5 Pilihan Dokter yang Bisa Bantu Perawatan Chlamydia

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Februari 2024

“Chlamydia jarang menunjukan gejala tetapi tidak boleh kamu abaikan. Sebaiknya segera hubungi dokter di Halodoc apabila mengalami tanda-tanda chlamydia, seperti keluarnya cairan abnormal, nyeri pada organ genital dan sakit saat buang air kecil.”

5 Pilihan Dokter yang Bisa Bantu Perawatan Chlamydia5 Pilihan Dokter yang Bisa Bantu Perawatan Chlamydia

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Chlamydia merupakan salah satu penyakit menular seksual yang dapat ditularkan melalui hubungan seks tanpa kondom.

Meskipun rentan menyasar wanita muda, sebenarnya baik pria maupun wanita dari segala usia berisiko terkenanya. 

Mayoritas pengidap chlamydia yang tidak menunjukkan gejala, yakni  sekitar 40 hingga 96 persen.

Meskipun tanpa gejala, chlamydia dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika tidak diobati.

Rekomendasi Dokter untuk Bantu Perawatan Chlamydia

Gejala chlamydia pada wanita dan pria bisa bervariasi, tetapi rasa sakit atau nyeri saat buang air kecil adalah gejala umumnya.

Penyakit ini tidak selalu menimbulkan gejala pada 50 persen pria yang terinfeksi, sementara 50 persen lainnya mungkin mengalami gejala seperti nyeri pada testikel dan keluarnya cairan dari penis. Meskipun gejalanya sudah hilang, infeksi tetap bisa menular.

Pada wanita, sekitar 75 persen tidak mengalami gejala, sementara 25 persen mungkin mengalami gejala seperti pendarahan selama atau setelah berhubungan seks dan keluarnya cairan vagina yang tidak biasa. 

Beberapa juga mungkin mengalami menstruasi yang lebih berat dari biasanya, pendarahan di luar siklus menstruasi, dan nyeri di bagian bawah perut.

Selain menyerang organ intim, chlamydia juga bisa menginfeksi mata dan menyebabkan konjungtivitis jika cairan vagina atau sperma yang terinfeksi terkena mata. Gejalanya termasuk mata perih, bengkak, teriritasi, dan keluarnya cairan.

Infeksi juga bisa terjadi pada anus, menyebabkan pendarahan, keluarnya cairan, serta rasa sakit dan ketidaknyamanan. Infeksi di tenggorokan juga bisa terjadi namun biasanya tidak menimbulkan gejala. 

Jika kamu mengalami tanda-tanda di atas, segera hubungi dokter.

Nah, berikut ini beberapa dokter spesialis yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E

Pertama, kamu bisa menghubungi dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 2013 dan Universitas Hasanuddin pada 2022.

Dokter Dyah Ayu Nirmalasari berpraktik di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis kulit selama 10 tahun, dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait chlamydia dan penyakit kelamin lainnya. 

Chat dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Untuk menegakkan diagnosis, dokter umumnya merekomendasikan salah satu dari Jenis-Jenis Tes untuk Mendiagnosis Penyakit Seksual Menular berikut ini. 

2. dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E

Kamu juga bisa menghubungi dokter Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2011 dan Universitas Udayana pada 2017. 

Ia kini berpraktik di Denpasar, Bali dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Memiliki pengalaman selama 12 tahun, dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit kulit dan kelamin, termasuk chlamydia.

Chat dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Kemudian, kamu dapat menghubungi dr. Dina Febriani Sp.D.V.E. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta pada 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada 2023. 

Dokter Dina Febriani Sp.D.V.E saat ini berpraktik di Pekanbaru, Riau dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 14 tahun yang ia miliki, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit kulit dan kelamin, termasuk chlamydia.

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

4. dr. Marsell Phang Sp.OG

Dokter Marsell Phang Sp.OG juga bisa memberikan konsultasi terkait keputihan. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Ia saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Memiliki pengalaman selama 12 tahun, ia mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait masalah reproduksi akibat infeksi menular seksual, seperti chlamydia.

Selain itu, dr. Marsell Phang Sp.OG juga bisa memberikan saran terkait program hamil, keluarga berencana, kesehatan kandungan, dan kehamilan berisiko tinggi.

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Supaya chlamydia tidak kambuh kembali, Ini 6 Cara Simpel Mencegah Penyakit Menular Seksual yang perlu kamu tahu. 

5. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Rekomendasi selanjutnya adalah dr. Lucia Leonie Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha pada 2011 dan Universitas Hasanuddin pada 2017. 

Dokter Lucia Leonie Sp.OG saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun yang ia miliki, dr. Lucia Leonie Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait chlamydia maupun masalah reproduksi yang berhubungan dengan infeksi menular seksual.

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis yang bisa kamu hubungi untuk mengatasi chlamydia. Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2024. Chlamydia.
Medline Plus. Diakses pada 2024. Chlamydia.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2024. Chlamydia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan