6 Cara Mengolah Kapulaga sebagai Penyedap Makanan

3 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   11 Oktober 2021

“Ada banyak sekali jenis rempah yang bisa digunakan untuk penambah cita rasa makanan. Salah satu yang cukup populer adalah kapulaga. Rempah ini punya aroma dan rasa yang khas. Membuatnya cocok ditambahkan dalam aneka makanan dan minuman, sebagai penambah rasa dan aroma.”

6 Cara Mengolah Kapulaga sebagai Penyedap Makanan6 Cara Mengolah Kapulaga sebagai Penyedap Makanan

Halodoc, Jakarta – Rasa dan aromanya yang khas membuat kapulaga cocok digunakan untuk berbagai hidangan manis dan asin. Rempah ini biasanya menjadi salah satu bumbu untuk masalah India, Timur Tengah, Arab, dan Swedia. Mulai dari hidangan daging, sayuran, hingga minuman hangat, bisa semakin nikmat bila ditambah rempah ini, lo.

Di pasaran, ada dua jenis utama kapulaga yang beredar, yaitu kapulaga hitam dan hijau. Ingin tahu rempah ini bisa digunakan untuk hidangan apa saja? Yuk simak pembahasannya!

Baca juga: Kenali 8 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh

Berbagai Cara Mengolah Kapulaga

Kapulaga hijau (Elettaria cardamomum) adalah pilihan utama untuk hidangan manis, tetapi banyak digunakan juga untuk hidangan asin. Versi yang diputihkan, yaitu kapulaga putih, memiliki rasa yang tidak terlalu kuat.

Sementara itu, kapulaga hitam (Amomum subulatum) memiliki polong yang lebih besar berwarna coklat tua. Kapulaga jenis ini memiliki sedikit aroma dan rasa berasap yang membuatnya lebih cocok untuk hidangan asin. Namun, bisa digunakan dalam hidangan manis juga di India Selatan.

Bila kamu tertarik menambahkan kapulaga sebagai penyedap makanan dan minuman, berikut ini beberapa cara mengolahnya:

1. Tambahkan dalam Hidangan Asin

Kamu bisa menambahkan rempah ini dalam hidangan gurih seperti kari ayam dan kambing, hidangan tandoori, biryani atau bahkan zafrani pulao dan taheri. Penambahan rempah ini bisa memberi tambahan rasa dan aroma yang membuat masakan lebih nikmat.

2. Untuk Hidangan Penutup

Hampir semua makanan penutup di India menggunakan sedikit rempah ini untuk tambahan rasa yang khas. Misalnya phirni, malpua, rasmalai, gajar ka halwa, gulab jamun atau rabdi. Kamu juga bisa lakukan modifikasi dengan membuat kue, bolu, atau hidangan penutup lainnya dengan menambahkan rempah ini, lo.

3. Gunakan dalam Garam Masala

Garam masala adalah bumbu dasar masakan yang diracik dari aneka rempah yang dipanggang, lalu ditumbuk hingga halus. Alih-alih memasukkan utuh, kamu juga bisa menghaluskan rempah ini menjadi bubuk, dan campurkan ke dalam racikan bumbu masakan kamu.

Baca juga: Rempah-Rempah yang Bisa Jadi Obat Diet Alami

4. Membuat Biskuit Kapulaga

Ingin camilan dengan rasa unik dan menyehatkan? Cobalah buat biskuit dengan tambahan kapulaga bubuk. Kamu juga bisa kreasikan dengan bahan-bahan favorit kamu lainnya seperti cokelat, almond, atau oat.

5. Tambahkan ke Salad Buah

Salad buah yang manis dan menyegarkan paling enak disantap di siang hari yang panas. Jika kamu suka berkreasi, tidak ada salahnya untuk mencoba menambahkan bubuk kapulaga dalam salad buah kamu, lo.

6. Tambahkan dalam Teh dan Minuman Lainnya

Seperti disebutkan di awal, selain untuk makanan asin, kapulaga juga bisa digunakan untuk minuman. Misalnya untuk teh susu, teh hijau, atau teh hitam. Kamu bisa masukkan yang berbentuk bubuk, atau kapulaga utuh ke dalam minuman. Selain teh, rempah ini juga cocok ditambahkan ke susu almond, thandai, atau minuman lain yang kamu suka.

Mau tahu manfaat lainnya dari kapulaga? Baca di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Kapulaga Jawa yang Masih Jarang Diketahui”.

Itulah pembahasan mengenai cara mengolah kapulaga untuk makanan dan minuman. Dapat diketahui bahwa rempah ini telah lama digunakan untuk berbagai hidangan Timur Tengah, dan cukup fleksibel untuk dikreasikan dalam makanan serta minuman.

Meski bermanfaat bagi kesehatan, jangan sampai mengonsumsi kapulaga secara berlebihan juga, ya. Bila kamu mengalami masalah kesehatan setelah mengonsumsi rempah ini, segera download dan gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
NDTV Food. Diakses pada 2021. 7 Interesting Ways To Bring Cardamom (Elaichi) In To Use.
The Spruce Eats. Diakses pada 2021. What Is Cardamom?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan