5 Rekomendasi Obat Eksim Kering yang Ampuh

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Juli 2024

"Eksim kering bisa kambuh jika pengidapnya mudah stres dan mengalami iritasi pada kulit. Beberapa obat yang ampuh adalah Dermacoid, Esperson Cream 0.25%, Clobetasol, Lexacorton, dan Erla Neo Hydrocort yang bisa kamu beli di Halodoc."

5 Rekomendasi Obat Eksim Kering yang Ampuh5 Rekomendasi Obat Eksim Kering yang Ampuh

DAFTAR ISI

Berbagai Pilihan Obat Eksim Kering


Halodoc, Jakarta – Eksim kering adalah salah satu penyakit kulit yang mudah kambuh dan bisa berlangsung untuk waktu yang lama. Apalagi jika pengidapnya cenderung sering stres, terpapar bahan kimia dari sabun, atau benda lainnya yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Seseorang yang memiliki kondisi ini dianjurkan rutin menggunakan losion untuk melembapkan kulit, atau mengganti sabun yang sesuai dengan kondisi kulit.

Selain itu, jangan lupa untuk sediakan obat-obatan. Tujuannya untuk mengurangi rasa gatal, ruam, serta kulit kering dan pecah-pecah yang biasa muncul ketika eksim kambuh. 

Berbagai Pilihan Obat Eksim Kering 

Tidak perlu bingung mencari obat eksim kering mana yang sebaiknya digunakan saat kambuh. Simak ulasan rekomendasinya di bawah ini: 

1. Dermacoid Cream 10 gr

Dermacoid Cream mengandung bahan aktif hydrocortisone 17-butyrate yang memberikan efek antiinflamasi, anti eksim,  antialergi, anti pruritik. Dengan menggunakan obat ini, masalah kulit seperti eksim, alergi, dermatitis kontak, serta neurodermatitis bisa teratasi. 

Tekstur obat ini adalah minyak dan air, jadi bisa digunakan di kulit yang berambut serta di daerah lipatan kulit. 

Untuk penggunaannya, oleskan Dermacoid Cream 2-4 kali sehari di kulit yang sakit. Bawalah resep dokter saat membelinya karena obat ini termasuk golongan obat keras. 

Rentang harga: Rp96.300 per tube.

Dapatkan Dermacoid Cream 10 gr di Toko Kesehatan Halodoc. 

Cari tahu lebih banyak tentang penyebab eksim serta cara mengatasinya di artikel ini: “Ini Penyebab Eksim, Gejala, dan Cara Tepat Mengatasinya”. 

2. Esperson Cream 0.25% 5 g

Pilihan obat eksim kering lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Esperson Cream 0.25% 5 g.

Obat ini mengandung Desoximethasone yang bermanfaat untuk mengatasi gejala radang akut yang berat, kelainan kulit alergis dan kronis, serta psoriasis. 

Kamu dapat langsung mengoleskan obat ini secara tipis pada area yang mengalami eksim. Agar lebih efektif, kamu bisa menggunakannya 1-2 kali sehari pada kulit yang bermasalah.

Obat ini dapat kamu beli tanpa resep dokter dengan batas maksimum pembelian 1 tube. Pembelian di atas batas memerlukan resep dari dokter.

Rentang harga: Rp85.500 per strip.

Dapatkan Esperson Cream 0.25% 5 g di Toko Kesehatan Halodoc

3. Clobetasol Cream 10 gr

Salah satu obat eksim kering lain yang bisa kamu gunakan adalah Clobetasol Cream 10 gr.

Obat ini bermanfaat untuk mengobati penyakit gangguan kulit yang responsif terhadap kortikosteroid, termasuk eksim, psoriasis, dan dermatosis. Selain itu, Clobetasol juga memiliki efek anti-inflamasi (anti-radang), antipruritik (anti-gatal) dan vasokontriktif. 

Kamu dapat mengoleskan obat eksim kering ini secara tipis pada area kulit yang sakit, radang, atau gatal. Lakukan sebanyak 2 kali sehari.

Karena termasuk obat keras, kamu perlu mendapatkan resep dokter sebelum membeli obat ini.

Rentang harga: Rp18.400 per tube.

Dapatkan Clobetasol Cream 10 gr di Toko Kesehatan Halodoc

4. Lexacorton 25 mg/g Cream 5 g

Kamu juga bisa menggunakan Lexacorton 25 mg/g Cream 5 g untuk pengobatan eksim.

Obat ini mengandung Hydrocortisone acetate yang bermanfaat untuk pengobatan eksim, radang, dermatitis, dan penyakit kulit lain akibat alergi yang responsif terhadap kortikosteroid. 

Kamu dapat langsung mengoleskan produk ini pada area kulit yang mengalami eksim. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari.

Kamu dapat membeli obat eksim kering ini tanpa resep maksimal 1 tube. Pembelian melebihi batas tersebut memerlukan resep dokter.

Rentang harga: Rp6.500 – Rp7.900 per tube

Dapatkan Lexacorton 25 mg/g Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc

5. Erla Neo Hydrocort Cream 5 g

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan Erla Neo Hydrocort Cream 5 g. Obat ini mengandung Neomycin Sulfate dan Hydrocortisone Acetate dalam bentuk salep yang bermanfaat untuk mengobati alergi, eksim, dan infeksi jamur.

Kamu cukup mengoleskan salep ini langsung pada bagian yang sakit atau terinfeksi. Lakukan pemakaian sebanyak 3 – 4 kali sehari.

Jangan gunakan obat ini pada area mata atau dekat area mata, karena hanya untuk pemakaian luar. Selain itu, kamu juga perlu mendapatkan resep dokter untuk membeli obat ini.

Rentang harga: Rp6.700 – Rp13.100 per tube.

Dapatkan Erla Neo Hydrocort Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc,

Itulah beberapa obat eksim kering yang ampuh dan mudah dicari di apotek. Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa mencari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Atopic dermatitis (eczema). 
Web MD. Diakses pada 2024. How to Live Better With Eczema. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan