6 Kelebihan dan Kekurangan Sikap Ambisius dalam Dunia Kerja

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Oktober 2022

“Ambisius dalam dunia kerja adalah hal yang wajar, asalkan masih bisa dikontrol. Nah, perlu tahu berbagai kelebihan dan kekurangan dari sikap ini sebagai pertimbangan.”

6 Kelebihan dan Kekurangan Sikap Ambisius dalam Dunia Kerja6 Kelebihan dan Kekurangan Sikap Ambisius dalam Dunia Kerja

Halodoc, Jakarta – Setiap orang memiliki ambisi tersendiri dalam mencapai kesuksesan, terutama dalam bidang profesional. Namun, beberapa orang ada yang terlalu ambisius, sehingga menghalalkan cara agar mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Masih banyak orang yang tidak paham jika ambisius dan serakah adalah sesuatu yang berbeda. Padahal pengertian ambisi sendiri adalah kesediaan seseorang untuk menghadapi tantangan dan terus bertumbuh. Sedangkan keserakahan adalah keinginan untuk melakukan apapun agar mencapai tujuannya.

Meski begitu, ambisius juga memiliki kelebihan dan kekurangan saat diterapkan dalam dunia kerja. Perlu tahu berbagai hal yang positif dan negatif dari sikap ini, agar dapat menjadi pertimbangan tentang melakukan hal yang benar dan salah.

Kelebihan dari Sikap Ambisius di Dunia Profesional

Seseorang yang memiliki ambisi terhadap suatu tujuan biasanya memiliki beberapa kelebihan, seperti:

1. Memiliki Motivasi untuk Terus Berkembang

Seseorang yang ambisius umumnya memiliki keinginan untuk terus berkembang dan meningkatkan nilai dari dirinya. Orang ini akan terus belajar berbagai hal yang baru, sehingga progres karirnya lebih cepat dibandingkan orang di sekitarnya. Makanya, seseorang dengan sikap ini rutin mengambil pelatihan agar skill yang dimiliki terus bertambah.

2. Tidak Mudah Menyerah

Orang yang memiliki sikap ini tidak mudah menyerang dan selalu mencari jalan untuk menghadapi kesulitannya. Mereka tidak menyerang, tidak berhenti, atau bahkan hanya menunggu situasi dapat berubah dengan sendirinya.

Ambisi dapat memberikan kekuatan lebih untuk menghadapi masalah dan hambatan yang ada di depan mata. Seseorang yang ambisius terus berpikir tentang mencari solusi yang tepat agar bisa melewati masalah tersebut, serta tidak terulang di masa depan.

3. Memiliki Mimpi yang Besar

Seseorang yang ambisius umumnya memiliki mimpi yang besar akan suatu hal. Meski begitu, orang ini menyiapkan berbagai langkah yang harus ditempuh agar mimpi-mimpi tersebut tercapai. Maka dari itu, jangan pernah batasi mimpi yang dimiliki sebesar apa pun itu.

Nah, kamu juga bisa baca artikel ini untuk info lebih lanjut: Mengenal Sikap Ambisius, Ciri-Ciri dan Contohnya.

Kekurangan dari Sikap Ambisius yang Bisa Dialami

Sebagaimana ada kelebihan, pasti juga ada kekurangannya. Nah, beberapa kekurangan dari sikap ambisius, antara lain:

1. Terlalu Fokus pada Tujuan

Seseorang dengan sikap ambisius seringnya terlalu fokus pada sesuatu yang dituju. Hal ini bisa dapat membebani tubuh, baik secara fisik maupun mental. Tidak adanya waktu untuk refreshing membuatnya rentan alami gangguan mental.

Maka dari itu, ambisius bisa membuat seseorang rentan alami depresi, sebab mereka terus mencoba hingga targetnya bisa tercapai. Selain itu, segala hal yang ada dipikirannya hanyalah pekerjaan dan berbagai cara agar bisa mencapai tujuannya.

2. Pengambil Keputusan yang Buruk

Dengan ambisi yang tinggi, seseorang bisa jadi kurang cermat dalam pengambilan keputusan, sebab ingin mencapai tujuannya secepat mungkin. Pertimbangannya kerap kurang matang dan tidak berpikir panjang, akhirnya bisa jadi penyesalan yang dirasakan.

3. Bersikap Arogan

Sikap ambisius dapat membuat seseorang memiliki rasa percaya diri yang berlebih, bisa terjadi karena rasa pencapaiannya yang diatas orang di sekitarnya. Jika tidak terkontrol, bisa jadi hal ini berkembang menjadi sikap arogan. Bahkan, sikap ini bisa membuatnya tidak menghargai orang lain.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari sikap ambisius yang perlu dipahami. Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait sikap ini, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja!

Referensi:
Hotmart. Diakses pada 2022. What Is Ambition? Learn How to Use It in a Positive Way in Your Business.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan