6 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Orang Tua

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Maret 2022

“Olahraga penting dilakukan oleh orang tua. Namun, tidak semua jenis olahraga cocok dilakukan orang tua. Beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan orang tua adalah berenang, bersepeda, peregangan, yoga, jalan santai, atau golf. Mulailah secara perlahan dan tingkatkan intensitas olahraga jika mampu.”

6 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Orang Tua6 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Orang Tua

Halodoc, Jakarta – Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang perlu dilakukan secara rutin. Hal ini membuat kamu merasakan berbagai manfaat dari olahraga, mulai dari membantu kamu mengontrol berat badan, menghindari berbagai penyakit kronis, menguatkan otot dan sendi, hingga mengoptimalkan kesehatan mental.

Bukan hanya untuk anak muda atau anak-anak, olahraga perlu dilakukan oleh semua golongan usia, termasuk orang tua dan lansia. Namun, sesuaikan jenis olahraga yang akan dilakukan dengan kondisi kesehatan serta fisik orang tua. Sebaiknya simak ulasan mengenai jenis-jenis olahraga untuk orang tua yang aman dilakukan di sini!

Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Orang Tua

Berolahraga merupakan kegiatan penting yang perlu dilakukan ketika sudah lanjut usia. Sayangnya, banyak orang tua yang sudah tidak lagi aktif bergerak dan memilih untuk beristirahat di rumah. Padahal, dengan aktif berolahraga, kesehatan dan kekuatan orang tua akan terjaga, sehingga mereka tidak mudah terserang penyakit. 

Namun, tidak semua jenis olahraga cocok dilakukan oleh orang tua atau orang yang masuk ke dalam kelompok lanjut usia. Nah, sebelum memilih jenis olahraga yang ingin dilakukan, cari tahu jenis olahraga yang cocok dilakukan orang tua.

  1. Berenang

Jenis olahraga ini sangat cocok dilakukan orang tua karena persendian tidak mengalami tekanan akibat tubuh yang ditopang oleh air. Berenang dikenal juga sebagai olahraga yang melibatkan seluruh bagian tubuh, sehingga dapat memberi pengaruh baik terhadap kesehatan orang tua, seperti mengatasi radang sendi. 

Tekanan yang dihasilkan oleh air juga membuat memberikan manfaat latihan kekuatan pada orang tua. Selain itu, berenang juga bermanfaat untuk memperkuat jantung.

  1. Jalan Santai

Kegiatan ini merupakan olahraga yang mudah dan bisa dilakukan di mana saja, sehingga cocok dilakukan orang tua. Bagi orang tua, berjalan kaki menjadi salah satu olahraga yang menguras tenaga dan membakar kalori.

Biasakan berjalan kaki secara rutin. Lakukan pada tingkat yang sederhana di awal olahraga ini dimulai. Kemudian, tingkatkan intensitas dengan memilih jalur yang menanjak dan menurun, agar kesehatan jantung terjaga dan pembuluh darah dapat mengalir lancar.

  1. Golf

Saat ini olahraga golf banyak digemari oleh anak muda. Bukan hanya anak muda, olahraga ini juga cocok untuk dilakukan orang tua. Lapangan golf yang luas membuat orang tua akan lebih sering berjalan kaki untuk sampai ke titik yang dituju. 

Selain itu, saat mengayunkan tongkat golf, gerakan ini membuat otot tangan menjadi lebih fleksibel dan kuat. Bukan hanya tangan, olahraga ini membuat otot tubuh menjadi lebih kuat, kencang, dan keseimbangan tubuh menjadi lebih optimal.

  1. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang lembut yang dapat meningkatkan fleksibilitas orang tua, sehingga mereka tidak mudah mengalami cedera. Melakukan yoga secara teratur juga dapat membantu orang tua mengontrol emosi mereka, sehingga kesehatan mental tetap terjaga.

  1. Stretching

Stretching atau peregangan perlu dilakukan orang tua setiap hari. Hal ini dilakukan untuk menjaga kekuatan otot. Lakukan peregangan secara perlahan, mulai dari otot leher, punggung, dada, perut, lengan, paha, hingga kaki. 

Melakukan peregangan juga membuat tubuh menjadi lebih fleksibel dan tidak kaku. Latih juga persendian pada area bahu, pergelangan tangan dan kaki, serta lutut.

  1. Bersepeda

Mengayuh pedal sepeda dapat memperkuat tubuh bagian bawah orang tua serta meningkatkan kinerja jantung. Namun, perhatikan kemantapan setelan sadel dan pegangan sepeda agar terhindar dari cedera panggul.

Itulah jenis olahraga yang cocok dilakukan orang tua. Sebelum melakukan olahraga, jangan lupa lakukan pemanasan dan gunakan pakaian atau sepatu yang sesuai dengan jenis olahraga yang akan dilakukan. 

Lakukan olahraga secara perlahan, jangan terburu-buru. Mulailah dari gerakan yang paling mudah. Hentikan olahraga jika kamu merasakan keluhan kesehatan atau nyeri pada tubuh ketika olahraga. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui penyebab keluhan kesehatan yang dirasakan. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Senior Lifestyle. Diakses pada 2022. 7 Best Exercises for Seniors (and a Few to Avoid!).

Active Health. Diakses pada 2022. 9 Best Exercises for The Elderly.

Lifeline 24. Diakses pada 2022. 7 Sport and Fitness Activities for Older People.

Diperbarui pada 9 Maret 2022.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan