini secara rutin agar manfaatnya memang benar-benar terasa.

Kamu juga bisa lho berinteraksi dengan dokter dari Halodoc melalui fitur tanya dokter. Hal ini untuk mendapatkan jawaban terkait cara mengurangi gula dan garam. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan dimana dan kapan saja!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 13 Simple Ways to Stop Eating Lots of Sugar.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. How to cut back on sugar and salt.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan