6 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Adopsi Anjing Pug

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Juni 2021
6 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Adopsi Anjing Pug6 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Adopsi Anjing Pug

Halodoc, Jakarta – Anjing pug adalah salah satu jenis anjing yang menjadi favorit untuk dipelihara. Anjing pug memiliki karakteristik tenang, humoris, dan ramah. Anjing pug juga dikenal memiliki gonggongan khas dan senang mendengus.

Ekspresinya yang lucu dengan dahi berkerut dan kepala miring, itu bisa memberikan kenyamanan buat orang yang memeliharanya. Buat kamu yang punya rencana mau mengadopsi anjing pug, yuk simak di sini hal-hal yang perlu diperhatikan!

Anjing Pug Rentan Terkena Gangguan Kesehatan

Setiap anjing punya karakteristiknya masing-masing. Karakter yang berbeda ini membuat kamu harus punya cara yang berbeda juga untuk mengurus dan memeliharanya. Apa yang perlu diperhatikan ketika mau memelihara anjing pug?

Baca juga: Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Peliharaan

1. Hobi Mengikuti Pemiliknya 

Jika kamu termasuk orang yang tidak suka diikuti terus oleh anjing, ada baiknya kamu berpikir dua kali sebelum memelihara anjing pug. Soalnya, anjing pug hobi mengikuti pemiliknya dan senang selalu berada di dekat pemiliknya. Mungkin di awal-awal akan terkesan menyenangkan, tapi terkadang sangat mengganggu ketika kamu sangat ingin serius bekerja.

2. Rentan Akan Masalah Kesehatan 

Anjing pug rentan akan masalah kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan yang kerap dialami anjing pug adalah:

  • Goresan pada mata.
  • Alergi makanan.
  • Kecenderungan yang lebih tinggi dari biasanya untuk bereaksi terhadap vaksin.
  • Perawatan pada lipatan mata dan hidung.
  • Masalah pernapasan.

Mata anjing pug gampang berair sehingga perlu dibersihkan secara berkala. Demikian juga lipatan kulit wajahnya. Kerutan-kerutan kecil yang ada pada wajahnya bisa menampung beberapa jenis serangga yang tanpa sengaja bisa menempel di situ sehabis bermain atau beraktivitas. Cakarnya juga perlu dipangkas secara berkala dan biasanya perlu sedikit usaha untuk memangkasnya, karena anjing pug tidak suka kalau cakarnya disentuh. 

Moncong anjing pug pendek dengan struktur wajah yang datar, karakteristik fisik ini membuat saluran udara pada anjing tipe ini gampang terhambat. Itulah sebabnya mengapa anjing pug kerap mengalami masalah pernapasan. 

Baca juga: Tips Mengatasi Bau Mulut pada Anjing Peliharaan

Terkait dengan struktur sistem pernapasan ini, itu jugalah alasannya mengapa anjing pug bukan tipe anjing yang bisa diajak jalan jauh. Mereka gampang lelah dan kalau kelelahan akan semakin kesulitan bernapas. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membawanya jalan-jalan, anjing pug tetap perlu jalan untuk olahraga dan berganti suasana.

3. Membutuhkan Banyak Perhatian

Setiap anjing membutuhkan waktu dan perhatian, tetapi beberapa jenis anjing butuh lebih banyak perhatian, salah satunya adalah anjing pug. 

4. Bulunya Gampang Rontok 

Bulu anjing pug gampang rontok, sehingga mungkin kamu perlu membersihkan area yang sering dilewati peliharaan secara rutin. Misalnya dapur, sofa, tempat tidur, dan area lainnya. 

Baca juga: Ini Fakta Anak Anjing yang Wajib Dipahami Pemula

5. Pemakan Segala 

Anjing pug bisa dibilang termasuk anjing yang makan segalanya. Sebagai pemilik kamu harus waspada, karena tidak semua makanan aman dimakan oleh anjing. Bisa jadi beberapa makanan tertentu membuatnya alergi. Terlalu banyak makan juga bisa membuatnya obesitas. 

6. Tidak Tahan Cuaca Panas

Anjing pug tidak tahan panas. Jadi, pastikan rumahmu ataupun area anjing akan beraktivitas cukup nyaman untuk ditinggali. Kalau kamu perlu rekomendasi ataupun tips untuk merawat anjing yang tidak tahan akan cuaca panas, tanyakan saja langsung ke dokter hewan melalui aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:

Canadian Living. Diakses pada 2021. 10 THINGS YOU SHOULD KNOW BEFORE GETTING A PUG.
Boogie The Pug. Diakses pada 2021. 10 Things You Should Know Before Getting a Pug.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan