7 Cara Efektif Atasi Kantuk Saat Puasa

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 April 2022

“Rasa kantuk yang muncul pada siang hari merupakan masalah klasik di bulan Ramadan. Agar kondisi ini tak mengganggu produktivitas, kamu perlu menemukan solusi yang tepat, contohnya seperti lebih sering bergerak.”

7 Cara Efektif Atasi Kantuk Saat Puasa7 Cara Efektif Atasi Kantuk Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Banyak hal yang dapat menyebabkan rasa kantuk di siang hari pada bulan Ramadan, termasuk perlu bangun pagi saat sahur. Maka dari itu, sangat penting untuk tahu cara atasi kantuk saat puasa yang bisa dilakukan. Ketahui beberapa caranya di sini!

Berbagai Cara Atasi Kantuk saat Berpuasa

Selain harus bangun pagi untuk sahur di bulan puasa, rasa kantuk juga dapat timbul karena tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi dalam waktu yang lama. Hal ini menyebabkan rasa kantuk disertai dengan tubuh yang lemas. Jika dibiarkan, produktivitas terkait pekerjaan yang perlu dilakukan bisa saja terbengkalai.

Maka dari itu, kamu perlu tahu cara atasi kantuk saat puasa yang efektif untuk dilakukan. Dengan begitu, pekerjaan dapat dilakukan tepat waktu tanpa adanya masalah apa pun dan tentu saja pahala tetap didapatkan. Nah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak mudah mengantuk saat puasa:

1. Lebih Sering Bergerak

Cara atasi kantuk saat berpuasa yang pertama adalah lebih sering untuk bergerak. Sebab, saat puasa kamu mungkin malas bergerak karena tidak adanya tenaga. Selain itu, suplai oksigen pada otak juga berkurang, sehingga rasa kantuk lebih mudah datang. Maka dari itu, saat merasa mengantuk, cobalah untuk melakukan peregangan sekitar 10 menit agar segar kembali.

Disebutkan juga jika berjalan kaki sejenak dapat mengisi kembali energi tubuh untuk dua jam ke depan. Hal ini disebabkan tubuh memompa oksigen dan menyebarkannya ke seluruh organ di tubuh, termasuk otak. Dengan begitu, perasaan kantuk hilang dan semangat kerja datang.

2. Berkomunikasi dengan Rekan Kerja

Kamu juga bisa atasi kantuk saat puasa dengan berkomunikasi dengan rekan kerja lainnya. Cobalah untuk sejenak keluar dari ruang kerja dengan mengajak teman untuk mengobrol. Mengobrol mampu membuat otak untuk meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan diri. Hal ini sangat baik dalam mengusir kantuk, terlebih jika topik pembicaraannya serius.

3. Cari Pemandangan Baru

Terlalu lama menatap layar komputer untuk menyelesaikan pekerjaan tentu membuat mata lebih cepat lelah. Tidak lama setelah itu, rasa kantuk secara bersamaan datang. Nah, cara atasi rasa kantuk saat puasa bisa dengan mencari pemandangan baru ke jendela kantor. Kamu bisa melakukan hal tersebut selama 20 detik dan mengulanginya setiap 20 menit sekali.

4. Mengatur Jam Tidur

Kamu juga perlu memastikan untuk mengatur jam tidur dengan benar selama bulan Ramadan. Masalah ini membuat seseorang lebih rentan untuk alami kantuk di siang hari. Bahkan bisa diperparah dengan kebiasaan begadang.

Maka dari itu, pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari. Perlu dipahami, istirahat malam perlu dilakukan karena waktu terjadinya regenerasi sel dan pembentukan kekebalan tubuh. Pastikan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas meski hanya sebentar.

5. Tarik Napas Dalam-Dalam

Cara lainnya untuk atasi rasa kantuk saat puasa adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Dengan cara ini, kamu dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam otak agar konsentrasi meningkat. Sebab, oksigen dapat memicu aktivitas dan kerja otak, sehingga rasa kantuk menghilang. Cobalah untuk menarik napas, tahan selama beberapa saat, lalu buang.

6. Mencuci Wajah

Saat rasa kantuk terasa, salah satu cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan mencuci wajah. Cara ini terbukti mampu mengurangi rasa kantuk saat bekerja. Selain itu, air dingin juga dapat membantu untuk membuat tubuh lebih rileks dan segar. Setelahnya, konsentrasi kembali didapatkan dan mampu menyelesaikan pekerjaan yang ada.

7. Tidur Siang

Cara atasi kantuk saat puasa yang paling akhir adalah dengan tidur siang. Pastikan untuk tidak tidur terlalu lama karena dapat membuat pekerjaan yang ada tidak selesai. Cari tempat yang nyaman untuk mengistirahatkan tubuh kira-kira 10-20 menit. Saat bangun, kamu sudah siap untuk melakukan aktivitas.

Nah, itulah beberapa cara atasi kantuk saat puasa yang bisa dilakukan. Lakukan semua hal yang disebutkan agar aktivitas harian tidak terganggu karena perasaan kantuk. Terlebih jika sedang banyak deadline yang harus diselesaikan. Jangan biarkan rasa kantuk mengalahkan aktivitas yang ada.

Kamu juga bisa lo menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc untuk mendapatkan jawaban cara atasi kantuk saat puasa yang efektif. Interaksi ini bisa dilakukan melalui Chat, Voice, atau Video Call yang ada pada aplikasi Halodoc. Maka dari itu, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
HR in Asia. Diakses pada 2022. Ramadan at Work: How to Fight Off Sleep during the Day When Fasting.
Dummies. Diakses pada 2022. 10 Ways to Feel Energized When You’re Fasting.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan