6 Makanan Rendah Lemak yang Bisa Dibuat di Rumah

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 November 2022

“Meski lemak dapat menjadi sumber energi dan membantu produksi hormon, tubuh manusia sebenarnya hanya membutuhkan sedikit lemak saja. Oleh karena itu, kamu seharusnya memilih makanan yang mengandung sedikit lemak jenuh.”

6 Makanan Rendah Lemak yang Bisa Dibuat di Rumah6 Makanan Rendah Lemak yang Bisa Dibuat di Rumah

Halodoc, Jakarta – Lemak adalah kandungan yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Makanan rendah lemak dan tinggi protein pun lebih dianjurkan untuk menjadi menu harian bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Diet rendah lemak juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh, seperti mencegah mulas, mengurangi berat badan, dan mencegah kolesterol. Meski lemak dapat menjadi sumber energi cadangan dan membantu produksi hormon, tubuh manusia sebenarnya hanya membutuhkan sedikit lemak. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih makanan yang mengandung sedikit lemak jenuh.

Makanan Rendah Lemak yang Dapat Diolah di Rumah

Ada beberapa makanan rendah lemak yang dapat kamu masak sendiri di rumah. Biasanya, makanan rendah lemak akan mengandung tinggi protein yang sangat baik untuk tubuh. Berikut beberapa makanan rendah lemak yang bisa kamu pilih:

1. Dada Ayam

Dada Ayam

Dada ayam mengandung tinggi protein dan rendah lemak. Dada ayam tanpa kulit dan tulang juga menjadi pilihan yang lebih baik karena mengandung lebih sedikit lemak. Kamu dapat mengolah dada ayam filet dengan merebus, menumis, memanggang, atau menggoreng dengan sedikit minyak atau dengan mentega.

2. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

Sayuran hijau hampir tidak mengandung lemak dan kaya akan mineral serta vitamin yang bermanfaat, seperti kalsium, potasium, folat, serta vitamin A dan K. Diet dengan sayuran hijau dapat melindungi dari penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.  

Sayuran hijau segar juga bisa kamu olah sebagai salad atau smoothie. Kamu pun bisa menumisnya dengan bumbu dan rempah tertentu untuk lauk yang sehat.

3. Buah-Buahan

Buah-Buahan

Buah-buahan adalah pilihan yang sangat baik jika kamu mencari camilan manis yang rendah lemak. Hampir semua buah rendah lemak dan tinggi vitamin, mineral, dan serat. Kamu bisa menikmati buah segar dengan memakannya langsung atau menjadikannya jus dan smoothie. 

4. Ikan Tanpa Lemak

Ikan Tanpa Lemak

Ikan tanpa lemak seperti ikan cod biasanya mengandung protein lebih tinggi. Jenis ikan ini rendah lemak dan mengandung sangat sedikit kalori, oleh karena itu ini bisa menjadi sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik. Untk setiap 85 gram ikan cod yang kamu masak, ada sekitar 1 gram lemak, 70-100 kalori, dan 16-20 gram protein.

5. Ubi Jalar

Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sayuran akar rendah lemak yang sehat. Satu ubi berukuran sedang hanya mengandung 1,4 gram lemak saja. Selain rendah lemak, ubi mengandung vitamin A, vitamin C, dan beberapa vitamin B. Ini juga kaya akan mineral, seperti potasium, dan mangan yang baik untuk tubuh.

6. Putih Telur

Putih Telur

Putih telur juga termasuk ke dalam makanan rendah lemak. Akan tetapi, kamu perlu membatasi kuning telur karena bagian ini menyimpan lebih banyak kalori dan lemak. Putih telur tidak mengandung lemak sama sekali, sedangkan satu telur utuh termasuk kuningnya mengandung 5 gram lemak. Putih telur juga rendah kalori dan sumber protein berkualitas tinggi yang baik.

Itulah pembahasan seputar makanan rendah lemak. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar diet sehat, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc melalui Play Store maupun App Store. 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Low-Fat Foods That Are Good For Your Health.
Web MD. Diakses pada 2022. Low-Fat Diets for Weight Loss.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan