6 Olahraga yang Membantu Meredakan Nyeri Haid

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 November 2021

"Ada beberapa gerakan atau olahraga yang dapat meredakan nyeri haid. Di antaranya adalah zumba, yoga, berenang, hingga pilates."

6 Olahraga yang Membantu Meredakan Nyeri Haid6 Olahraga yang Membantu Meredakan Nyeri Haid

Halodoc, Jakarta – Jika kamu kerap mengalami nyeri saat haid, kamu direkomendasikan untuk melakukan olahraga. Olahraga dapat meningkatkan mood dan melancarkan sirkulasi darah. Olahraga juga cenderung meredakan kram, sakit kepala, atau sakit punggung yang berhubungan dengan nyeri haid.

Ketika haid, hormon progesteron dan estrogen berada pada titik terendah yang dapat membuat orang merasa lelah dan kurang energik. Oleh karena itu, menghindari olahraga tidak akan menghemat energi atau membuatmu merasa lebih baik. Lantas, jenis olahraga seperti apa yang direkomendasikan? Baca selengkapnya di sini!

Baca juga: Mengapa Olahraga Baik Dilakukan Saat Menstruasi?

Olahraga Untuk Atasi Nyeri Haid

Olahraga teratur bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Tidak ada alasan kesehatan yang mengharuskan kamu melewatkan latihan selama haid. Faktanya, olahraga justru membantu kamu periode haid secara lebih baik. 

Kamu bisa tetap melanjutkan olahraga saat haid, hanya saja kurangi intensitasnya, terutama jika kamu merasa lelah. Variasikan latihan dan luangkan waktu ekstra untuk memulihkan diri. Berikut adalah jenis olahraga yang membantu meredakan nyeri haid:

1. Jalan Kaki Ringan atau Latihan Kardio Ringan Lainnya

Pertahankan latihan kardiovaskular pada intensitas yang lebih rendah atau kurangi jumlah yang biasanya kamu lakukan. Pertimbangkan latihan kardio ringan, jalan kaki, atau latihan aerobik pendek. 

2. Yoga 

Dua hingga tiga hari menjelang menstruasi adalah waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas seperti yoga. Jenis olahraga tersebut dapat membantu merilekskan tubuh dan berpotensi mengurangi gejala seperti kram, nyeri payudara, serta kelelahan dan nyeri otot.

Baca juga: 9 Cara Meredakan Sakit Pinggang saat Menstruasi

Jika kamu tidak mengalami ketidaknyamanan selama haid, kamu bisa melanjutkan dengan rutinitas olahraga yang normal. Berhati-hatilah dengan penyesuaian yang dilakukan tubuh selama periode haid. Jika ternyata kinerja tubuh tidak seperti biasanya, istirahatkan diri dan kurangi intensitasnya.

3. Joging

joging untuk meredakan nyeri haid

Jika kamu telah melewati kram siklus yang paling parah, coba tingkatkan intensitas latihan dengan joging. Pastikan kamu tetap terhidrasi, dan lakukan perlahan atau istirahat jika kamu mulai merasa pusing. Kamu bisa melakukannya sambil mendengarkan lagu untuk mood yang lebih baik. 

4. Pilates

Sama seperti yoga, gerakan pilates menargetkan kelompok otot tertentu, sehingga kamu dapat menyesuaikan latihan dengan kebutuhan. Misalnya, kamu sedang mengalami nyeri punggung bawah selama menstruasi, cobalah gerakan roll-down untuk meregangkan tulang belakang dan punggung.

Baca juga: 6 Trik Atasi Nyeri Haid saat di Kantor

5. Berenang

berenang untuk meredakan nyeri haid

Berenang sebenarnya adalah pilihan olahraga yang baik bahkan saat sedang haid. Olahraga low impact seperti berenang cukup menenangkan. Salah satunya karena tekanan air yang memberikan pijatan lembut pada tubuh. 

6. Zumba

Biasanya saat haid, suasana hati akan terasa lebih buruk dari biasanya. Mengikuti kelas zumba dapat meningkatkan suasana hati, plus membakar banyak kalori pada saat yang bersamaan.

Selain aktif berolahraga, kamu dapat meredakan nyeri haid melalui pola makan sehat. Ada baiknya kamu menghindari makanan dengan terlalu banyak garam selama periode haid. Fokuslah makan buah dan sayuran, serta makanan sehat lainnya seperti biji-bijian, protein tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Kalau kamu punya masalah terkait haid, tanyakan saja langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Dapatkan solusi produk yang tepat untuk meredakan nyeri haid atau masalah menstruasi lainnya dengan klik gambar berikut:

chat dengan dokter untuk meredakan nyeri haid
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Exercise on Your Period?
Shape.com. Diakses pada 2020. 7 Best Exercises To Do During Your Period.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan