5 Manfaat Meletakkan Bunga Lavender di Kamar Tidur

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Agustus 2024

“Bunga lavender merupakan salah satu tanaman herbal yang paling dicari untuk mengatasi masalah tidur, meredakan kecemasan, dan mengatasi sakit kepala. Kamu bisa merasakan manfaat tersebut, salah satunya dengan meletakkan bunga lavender di kamar tidur."

5 Manfaat Meletakkan Bunga Lavender di Kamar Tidur5 Manfaat Meletakkan Bunga Lavender di Kamar Tidur

Halodoc, Jakarta – Lavender atau lavandula officinalis merupakan bunga berwarna ungu yang memiliki aroma khas dan menenangkan. Minyak dari bunga lavender dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga tanaman herbal ini pun kian banyak peminatnya. 

Nah, salah satu manfaat dari bunga lavender yang terkenal yakni, bisa bantu meningkatkan kualitas tidur. Karena alasan ini, bunga lavender segar atau produk bunga lavender banyak digunakan untuk memberikan efek relaksasi terutama di ruang tidur. 

Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai manfaat meletakkan bunga lavender di kamar tidur, pada artikel berikut ini!

Manfaat Meletakkan Bunga Lavender di Kamar Tidur

Meski sudah membaringkan tubuh di tempat tidur, nyatanya tidak semua orang bisa tidur dengan mudah. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari gangguan tidur, kecemasan, hingga kondisi tubuh yang tidak rileks. 

Penelitian menunjukkan bahwa, aroma lavender terbukti ampuh meningkatkan kualitas tidur seseorang. Tak hanya itu, ada beragam manfaat lain jika kamu meletakkan bunga lavender di kamar tidur, diantaranya: 

1. Membuat tidur jadi lebih nyenyak

Menurut studi dalam Nature, aroma bunga lavender dapat meningkatkan gelombang delta pada tidur gelombang lambat. Ini merupakan suatu tahapan, ketika kamu tidur paling dalam dan nyenyak.

Selain itu, aroma tersebut juga mengurangi gelombang alfa dalam tidur tahap bangun, yang kemudian mampu mengurangi rasa gelisah saat tidur. 

Selain meletakkan bunga lavender atau menggunakan aromaterapi, kamu bisa juga menggunakan obat tidur berdasarkan resep dokter. Beberapa rekomendasi obatnya bisa kamu cari tahu pada artikel berikut ini: 

Setelah mendapatkan resep dari dokter, kamu bisa membeli obat-obatan tersebut dengan mudah melalui Toko Kesehatan Halodoc

2. Mengatasi kecemasan dan stres

Sebuah studi pada PubMed meneliti lavender untuk efek ansiolitik atau penghilang kecemasan. Studi tersebut menunjukkan bahwa, minum suplemen lavender atau menghirup aroma lavender efektif  meredakan kecemasan, stres, dan depresi. 

Sementara itu, aroma dari minyak lavender juga terbukti dapat mengurangi gejala stres baik fisik maupun emosional, menurunkan tekanan darah dan detak jantung, serta meningkatkan perasaan rileks dan tenang.  

3. Bunga lavender mengurangi gejala menopause

Meletakkan bunga lavender di kamar tidur juga bermanfaat untuk mengurangi gejala menopause. Menopause merupakan masa akhir dari siklus menstruasi perempuan, yang biasanya ditandai dengan hot flashes, nyeri sendi, kesulitan tidur di malam hari, hingga perubahan tekstur kulit akibat menurunnya kolagen.

Beberapa studi menunjukkan bahwa, aroma bunga lavender bisa meredakan gejala hot flashes, menurunkan kecemasan, serta mengatasi masalah sulit tidur.  

4. Menjaga tekanan darah normal

Aroma bunga lavender yang menenangkan rupanya juga berdampak positif pada sistem saraf. Di mana dengan menghirup aroma lavender, maka tekanan darah bisa menurun dan detak jantung kembali normal. 

Selain itu, menurut PubMed, manfaat tersebut juga bisa dirasakan secara efektif khususnya pada wanita paruh baya yang mengidap insomnia. 

5. Bunga lavender mengatasi sakit kepala

Manfaat meletakkan bunga lavender pada kamar tidur berikutnya yaitu, bisa bantu meredakan sakit kepala dan migrain. 

Kamu bisa coba menghirup aroma bunga atau minyak lavender selama kurang lebih 15 menit, untuk mengurangi rasa nyeri di kepala. Namun memang, studi terkait ini masih terbatas dan dibutuhkan studi lanjutan untuk menguji efektivitasnya. 

Itulah beberapa manfaat meletakkan bunga lavender pada kamar tidur. Selain itu, manfaat lain dari bunga ini bisa kamu baca pada artikel berikut ini: 9 Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.

Namun seperti diketahui, penggunaan tanaman herbal mungkin hanya bisa meredakan gejala dalam skala ringan hingga sedang. 

Jika kamu atau anggota keluarga lainnya mengalami kondisi yang lebih serius atau berat, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat. 

Selain itu, kamu bisa juga melakukan konsultasi ke dokter melalui aplikasi Halodoc, untuk mendapatkan diagnosa dan resep obat sesuai dengan kondisi kesehatanmu. 

Referensi:
The Sleep Doctor. Diakses pada 2024. Does Lavender Help You Sleep?
PubMed. Diakses pada 2024. Effects of lavender aroma on sleep quality in healthy Japanese students
PubMed. Diakses pada 2024. The effects of lavender oil inhalation on emotional states, autonomic nervous system, and brain electrical activity
Nature. Diakses pada 2024. A pilot study on essential oil aroma stimulation for enhancing slow-wave EEG in the sleeping brain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan