6 Tips Aman dan Nyaman Camping di Masa Pandemi

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 September 2021
6 Tips Aman dan Nyaman Camping di Masa Pandemi6 Tips Aman dan Nyaman Camping di Masa Pandemi

Camping di alam terbuka dinilai menjadi bentuk liburan yang aman untuk dilakukan di masa pandemi. Meski begitu, bukan berarti aktivitas tersebut sama sekali tidak memiliki risiko. Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk tetap melakukan protokol kesehatan dengan baik agar bisa menikmati liburan yang aman dan nyaman.”

Halodoc, Jakarta – Selama masa pandemi COVID-19, tidak sedikit orang yang merasa jenuh bahkan stress akibat berada di rumah saja dalam waktu yang lama. Ingin pergi ke suatu tempat untuk berlibur pun masih menimbulkan rasa khawatir, karena bahaya akan penularan virus corona masih mengintai di luar sana.

Namun, bila kamu sudah merasa benar-benar jenuh dan butuh liburan, camping adalah salah satu ide liburan yang paling baik di masa pandemi seperti sekarang ini. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa alam bebas tampaknya menjadi tempat yang teraman di tengah situasi COVID-19 yang masih tinggi. Meski begitu, bukan berarti camping sama sekali tidak memiliki risiko untuk penularan virus corona. Oleh karena itu, ada baiknya kamu simak dulu tips-tips camping di masa pandemi agar kamu bisa menikmati liburan kamu di alam bebas dengan aman dan nyaman.

Baca juga: Orangtua Ingin Ajak Anak Berkemah, Perhatikan 4 Hal Ini

Tips Camping di Masa Pandemi

Banyak orang berjuang mengatasi stres, kecemasan, bahkan depresi akibat pandemi. Nah, berlibur di alam bebas bisa menjadi “obat” yang efektif bagi kamu yang sedang mengalami masalah mental tersebut. Menghabiskan waktu di alam sangat baik untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh kamu. Itulah mengapa camping bisa menjadi ide liburan yang baik untuk dilakukan di masa pandemi, selama kamu melakukan tindakan pencegahan yang tepat agar kamu dan orang lain tetap aman.

Nah, agar tetap aman dan nyaman, ikuti tips-tips camping di masa pandemi berikut ini:

  1. Camping di Perkemahan Lokal

Bila ingin camping, sebaiknya pilihlah perkemahan lokal atau yang ada di dalam atau masih di sekitar kota kamu. Dengan berkemah di perkemahan lokal, kamu tidak perlu melakukan perjalanan jauh yang tidak penting ke luar kota.

CDC juga merekomendasikan agar kamu memeriksa tempat perkemahan terlebih dahulu secara online untuk mengetahui apakah ada fasilitas kamar mandi dan layanan apa saja yang tersedia. Hal itu akan membantu kamu mempersiapkan barang-barang dan perlengkapan yang kamu butuhkan untuk menjaga kebersihan pribadi agar terhindar dari virus corona.

  1. Hindari Waktu Ramai

Tempat liburan, termasuk area perkemahan, biasanya lebih ramai pada akhir pekan atau selama musim liburan. Jadi, sebaiknya pilihlah waktu yang kira-kira lebih sepi pengunjung untuk camping. Misalnya, seperti hari biasa. Ingat, camping pada waktu ramai bisa meningkatkan risiko kamu tertular COVID-19, karena kamu akan bertemu dengan banyak orang yang bisa saja ada di antara mereka yang sudah terinfeksi tapi tidak memiliki gejala.

  1. Camping dengan Keluarga Saja

Robert Gomez, ahli epidemiologi dan kesehatan masyarakat, mengungkapkan bahwa camping dengan hanya anggota keluarga saja bisa mengurangi risiko kamu terpapar virus dari orang lain yang kemungkinan sakit, tetapi tidak menunjukkan gejala. Risiko penularan COVID-19 paling tinggi ketika kamu melakukan kontak dekat dengan orang lain, karena virus bisa dengan mudah menyebar melalui tetesan udara dari batuk atau bersin. Itulah mengapa menjaga kelompok kamu tetap kecil dengan berlibur bersama orang-orang yang tinggal serumah dengan kamu saja bisa membantu mencegah COVID-19.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Stres Akibat Bosan di Masa Pandemi?

  1. Tetap Jaga Jarak

Meskipun kamu berada di alam terbuka saat camping, tetapi kamu tetap harus menjaga jarak setidaknya enam kaki (2 meter) dari orang-orang yang tidak tinggal bersama kamu. Tidak melakukan social distancing bisa membuat kamu berisiko terpapar virus dari orang tanpa gejala (OTG). Namun, bila menjaga jarak tidak memungkinkan, kenakanlah masker.

  1. Cuci Tangan Sesering Mungkin

Ini mungkin adalah anjuran yang sudah sering kamu dengar, tetapi mencuci tangan memang adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 dan kuman lainnya. Jadi, bila kamu ingin keluar rumah dan berpergian ke mana pun, termasuk camping, pastikan kamu selalu menjaga social distancing, dan mencuci tangan sesering mungkin.

  1. Bawa Semua Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Kebersihan

Meskipun tempat perkemahan yang kamu pilih digadang-gadang memiliki fasilitas kebersihan yang baik, tetapi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Pasalnya, kamu tidak pernah tahu kapan dan seberapa sering fasilitas tersebut dibersihkan, dan seberapa baik tempat itu dibersihkan. Jadi, bila ingin camping saat pandemi, pastikan kamu untuk membawa persediaan masker yang cukup, hand sanitizer, tisu disinfektan, dan sabun cuci tangan.

Baca juga: Dekat dengan Alam Bisa Jadi Cara Sehat yang Alami

Nah, itulah tips-tips camping di masa pandemi agar aman dan nyaman. Bila kamu tiba-tiba sakit saat camping, jangan panik. Hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter terpercaya siap membantu kamu memberi saran kesehatan kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Cnet. Diakses pada 2021. Camping during COVID: How to do it safely.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan