6 Manfaat Moringa untuk Kulit yang Sayang Dilewatkan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Oktober 2022

“Moringa mengandung vitamin A, B, C dan E serta mineral penting. Tanaman ini bermanfaat bagi kulit, di antaranya mencegah jerawat, mencerahkan wajah dan melembutkan kulit.”

6 Manfaat Moringa untuk Kulit yang Sayang Dilewatkan6 Manfaat Moringa untuk Kulit yang Sayang Dilewatkan

Halodoc, Jakarta – Moringa atau yang lebih dikenal dengan daun kelor adalah tanaman yang tumbuh subur di area tropis. Daun dari tanaman ini banyak diolah menjadi minuman herbal, seperti teh atau jamu.

Di dalamnya mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat menjaga kesehatan kulit. Beberapa di antaranya kalsium, magnesium, flavonoid dan vitamin A, B, C serta E.

Nutrisi tersebut efektif mencegah dan mengurangi peradangan jerawat. Manfaat lainnya, yakni mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, melembapkan dan menghaluskan kulit serta meregenerasi kulit. 

Manfaat Moringa untuk Kulit

1. Mengatasi Jerawat

Moringa bersifat antibakteri dan antiradang yang dapat meredakan peradangan jerawat. Cara kerjanya dengan menghambat perkembangbiakan bakteri Staphylococcus epidermidis dan Propionibacterium acnes.

Guna mengatasi masalah jerawat, kamu bisa mengolah daun kelor menjadi bubuk atau minyak. Kemudian, oleskan pada area wajah atau tubuh yang berjerawat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mencerahkan Kulit

Manfaat ini terjadi berkat kandungan vitamin C dalam moringa. Vitamin ini mampu menurunkan produksi melanin yang merupakan pigmen warna kulit. Semakin sedikit produksinya, kulit akan terlihat lebih cerah.

Guna mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menggunakan skincare atau mengonsumsi suplemen yang mengandung daun kelor. Jika memutuskan menggunakan suplemen, pastikan konsumsi dalam dosis yang tepat.

3. Mencegah penuaan

Penuaan dini ditandai dengan gejala berupa keriput, garis halus di wajah, bintik hitam dan pembesaran pori-pori. Ini merupakan dampak dari paparan radikal bebas jangka panjang yang mengenai kulit wajah.

Moringa dapat mengatasi beberapa keluhan yang menjadi tanda penuaan dini. Manfaat ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan berupa flavonoid yang bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen. 

Kolagen adalah protein berserat tidak larut yang efektif menjaga elastisitas kulit. Nutrisi ini membantu menjaga kekenyalan kulit yang cenderung berkurang akibat pertambahan usia.

4. Melembutkan Kulit

Kandungan niacinamide dan vitamin B dalam daun kelor efektif memperbaiki lapisan epidermis. Ini adalah lapisan kulit terluar yang berfungsi mencegah masuknya radikal bebas ke lapisan kulit lebih dalam.

Ketika kesehatan epidermis terjaga dengan baik, kulit akan terasa lebih halus dan lembut. Tak hanya itu, kandungan niacinamide dan vitamin B juga dapat menjaga kelembapan alami kulit.

5. Mencegah Kerusakan Kulit

Kerusakan kulit bisa berasal dari faktor internal, yakni genetik, stres, hormon, dehidrasi dan kurang tidur. Sementara faktor eksternalnya meliputi paparan sinar UV, polusi dan asap rokok.

Kandungan antioksidan dan antiradang serta vitamin A, C dan E dalam moringa efektif mencegah kerusakan kulit. Cara kerjanya dengan melindungi kekuatan dan struktur kulit dari dalam.

6. Meregenerasi Kulit

Kandungan kalsium dalam moringa dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Jika tubuh mengalami defisiensi kalsium, kondisi ini menyebabkan kulit tampak lebih tipis, kering, pecah-pecah dan rapuh.

Mendapatkan kulit yang sehat tak cukup hanya dengan menggunakan daun kelor saja. Kamu juga harus melakukan perawatan secara rutin dengan mencuci wajah 2 kali sehari dan menggunakan pelembap.

Selain itu, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, termasuk buah dan sayuran. Kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin guna meningkatkan kesehatan kulit. Cara mendapatkannya dengan mendownload Halodoc dan cek kebutuhan multivitamin di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut, ya! 

Referensi:
BYRDIE. Diakses pada 2022. Moringa Oil Is a Hydrating, Healing Ingredient Experts Can’t Get Enough Of.
Health Shots. Diakses pada 2022. Moringa magic: 4 ways to use this wonder plant for beautiful skin and hair!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan