5 Manfaat dan Khasiat Tape Singkong untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Oktober 2022

“Tidak hanya enak, mengonsumsi tape singkong juga bisa memberi banyak manfaat kesehatan. Namun, makanan fermentasi ini juga bisa menimbulkan efek samping, sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.”

5 Manfaat dan Khasiat Tape Singkong untuk Kesehatan5 Manfaat dan Khasiat Tape Singkong untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Tape singkong merupakan makanan ringan khas Indonesia yang cukup populer. Makanan ini terbuat dari singkong dan ketan yang difermentasi. 

Tidak heran bila tape singkong menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Pasalnya, makanan yang satu ini punya rasa manis yang unik dan khas, yang tidak bisa kamu temukan pada makanan lain, serta teksturnya yang juga lembut. 

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, tape singkong juga sering diolah menjadi minuman segar dengan mencampurkan tape dengan sirup dan es. Tidak hanya enak, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi tape singkong, lho. Simak penjelasannya di sini.

Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan

Singkong sendiri merupakan umbi-umbian yang memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh. Makanan sehat tersebut kaya akan vitamin C, vitamin penting yang bertindak sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mendukung produksi kolagen, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah kerusakan sel. 

Selain itu, singkong juga kaya akan tembaga yang merupakan mineral penting untuk produksi energi, metabolisme zat besi, dan masih banyak lagi. Nah, ketika diolah melalui proses fermentasi, hal itu juga bisa menambah manfaat singkong. Berikut manfaat tape singkong untuk kesehatan:

1. Menghangatkan tubuh

Manfaat tape singkong sangat baik untuk menghangatkan tubuh. Saat cuaca sedang dingin, makanan ringan tersebut menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Hal itu karena kandungan alkohol yang rendah dalam tape singkong bisa menghangatkan tubuh. 

Selain itu, makanan ini juga baik dikonsumsi ketika kamu sedang demam ringan dan merasa lemah. Hal itu karena tape singkong bisa menghangatkan darah dan merangsang kulit untuk menjadi lebih hangat.

2. Memberikan energi

Manfaat tape singkong lainnya adalah bisa menjadi makanan untuk menambah energi. Tape merupakan makanan yang terbuat dari singkong dan ketan, sehingga mengandung karbo yang tinggi. Mengonsumsi tape singkong sama seperti kamu makan nasi atau sumber karbohidrat lainnya. Karbohidrat akan menjadi sumber energi bagi tubuh dan membantu memecah protein untuk memberi makan sel. Hasilnya, tubuh akan menjadi lebih bugar dan kuat sepanjang hari.

3. Meningkatkan fungsi seksual

Di beberapa daerah di Indonesia, tape singkong juga dikonsumsi sebagai makanan super untuk meningkatkan fungsi gairah seksual. Bagi pasangan suami istri yang memiliki masalah dengan fungsi seksual, makanan olahan singkong ini mungkin bisa bekerja jauh lebih efektif dari obat kimia. Tape singkong kaya akan karbohidrat dan protein yang merupakan sumber energi untuk merangsang fungsi seksual secara perlahan tapi pasti.

4. Mengobati jerawat

Siapa sangka tape singkong bisa menjadi makanan yang efektif untuk menyembuhkan jerawat. Camilan satu ini bisa membantu tubuh untuk menetralisir racun yang menumpuk di pori-pori. Pori-pori yang tersumbat oleh racun dan kotoran akan menyebabkan jerawat. Jadi, bila ingin mendapatkan manfaat tape singkong yang satu ini, cobalah untuk ganti camilan gorengan kamu dengan tape.

5. Sumber probiotik

Manfaat tape singkong lainnya yang juga tidak kalah penting adalah sebagai sumber probiotik. Proses fermentasi yang melibatkan berbagai mikroorganisme ternyata merupakan proses yang sangat baik untuk menghasilkan sari probiotik. 

Kandungan air di dalam singkong dan ketan bisa menjadi saripati yang kuat untuk mengalahkan bakteri dan virus yang ada di dalam sistem pencernaan. Selain itu, tapai sangat ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Meski banyak manfaat, kamu dianjurkan untuk membatasi konsumsi tape singkong tidak lebih dari 50 gram dalam sehari. Pasalnya, makanan fermentasi tersebut bisa menimbulkan efek samping bila dikonsumsi terlalu banyak, seperti:

  • Sakit perut karena kandungan alkohol dalam tape.
  • Berisiko terinfeksi bakteri atau virus bila proses fermentasi tidak bersih.
  • Meningkatkan risiko masalah darah, seperti keracunan hingga stroke.

Jadi, konsumsi tape singkong secukupnya saja ya untuk mendapatkan manfaatnya. Bila kamu sakit atau memiliki keluhan kesehatan tertentu, jangan dibiarkan saja. 

Segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Periksa kesehatan sekarang lebih mudah dengan buat janji di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Dr Health Benefits. Diakses pada 2022. 10 Top Health Benefits of Tapai (No.3 is Amazing).
1News. Diakses pada 2022. Benefits of Cassava Tape and Side Effects If Consuming Excessively.
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Cassava? Health Benefits and How to Prepare It

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan