6 Manfaat Kandungan Propylene Glycol pada Skincare

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Oktober 2022

“Propylene glycol adalah salah satu kandungan pada skincare yang memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah melembapkan kulit dan mencegah penuaan dini.”

6 Manfaat Kandungan Propylene Glycol pada Skincare6 Manfaat Kandungan Propylene Glycol pada Skincare

Halodoc, Jakarta – Propylene glycol adalah salah satu kandungan yang terdapat pada skincare. Kandungan ini ternyata dapat dibuat melalui molekul tumbuhan dan juga sayuran, lho. Maka dari itu, zat ini terbilang aman karena berdasarkan bahan alami.

Bukan hanya pada skincare, kandungan ini juga terdapat dalam serum, semprotan rambut, pelembap, pasta gigi, hingga parfum. Sebab, ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh propylene glycol bagi tubuh. Maka dari itu, perlu tahu berbagai manfaatnya secara lengkap.

Daftar Manfaat Propylene Glycol pada Skincare

1. Melembapkan Kulit

Salah satu manfaat propylene glycol yang terdapat pada skincare adalah membantu dalam melembapkan serta menghaluskan kulit. Kandungan ini merupakan cairan yang tidak berbau dan tidak berwarna, serta memiliki sifat menghidrasi.

Seseorang yang memiliki jenis kulit kering dan kombinasi atau bahkan bersisik, direkomendasikan untuk memilih skincare dengan kandungan ini. Sifat humektan pada kandungan ini dapat menarik air dan menahannya ke lapisan kulit terluar.

2. Memperbaiki Tekstur Kulit

Propylene glycol juga dapat melindungi kulit dari kekeringan berlebih dan mencegah kerusakan akibat faktor oksidatif dari luar. Nah, hal ini dapat membuat tekstur kulit seseorang menjadi lebih baik. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikannya.

3. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu kandungan pada skincare ini memiliki kemampuan pelembap alami yang dapat membantu untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Seseorang yang memiliki kulit kering lebih rentan untuk alami pengelupasan, kerutan, dan garis-garis halus. Maka dari itu, gunakan skincare dengan kandungan ini secara rutin agar penuaan dini dapat dicegah.

4. Melindungi Penghalang Kulit

Manfaat lainnya dari propylene glycol yang jarang diketahui adalah sebagai pelindung dari penghalang kulit. Sifat humektan pada kandungan ini mampu menjaga penghalang kulit agar tetap sehat, terutama pada seseorang yang rentan alami eksim dan psoriasis.

5. Mengurangi Bintik di Kulit

Manfaat lainnya dari propylene glycol adalah mampu mengurangi munculnya bintik-bintik yang ada di kulit, terutama wajah, jika digunakan secara rutin. Dengan sifat melembapkan yang ada, kandungan ini dapat memberi nutrisi pada kulit, sehingga membantu dalam mengurangi bintik-bintik akibat jerawat.

6. Mengatasi Jerawat

Jerawat memang termasuk masalah pada kulit wajah yang rentan terjadi. Nah, banyak sekali kosmetik yang justru memberikan dampak buruk pada jerawat dibandingkan menghilangkannya. 

Berbeda dengan zat kimia ini yang ampuh atasi jerawat karena tidak mengandung minyak. Bahkan, penggunaannya dapat menyembuhkan kulit dan memudarkan jerawat.

Dengan ada banyaknya manfaat dari zat kimia ini, tidak heran jika banyak sekali produk kecantikan yang menggunakannya sebagai salah satu kandungannya. Maka dari itu, hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih produk kecantikan yang digunakan secara rutin, terutama skincare.

Jika kamu masih ingin tahu lebih jauh tentang manfaat dari propylene glycol untuk kesehatan kulit, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk bisa berinteraksi langsung dengan ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja. Maka dari itu, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Style Craze. Diakses pada 2022. Propylene Glycol For Skin: Benefits, Side Effects, & How To Use.
Byrdie. Diakses pada 2022. What’s the Truth About Propylene Glycol in Skincare?
Skin Kraft. Diakses pada 2022. Propylene Glycol For Skin: Benefits, Side effects & How To Use.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan