10 Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Agustus 2023

“Petai cina menjadi salah satu petai yang banyak menjadi campuran jenis makan tertentu. Meskipun kecil, ada berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti mencegah diabetes hingga mencegah anemia.”

10 Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan Tubuh10 Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Petai (pete) cina atau lamtoro adalah salah satu jenis petai yang berasal dari tanaman perdu dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan). Tanaman ini kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. 

Dalam praktik kuliner, petai yang memiliki biji berukuran kecil ini tidak berbau seperti pete pada umumnya. Selain menjadi bahan makanan, manfaat petai cina belakangan ini menjadi populer untuk kesehatan. Bahkan, seluruh bagiannya menjadi obat herbal di berbagai negara.

Kandungan Nutrisi Petai Cina

Petai cina mengandung banyak penting, seperti serat, protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, daunnya mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B1, dan C.

Daun pete cina juga mengandung flavonoid dan saponin yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Meskipun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, tanaman ini juga mengandung mineral untuk kesehatan tubuh. Mulai dari kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor. 

Selain daun dan buahnya, simak ulasan mengenai manfaat kulit pete melalui artikel ini 3 Manfaat Kulit Petai untuk Kesehatan

Manfaat Petai Cina untuk Kesehatan

Karena punya kandungan nutrisi yang melimpah, manfaat petai cina untuk kesehatan tubuh pun cukup banyak. Berikut ini beberapa manfaat petai cina:

1. Membantu pengobatan diabetes melitus

Hiperglikemia yang terjadi akibat gangguan insulin dalam tubuh mencirikan diabetes sebagai gangguan metabolisme. Kondisi ini dapat terjadi karena berbagai penyebab, termasuk pola makan dan genetik. 

Kamu bisa menggunakan petai cina sebagai alternatif obat untuk membantu mengatasi penyakit diabetes melitus. Sebab, banyak orang percaya bahwa ekstrak bijinya bisa mengobati penyakit ini.

Ekstrak biji pete cina memiliki toleransi terhadap glukosa darah. Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut terkait khasiatnya dalam mengobati penyakit ini.

2. Membantu pengobatan penyakit kanker

Ekstrak bijinya juga dapat melawan radikal bebas dan menurunkan kemungkinan terkena kanker. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai minuman atau langsung memakannya.

Tanin merupakan salah satu kandungan yang ada pada makanan ini. Salah satu keunggulan bahan kimia polifenol yang berasal dari tumbuhan ini, juga dapat menghilangkan racun dan sel kanker dalam tubuh akibat radikal bebas. 

Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait khasiat petai cina dengan penyakit kanker.

3. Petai cina dapat menjaga kesehatan mata

Terlalu sering bekerja di depan gadget tentu akan memengaruhi kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam tumbuhan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Kamu bisa menjadikan petai cina sebagai variasi menu di rumah selain wortel untuk menjaga kesehatan mata karena terlalu banyak di depan gadget.

4. Mengatasi infeksi di saluran pencernaan

Daun petai cina merupakan bagian yang mengandung manfaat terbesar. Kandungan alkaloid, flavonoid, dan tanin yang terdapat pada daun ini memiliki sifat antibakteri. Daun ini bisa mengobati infeksi Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Bakteri-bakteri inilah yang sering menyebabkan infeksi gastrointestinal yang menyebabkan penyakit diare, mual, dan ketidaknyamanan perut. Alkaloid, flavonoid, dan tanin juga dapat menghentikan pertumbuhan kedua bakteri ini, mencegahnya tetap berada di saluran pencernaan untuk waktu yang lama.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Bagian daun petai cina juga sering menjadi bahan alami dalam pengobatan tradisional untuk meredakan pembengkakan, iritasi, dan luka terbuka. Karena daun ini mengandung zat kimia saponin yang mempercepat proses penyembuhan luka terbuka. 

Saponin adalah zat yang merangsang produksi kolagen, protein yang sangat penting untuk membersihkan dan menyembuhkan luka.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Daun dari petai cina juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan enzim pada daunnya meningkatkan produksi kolagen yang sehat pada kulit sehingga mencegah kulit menjadi kering dan kusam.

Cari tahu juga cara tepat menjaga kesehatan kulit melalui artikel 5 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Kulit

7. Petai cina mampu mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam petai cina cukup baik. Dengan begitu, mengonsumsi makanan ini bisa membantu mengoptimalkan jumlah zat besi dalam tubuh.

Ketika jumlah zat besi dalam tubuh tercukupi, hal ini akan membantu proses produksi sel darah merah dalam tubuh menjadi lebih optimal. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kondisi anemia.

Selain dengan makanan ini, kamu juga bisa mengatasi anemia dengan produk kesehatan berkualitas di Halodoc. Tak perlu khawatir, produk yang ada di sini terjamin keasliannya. Yuk, cek sekarang!

8. Mengoptimalkan fungsi otak

Kandungan potasium dalam petai cina dapat membantu mengoptimalkan fungsi otak. Hal ini membuatmu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada otak. Contohnya, seperti penurunan kemampuan mengingat hingga fokus yang menjadi kurang optimal.

9. Mengatasi sembelit

Petai cina memiliki kandungan serat di dalamnya. Nah, salah satu fungsi serat serat adalah untuk mencegah serta mengatasi sembelit yang terjadi.

Serat akan mengoptimalkan penyerapan air pada feses yang membuat feses menjadi lebih lembut. Dengan begitu, feses menjadi lebih mudah keluar. 

10. Meningkatkan kesehatan tulang

Makanan ini mengandung kalsium, fosfor, dan zat besi yang baik untuk mengoptimalkan kesehatan tulang. Ketika kesehatan tulang menjadi lebih baik, maka kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, seperti osteoporosis.

Itulah berbagai manfaat petai cina bagi kesehatan tubuh. Karena menyehatkan, penting untuk memasukkan makanan ini dalam menu makan harian kamu dan orang tua kamu di rumah. Kombinasikan juga dengan variasi makanan bergizi lainnya.

Referensi:
Ingenta Connect. Diakses pada 2023. Antibacterial Activity of Leucaena leucocephala Extracts on Growth of Escherichia coli.
Peakd. Diakses pada 2023. The Benefits of China Petai.
Health Benefits. Diakses pada 2023. Health benefits of Petai.
Agriculture and Food Security. Diakses pada 2023. Bioactive Compounds, Food Applications and Health Benefits of Parkia speciosa (Stinky Beans): a Review.
Hindawi. Diakses pada 2023. Parkia speciosa Hassk.: A Potential Phytomedicine.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan