6 Hal yang Perlu Dihindari Saat Mengejan di Persalinan Normal

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Juni 2022

“Ada beberapa hal yang perlu dihindari ketika ibu mengejan saat persalinan normal. Salah satunya adalah berteriak berlebihan ketika mengejan karena dapat membuat ibu kelelahan.”

6 Hal yang Perlu Dihindari Saat Mengejan di Persalinan Normal6 Hal yang Perlu Dihindari Saat Mengejan di Persalinan Normal

Halodoc, Jakarta – Masih cukup banyak ibu yang memilih untuk melahirkan secara normal. Namun, tak sedikit pula yang menginginkan melahirkan dengan cara operasi Caesar. Dari kedua metode persalinan ini, pilihan akhirnya akan ditentukan berdasarkan kondisi kesehatan ibu dan janin saat hari persalinan tiba. 

Jika pada akhirnya persalinan normal atau pervaginam adalah pilihannya, sukses mengejan adalah salah satu kunci kelancaran persalinan tersebut. Namun, ketika melahirkan pervaginam, tidak semua ibu hamil langsung bisa memahami cara mengejan yang benar. Sebab, ada beberapa hal yang perlu ibu hindari saat mengejan di tengah persalinan normal. 

Penasaran apa saja? Yuk, simak informasinya di sini! 

Hal yang Perlu Dihindari Ketika Mengejan di Tengah Persalinan 

Terdapat beberapa hal yang perlu ibu hindari ketika mengejan, antara lain: 

1.  Berteriak Berlebihan

Rasa sakit ketika melahirkan memang tidak tertahankan, jadi ketika jika ibu berteriak memang sudah menjadi hal yang wajar. Namun, jika berteriak sebaiknya tidak dilakukan berlebihan hingga bernada tinggi alias melengking. Sebab, berteriak tanpa dikontrol dapat membuat ibu kelelahan dan kehilangan kendali saat mengejan. Selain itu, berteriak juga bisa menyebabkan pita suara jadi sakit nantinya. Jadi, meski terasa sakit, coba ingat untuk menarik nafas dan tidak berteriak berlebihan, ya.

2.  Menutup Mata

Kadang karena ingin fokus mengejan, ibu tanpa sadar memejamkan mata. Padahal, ketika mengejan sebaiknya dilakukan tanpa memejamkan mata. Hal ini bertujuan untuk menghindari mata mendapat tekanan sehingga pembuluh darah di mata pecah. Maka dari itu, sebaiknya fokuskan diri untuk membuka mata ketika mengejan dan arahkan ke perut.

3.  Mengejan Tanpa Aba-Aba

Saat mulai proses persalinan, ibu akan diberi aba-aba untuk mengejan jika pembukaan sudah mencapai sepuluh. Jadi jangan mengejan tanpa aba-aba dokter atau bidan, ya. Ini karena merejan tanpa aba-aba bisa membuat pembengkakan atau edema pada mulut rahim. Oleh karena itu, perhatikan selalu instruksi dokter dan bidan saat mengejan agar persalinan berjalan lancar. 

4.  Menahan Mengejan

Perlu diketahui bahwa ketika sedang mengejan saat persalinan, ada kemungkinan bagi ibu untuk juga buang air besar secara alami. Bagi ibu yang sudah tahu kemungkinan ini, biasanya akan berusaha menahan hal tersebut karena takut buang air besar.

Padahal, sebenarnya itu adalah hal yang biasa. Nah, untuk menghindari kekhawatiran itu, ibu bisa mengonsumsi lebih sedikit makanan atau mengosongkan perut terlebih dahulu. Jika memang disarankan dokter, ibu juga bisa meminum obat pencahar yang aman.

5.  Mengangkat Panggul

Ibu tentu tak ingin robekan perineum lebih lebar sehingga memerlukan lebih banyak jahitan saat melahirkan bukan? Kalau begitu, ingat untuk tidak mengangkat bokong atau pantan ketika mengejan. Usakan untuk rileks dan lemaskan bagian panggul dan bokong ketika mulai persalinan normal. Sebab, melalui posisi ini, bayi akan tetap aman dengan jalan lahirnya. Jadi, ibu tidak perlu khawatir sampai harus mengangkat bokong.

6.  Teknik Bernapas yang Salah 

Saat persalinan, penting bagi ibu untuk tidak bernafas secara sembarangan. Sebab, bernapas dengan benar bisa membantu mengurangi rasa nyeri serta memberikan sumber energi untuk ibu saat persalinan. Maka dari itu, sebaiknya ibu perlu mengikuti kelas senam hamil agar terbiasa untuk bernafas saat persalinan nanti. 

Itulah beberapa hal yang perlu dihindari ketika mengejan saat menjalani persalinan normal. Mulai dari berteriak, menutup mata, mengejan tanpa aba-aba, hingga teknik bernafas yang salah. Jika ibu masih memiliki pertanyaan seputar mengejan dan pernafasan saat persalinan, sebaiknya hubungilah dokter spesialis kandungan. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc ibu bisa tanya dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Ibu dapat menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

The Asian Parent. Diakses pada 2022. Persalinan Normal – Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Mengejan. 
We Have Kids. Diakses pada 2022. Top 10 Things to Avoid During Labor (Suggestions for Both Mothers and Fathers to Be). 
Healthline. Diakses pada 2022. How Painful Is Childbirth, Really?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan