6 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Indonesia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Januari 2023

“Ada banyak tradisi unik untuk perayaan tahun baru di Indonesia yang sedikit berbeda dari biasanya. Salah satunya adalah badendang rotan, tradisi yang kerap dilakukan di Maluku Tengah.”

6 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Indonesia6 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Indonesia

Halodoc, Jakarta – Tahun baru segera tiba! Untuk merayakan berbagai momen yang sudah dilewati, sedikit hiburan tentu bisa menimbulkan semangat untuk menyongsong tahun baru yang lebih baik. Ternyata, ada banyak tradisi unik dari tiap daerah di Indonesia untuk merayakan perubahan tahun ini.

Berbagai Cara Perayaan Tahun Baru di Beberapa Daerah Indonesia

1. Badendang Rotan

Tradisi asal Maluku Tengah ini telah dilakukan secara turun-temurun sebagai hiburan dalam perayaan tahun baru. Acara ini bertujuan untuk mempererat solidaritas antar warganya dan biasanya diselenggarakan di sore hari pada tanggal 1 Januari. Perayaan ini mirip dengan tarik tambang tetapi menggunakan anyaman dari rotan.

2. Melepaskan Lampion

Tradisi tahun baru ini kerap dilakukan di Candi Borobudur, daerah Magelang, Jawa Tengah. Ada ribuan lampion yang diterbangkan secara bersamaan, sebagai simbol harapan agar tahun depan lebih baik. Selain itu, masih banyak pertunjukan lainnya yang merupakan kebudayaan Indonesia. Tentunya dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup.

3. Kembang Api

Kembang api memang sangat berhubungan erat dengan perayaan tahun baru. Keindahan dari percikan api yang menghiasi langit ini sangat indah untuk disaksikan bersama dengan keluarga. Beberapa tempat yang biasanya mengadakan acara ini adalah area kawasan pantai. Nikmati waktu indah bersama orang tersayang sambil menetapkan resolusi baru di tahun yang baru.

4. Festival Makanan

Lain lagi di Bali, kamu bisa menikmati tahun yang baru dengan menghadiri festival di Denpasar. Festival ini terdiri dari pameran budaya, pertunjukan seni tradisional, hingga makanan lokal. Ada banyak sekali makanan khas Bali yang bisa disantap, seperti Lak-Lak Bali, nasi campur Bali, dan masih banyak lagi.

5. Pesona Kemilau Toraja

Di Toraja, kamu bisa menikmati tahun baru dengan perayaan akbar yang diadakan oleh masyarakat setempat. Acara ini meliputi Getaran Sukma Suci, festival kopi, festival kuliner, dan masih banyak lagi. Di malam tahun baru akan digelar Pawai Kesenian Rakyat, Ma Barattung, dan tentu saja kembang api. Momen ini untuk memperkenalkan wisatawan tentang kekayaan budaya, seni, dan kuliner dari Toraja.

6. Kesenian Tradisional

Di daerah Surakarta, perayaan malam tahun baru diisi dengan berbagai kesenian tradisional, seperti acara gamelan, tarian, keroncong, hingga wayang kulit. Acara ini dapat membuat pengunjung mempelajari dan menyukai kesenian tradisional asli Indonesia. Makanya, cobalah untuk mengunjungi daerah ini di malam tahun baru.

Itulah berbagai tradisi perayaan tahun baru yang bisa kamu nikmati. Selain itu, jangan lupa untuk membuat resolusi yang ingin dicapai dan berbagai langkah agar bisa mendapatkannya. Jika perlu catat dan renungkan segala hal yang tidak maksimal di tahun ini agar bisa ditingkatkan di tahun yang baru.

Apabila kamu ingin mendapatkan saran dari profesional agar menjadi pribadi yang lebih baik, fitur tanya dengan psikolog atau psikiater dari Halodoc bisa digunakan melalui smartphone di tangan. Makanya, download aplikasi Halodoc untuk menikmati kemudahan dalam akses kesehatan kapan dan dimana saja. Unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Flokq. Diakses pada 2022. 7 Indonesian Ways to Celebrate New Year’s Eve: From Jakarta to Other Cities.
Indonesia Expat. Diakses pada 2022. Indonesia’s Unique Traditions to Celebrate Christmas and Toast the New Year.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan