5 Manfaat Daun Sambung Nyawa bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Agustus 2022

“Daun sambung nyawa dipercaya sebagai tanaman herbal yang bisa mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Seperti misalnya, merawat luka bakar dan mencegah kejang pada anak.”

5 Manfaat Daun Sambung Nyawa bagi Kesehatan5 Manfaat Daun Sambung Nyawa bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Nama tanaman herbal daun sambung nyawa mungkin terasa asing di dengar. Namun meskipun begitu, tanaman ini banyak ditemukan di beberapa negara Asia, seperti Indonesia, Malaysia, China, Vietnam, hingga Thailand. Tanaman herbal ini juga dikenal sebagai daun dewa dan memiliki nama latin Gynura procumbens.

Berbagai kandungan dalam daun sambung nyawa dipercaya dapat membantu untuk mengatasi beberapa keluhan kesehatan yang dirasakan. Untuk itu, tidak ada salahnya mengenali beberapa manfaat dari daun sambung nyawa agar kamu dapat menggunakan tanaman herbal ini secara tepat. Dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaatnya dengan optimal.

Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan Tubuh

Daun sambung nyawa merupakan tanaman herbal yang tumbuh merambat, berbentuk oval, serta memiliki bulu halus diatas dan dibawah daun. Di beberapa negara, daun sambung nyawa dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Hal ini karena berbagai kandungan bioaktif yang ada di dalam daun sambung nyawa, seperti flavonoid, alkaloid, hypoglikemin, minyak atsiri, fenolik, saponin, terpenoid, dan glikosida. Senyawa tersebut dipercaya memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu kamu mengatasi berbagai penyakit akibat infeksi bakteri.

Selain itu, daun sambung nyawa juga memiliki kandungan antioksidan yang membantu kamu mencegah paparan radikal bebas dalam tubuh. Oleh karenanya, kondisi kesehatan tubuh menjadi lebih optimal. 

Karena berbagai kandungan baik terdapat dalam tanaman herbal ini, tidak ada salahnya ketahui berbagai manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan tubuh, seperti:

  1. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Daun sambung nyawa memiliki kandungan hypoglikemin yang dapat membantu kamu mengontrol kadar gula darah. Caranya, kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun sambung nyawa secara rutin agar gula darah tetap stabil.

  1. Membantu Pengobatan Penyakit Kanker

Selain menjalankan pengobatan secara medis, kamu bisa mencoba untuk melakukan perawatan kanker dengan menggunakan daun sambung nyawa. Ada beberapa jenis kanker yang bisa dirawat dengan menggunakan daun sambung nyawa, seperti kanker darah dan kanker payudara.

  1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Daun sambung nyawa juga dipercaya bisa mengatasi tekanan darah tinggi. Jika tidak diatasi dengan baik, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada kesehatan yang lebih buruk. Kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun sambung nyawa untuk mengontrol tekanan darah secara rutin.

  1. Membantu Merawat Luka

Daun sambung nyawa bisa kamu gunakan untuk mengatasi luka akibat luka bakar. Caranya, kamu bisa haluskan daun sambung nyawa terlebih dahulu, kemudian letakkan daun yang telah dihaluskan pada bagian luka bakar. Lakukan proses ini secara rutin hingga luka bakar membaik. 

Namun, pengobatan tradisional ini hanya bisa dilakukan untuk luka bakar yang ringan. Segera lakukan pengobatan secara medis jika kamu mengalami luka bakar yang parah.

  1. Mencegah Kejang pada Anak

Demam yang tidak diatasi dengan baik pada anak-anak dapat meningkatkan risiko kejang. Tentunya hal ini berbahaya bagi kesehatan anak. Ibu bisa coba mencoba memberikan anak rebusan air daun sambung nyawa saat anak demam untuk menurunkan panas dan mencegah kejang pada anak.

Itulah beberapa manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan. Namun, pastikan kamu bertanya langsung pada dokter mengenai penggunaan tanaman herbal ini untuk kesehatan. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan, sebaiknya kunjungi rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Kamu bisa buat janji pemeriksaan melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Frontiers in Pharmacology. Diakses pada 2022. Gynura procumbens: An Overview of the Biological Activities.
Indonesian Journal of Chemical Science and Technology. Diakses pada 2022. The Effect of Sambung Nyawa Leaf Extract (Gynura Procumbens) on Albumin and Globulin of Rats (Rattus Novergicus) Serum Induced by E. Coli Bacteria.
Dr. Health Benefits. Diakses pada 2022. 18 Health Benefits of Gynura Leaves #Longevity Spinach.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan