5 Pilihan Obat Semprot Hidung Khusus Dewasa untuk Meredakan Pilek

7 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   27 Maret 2024

“Pilek yang menjadi pertanda flu dapat diatasi dengan menggunakan obat semprot hidung. Kamu bisa mendapatkan Betadine Cold Defence, Bigroot Nose Hygiene, Enovid Daily Nose, Physiomer Hypertonic, dan Sterimar Allergic Nose dari Toko Kesehatan Halodoc”

5 Pilihan Obat Semprot Hidung Khusus Dewasa untuk Meredakan Pilek5 Pilihan Obat Semprot Hidung Khusus Dewasa untuk Meredakan Pilek

Halodoc, Jakarta –  Pilek adalah kondisi ketika hidung mengeluarkan lendir ingus berlebihan.

Sebenarnya, lendir yang dibuat oleh kelenjar dalam hidung serta sinus ini bertujuan untuk membantu menjaga saluran napas agar tetap lembap. Selain itu, lendir ini juga membantu mencegah masuknya kuman dan kotoran sehingga tidak memasuki paru-paru. 

Namun, lendir berlebihan yang muncul saat pilek dapat menyebabkan hidung tersumbat. Tentunya, kondisi ini sangat tidak nyaman dan dapat mengganggu produktivitas. 

Guna mengatasi kondisi ini, kamu bisa menggunakan sejumlah obat semprot hidung yang direkomendasikan pada artikel berikut ini!

Pilihan Obat Semprot Hidung untuk Pilek Khusus Dewasa

Pilek muncul ketika lapisan yang ada pada bagian dalam hidung dan sinus meradang. Penyebabnya sangat beragam, mulai dari alergi, infeksi, hingga efek samping obat. 

Kamu juga bisa membaca artikel 6 Hal yang Membuat Tubuh Rentan Terserang Pilek untuk mengetahui faktor lainnya. 

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat adalah menggunakan obat semprot hidung.

Obat ini biasanya mengandung senyawa phenylephrine, naphazoline, xylometazoline, dan oxymetazoline. Umumnya, kamu bisa dengan mudah membeli obat semprot hidung di apotek karena masuk dalam golongan obat bebas atau Over the Counter (OTC). 

Dengan pemakaiannya yang langsung pada area hidung, obat semprot hidung dapat membantu membuat hidung tersumbat akibat pilek menjadi cepat lega. Sebab, obat ini bekerja dengan membuat pembuluh darah yang mengalami pembengkakan menyempit.

Berikut beberapa rekomendasi obat semprot hidung untuk mengatasi pilek:

1. Betadine Cold Defence Nasal Spray 20 ml

Betadine Cold Defence Nasal Spray 20 ml

Betadine Cold Defence Nasal Spray merupakan semprotan rongga hidung dengan kandungan alami Carragelose (Iota Carrageenan) untuk dewasa dan anak usia 1 tahun ke atas. Produk ini dapat membantu mengurangi durasi dan keparahan gejala pilek dan flu yang bekerja pada area rongga hidung.

Cara menggunakan obat semprot hidung ini juga tidak jauh berbeda dengan obat pembersih hidung lainnya. Kamu bisa menggunakannya hingga 3 atau 4 kali dalam sehari sebanyak satu kali semprot untuk setiap lubang hidung. 

Rentang harga: Rp170.000 per botol

Dapatkan Betadine Cold Defence Nasal Spray 20 ml di Toko Kesehatan Halodoc

2. Bigroot Nose Hygiene Stuff Relief 50 ml

Bigroot Nose Hygiene Stuff Relief 50 ml

Bigroot Nose Hygiene Stuff Relief merupakan pencuci hidung bersertifikasi halal yang terbuat dari Saline Water dengan tambahan I- Carrageenan (Antiviral Protection) yang dapat mengurangi penyebaran dan menghambat virus flu dan pilek. 

Obat ini berfungsi untuk menciptakan lapisan pelindung rongga hidung, membantu meningkatkan fungsi pernapasan, dan menjaga kebersihan hidung dari penyebab hidung tersumbat serta menjaga pola tidur yang sehat.

Tidak hanya itu, obat ini juga memiliki nozzle spray yang menyemprotkan larutan dalam butiran yang sangat halus dengan tekanan yang sesuai sehingga aman dan nyaman untuk mencuci hidung. Tak ketinggalan, obat ini juga tidak mengandung bahan preservative, steroid ataupun bahan-bahan berbahaya lainnya.

Rentang harga: Rp131.500 per unit.

Dapatkan Bigroot Nose Hygiene Stuff Relief 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc

3. Enovid Daily Nose Sanitizer

Enovid Daily Nose Sanitizer

Selanjutnya, Enovid Nose Sanitizer merupakan obat semprot hidung yang dapat membentuk barrier untuk menghambat aktivitas sekaligus mematikan virus pada rongga hidung. Oleh sebab itu, obat ini secara efektif dapat mencegah penyebaran virus pada saluran napas.

Obat ini memiliki kandungan natrium klorida, benzalkonium klorida, asam sitrat, HPMC, dan natrium Nitrat yang bekerja mematikan mikroba penyebab infeksi saluran pernapasan.

Sebelum menggunakan obat ini, pastikan kamu sudah membersihkan rongga hidung terlebih dahulu. Lalu, semprotkan obat sebanyak 2 kali untuk setiap rongga hidung dan tutup kembali dengan rapat.

Rentang harga: Rp699.000 per botol.

Dapatkan Enovid Daily Nose Sanitizer di Toko Kesehatan Halodoc

4. Physiomer Hypertonic Decongestant Adult 135 ml

Physiomer Hypertonic Decongestant Adult 135 ml

Kamu juga bisa menggunakan Physiomer Hypertonic Decongestant Adult. Dengan kandungan 100 persen seawater, obat semprot hidung ini secara efektif untuk membantu mengeluarkan ingus ketika flu dan gejala rhinitis.

Kamu bisa menggunakannya 2 sampai 3 kali dalam sehari, semprotkan selama 2 sampai 3 detik. Biasanya, cairan akan keluar dari lubang hidung satunya. Pastikan kamu membersihkan hidung dari ingus dan cairan yang keluar, serta membilas tip Respimer dengan menggunakan air hangat.

Rentang harga: Rp185.200 – Rp255.000.

Dapatkan Physiomer Hypertonic Decongestant Adult 135 ml di Toko Kesehatan Halodoc

5. Obat Semprot Hidung Sterimar Allergic Nose 50 ml

Sterimar Allergic Nose 50 ml

Sterimar Allergic Nose 50 ml merupakan obat semprot hidung yang efektif untuk membersihkan alergen yang bersentuhan dengan mukosa hidung. Selain itu, obat ini juga membantu melembabkan dan mengembalikan kelembapan alami mukosa hidung, serta mencegah perkembangan alergi. 

Kamu bisa menggunakan obat ini sebanyak 2 hingga 6 kali sehari atau bisa lebih apabila memang perlu. Setelah pemakaian, bersihkan nosel dengan air panas, usap hingga bersih dan keringkan. 

Rentang harga: Rp169.000 per botol

Dapatkan Sterimar Allergic Nose 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc

Itu tadi beberapa pilihan obat semprot hidung dewasa yang efektif dan aman untuk meredakan pilek dan hidung tersumbat

Sebenarnya, cuci hidung menjadi salah satu kebiasaan baik yang perlu kamu lakukan. Kamu bisa mengetahui manfaatnya dari artikel: “Biasakan Cuci Hidung untuk Mencegah Penularan Penyakit”.

Kamu bisa mendapatkan produk nasal care langsung melalui Toko Kesehatan Halodoc. Jika pilek yang kamu alami masih belum membaik, kamu bisa langsung melakukan pemeriksaan ke dokter. Klik gambar di bawah ini untuk berkonsultasi dengan dokter terpercaya di Halodoc.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah KV2-Chat-Dokter-5-1024x161.jpg

Vaksin Flu Bisa di Rumah Pakai Halodoc

Selain menggunakan obat semprot hidung, melakukan vaksinasi flu juga merupakan langkah penting untuk mencegah timbulnya penyakit yang lebih parah. Apabila gejala flu seperti pilek dan hidung tersumbat tidak segera diatasi, komplikasi berbahaya seperti bronkitis dan pneumonia dapat terjadi.

Dengan mendapatkan vaksin influenza, kamu dapat melindungi diri dari risiko komplikasi tersebut serta mengurangi gejala yang sudah ada. Maka dari itu, Vaksinasi Influenza menjadi suatu tindakan preventif yang penting untuk dilakukan.

Saat ini, kamu bisa mendapatkan vaksin flu dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Kamu bisa menggunakan layanan Halodoc Home Lab untuk melakukan Paket Vaksinasi Influenza + Pneumonia dari rumah. Layanan Halodoc Home Lab tersedia bagi kamu yang tinggal di wilayah Jadetabek, Bandung, dan Surabaya.

Dengan menghadirkan dokter khusus vaksinasi terpercaya ke lokasi manapun yang kamu tentukan, layanan Home Lab Halodoc memastikan pemberian vaksin influenza menjadi lebih mudah dan nyaman untuk kamu akses.

Berikut beberapa keunggulan melakukan imunisasi anak dan vaksin dewasa lewat layanan Home Lab & Vaksinasi di Halodoc:

✔ Vaksinasi diberikan 100% oleh Dokter Khusus Vaksinasi. 

✔ Protokol kesehatan ketat. 

✔ Setelah vaksin diberikan, petugas medis akan melakukan observasi kondisi kesehatanmu untuk memastikan tidak ada efek samping yang berbahaya.

✔ Partner resmi produsen vaksin internasional sehingga vaksin terjamin keasliannya dan sudah terdaftar BPOM. 

✔ Hemat waktu dan biaya. 

✔ Harga vaksin influenza mulai dari Rp440.000,-, sementara untuk paket vaksin influenza dan pneumonia adalah Rp1.334.000,-, kamu bahkan bisa melakukan family booking untuk mendapatkan ekstra diskon.

✔ Tanpa perlu antre menunggu.

✔ Tanpa biaya tambahan.

Kapan saja kamu atau keluarga hendak mendapatkan vaksin ini, cukup pesan langsung melalui aplikasi Halodoc.

Booking Paket Vaksinasi Influenza + Pneumonia Lebih Mudah di Rumah Lewat Halodoc.

Kamu bisa order vaksinasi melalui aplikasi atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan vaksinasi flu dengan praktis melalui layanan Home Lab Halodoc. Dengan dokter yang terpercaya dan layanan yang nyaman, lindungi diri dan keluargamu sekarang juga.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Runny Nose.
Health XChange. Diakses pada 2023. Nasal Sprays: How Effective Are They?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Nasal Sprays Work Best When You Use Them Correctly — Here’s How.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan