7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung Secara Alami dan Medis

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Oktober 2023

“Ada sejumlah perawatan rumahan untuk membantu mengatasi gejala jerawat batu di hidung. Salah satunya adalah dengan mengompres jerawat batu menggunakan es.”

7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung Secara Alami dan Medis7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung Secara Alami dan Medis

Halodoc, Jakarta – Jerawat batu atau jerawat kistik adalah jenis jerawat besar dan lebih dalam ketimbang jerawat biasa. Jerawat ini biasa muncul di wajah, seperti area pipi maupun hidung. Tak heran jika banyak orang mencari cara menghilangkan jerawat batu di hidung, baik secara alami dan medis. 

Jerawat batu terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak berlebih dan sel kulit mati, sehingga menimbulkan peradangan dalam kulit. Munculnya jerawat batu tak hanya mengganggu tetapi juga sangat menyakitkan. Namun, sebaiknya kamu tidak mencoba untuk memencetnya.

Perbedaan Jerawat Batu dengan Jerawat Biasa

Jerawat batu berbeda dengan jerawat biasa. Secara umum, jerawat batu sering kali terlihat seperti bisul pada kulit. Karakteristik lain dari jenis jerawat ini termasuk:

  • Kista besar berisi nanah.
  • Benjolan putih besar. 
  • Kemerahan.
  • Lembut atau menyakitkan saat disentuh.

Baca lebih lanjut mengenai perbedaan jerawat biasa dengan jerawat batu dalam artikel: Ini Bedanya Jerawat Batu dengan Jerawat Biasa.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung dengan Bahan Alami

5 Perawatan Rumahan untuk Bantu Mengatasi Jerawat Batu di Hidung

Karena tingkat keparahan jerawat kistik, perawatan obat yang tersedia bebas (OTC) untuk jerawat tidak cukup kuat. Artinya, kamu atau anggota keluargamu yang tengah mengalami masalah ini harus menemui dokter kulit untuk mendapatkan obat resep. 

Namun, ada sejumlah perawatan rumahan sebagai pertolongan pertama dalam meredakan gejala rasa sakit dan ketidaknyamanan jerawat batu, yaitu:

1. Kompres Es

Es seringkali efektif dalam mengurangi bengkak, gatal, nyeri, dan kemerahan. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mengompres jerawat batu dengan es sampai dingin. Untuk hasil efektif, lakukan hal ini tiga kali sehari.

2. Menggunakan Lemon

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan lemon. Sebab, kandungan vitamin C dalam buah ini sangatlah tinggi, sehingga bermanfaat dalam mengurangi peradangan. Nah, untuk menggunakannya, berikut adalah langkah yang perlu kamu lakukan: 

  • Siapkan lemon secukupnya.
  • Peras air lemon dalam wadah.
  • Oleskan hasil perasan lemon tersebut pada jerawat.
  • Tunggu sampai kering dan bilas dengan air bersih.

3. Menggunakan Masker Kunyit

Kunyit terbukti secara klinis bersifat antiinflamasi dan antiseptik, sehingga penggunaan masker kunyit dapat bermanfaat untuk mengobati jerawat batu. Adapun, bahan alami ini perlu kamu jadikan sebagai masker terlebih dahulu. 

Caranya, kamu hanya perlu mencampur bubuk kunyit dengan sedikit air hingga menjadi pasta kental. Kemudian, oleskan pasta ini langsung ke jerawat kistik dan membiarkannya selama sekitar 45 menit, sebelum membilasnya dengan air. 

Lakukan cara ini dua kali sehari, namun, penting untuk berhati-hati saat mengoleskan kunyit langsung ke kulit, karena dapat menyebabkan iritasi.

4. Memakai tea tree oil

Sifat antimikroba dan anti-inflamasi tea tree oil bermanfaat untuk mendukung penyembuhan kulit secara alami. Karena itu, minyak ini dapat kamu gunakan sebagai obat rumahan topikal jerawat kistik.

5. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya bisa membantu mengurangi pembengkakan jerawat. Cara penggunaannya adalah dengan  mengoleskan lidah buaya pada jerawat yang merah dan bengkak. Lidah buaya juga memiliki efek penyembuhan luka sehingga dapat membantu menyembuhkan noda jerawat yang terbuka.

6. Minyak jojoba

Minyak jojoba adalah zat lilin alami yang diekstraksi dari biji semak jojoba. Zat lilin dalam minyak jojoba dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak, sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk lesi jerawat.

Beberapa senyawa dalam minyak jojoba dapat membantu mengurangi peradangan kulit. Alhasil mampu mengurangi kemerahan dan bengkak di sekitar jerawat, komedo putih, dan lesi meradang lainnya.

7. Perubahan pola makan

Cara menghilangkan jerawat batu ternyata juga tak lepas dari perubahan pola makan. Beberapa ahli beranggapan bahwa susu mungkin bertanggung jawab atas jerawat kistik.

Karena itu, cobalah untuk menghilangkan semua produk susu, termasuk susu UHT, keju, yogurt, dari menu makanan selama 3 minggu. Selain beberapa bahan tersebut, masih ada bahan alami lainnya yang juga dapat kamu gunakan.

Simak informasi lengkapnya dalam artikel: 5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Tanpa Bekas.

Mengatasi Jerawat Batu di Hidung Secara Medis

Ketika bahan alami tak kunjung membuahkan hasil, sudah saatnya kamu memeriksakan kondisi jerawatmu ke dokter spesialis kulit. Tujuannya agar pengobatan dengan resep sesuai keparahan dapat segera dilakukan. Dokter mungkin akan meresepkan obat berikut:

  • Antibiotik. Obat antibiotik diberikan untuk mengurangi infeksi bakteri pada jerawat sehingga mengatasi gejala. Antibiotik bisa diberikan dalam bentuk salep atau obat minum.
  • Retinoid Topical. Obat ini diberikan untuk menurunkan risiko jerawat menjadi lebih parah. Retinoid topikal dapat digunakan setiap hari dalam bentuk krim, salep, atau lotion.
  • Benzoyl Peroxide. Kandungan ini digunakan untuk mengatasi bakteri pada kulit wajah dan menurunkan peradangan yang terjadi.
  • Isotretinoin. Kandungan ini bisa mengatasi dan menghilangkan penyebab jerawat.
  • Steroid. Biasanya, steroid diberikan dalam bentuk suntikan yang diberikan langsung oleh dokter.

Selain itu, dokter juga mungkin akan merekomendasikan perawatan seperti terapi berbasis cahaya (laser atau fotodinamik) atau suntikan steroid ke dalam lesi kistik dan nodul.

Itulah beberapa cara mengatasi jerawat di hidung secara alami dan medis yang bisa kamu coba. Namun, perawatan rumahan mungkin tidak terlalu efektif dalam mengatasi kondisi kulit ini.

Karena itu, tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan kondisi ke dokter agar penanganan sesuai keparahan dapat segera dilakukan. Cek rekomendasi dokter spesialis kulit terbaik dari aplikasi Halodoc dengan klik gambar berikut:

chat dokter halodoc
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. What Is Cystic Acne and How Is It Treated?
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Home Remedies for Cystic Acne.
Very Well Health. Diakses pada 2023. Aloe Vera and Acne.
Medical News Today. Diakses pada 2023. 15 home remedies for acne.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan