5 Hal yang Perlu Diperhatikan setelah Melakukan Vasektomi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 September 2022

“Setelah melakukan prosedur vasektomi, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Misalnya, melakukan perawatan diri, istirahat yang cukup, dan hindari hal yang bisa memicu infeksi.”

5 Hal yang Perlu Diperhatikan setelah Melakukan Vasektomi5 Hal yang Perlu Diperhatikan setelah Melakukan Vasektomi

Halodoc, Jakarta – Vasektomi adalah salah satu metode pengendalian kelahiran yang memotong pasokan sperma ke air mani. Prosedur ini dilakukan dengan memotong atau menyegel tabung yang membawa sperma. Vasektomi memiliki risiko masalah yang rendah dan biasanya dapat dilakukan secara rawat jalan dengan anestesi lokal

Sebelum menjalani vasektomi, kamu harus yakin bahwa tidak ingin menjadi ayah di masa depan, atau tidak ingin memiliki anak lagi. Setelah melakukan vasektomi, diperlukan beberapa waktu agar kamu bisa kembali beraktivitas normal lagi. Waktu pemulihan penuh adalah sekitar delapan sampai sembilan hari. Namun, hal tersebut bervariasi tergantung pada kemampuan tubuh seseorang.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan setelah menjalani vasektomi?

Setelah Melakukan Prosedur Vasektomi

Biasanya dokter akan melakukan anestesi lokal di area skrotum sebelum operasi. Tepat setelah prosedur selesai, kamu tidak akan merasa sakit saat efek anestesi masih bekerja. 

Setelah melakukan prosedur vasektomi, ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Perawatan Diri

Ada hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan setelah melakukan prosedur vasektomi. Aturan tersebut dibuat untuk mengendalikan rasa sakit dan ketidaknyamanan:

  • Kenakan pakaian dalam yang ketat untuk mengamankan area genital dan menghindari cedera atau jahitan yang terlepas.
  • Kompres dingin skrotum selama 20 menit beberapa kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak.
  • Segera kunjungi dokter jika kamu melihat banyak nanah, kemerahan, pendarahan, atau pembengkakan yang memburuk selama beberapa hari pertama. 
  • Minum obat pereda nyeri.
  • Jangan langsung mandi. Tunggu sekitar satu hari atau lebih untuk mandi.
  • Hindari mengangkat benda yang beratnya lebih dari 5 kilogram, berolahraga berat, atau berhubungan intim untuk menghindari kerusakan pada area yang dioperasi.

2. Istirahat yang Cukup

Seperti halnya pemulihan, istirahat yang cukup sangat penting setelah prosedur vasektomi. Cobalah berbaring dengan kaki terangkat. Cara ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat penyembuhan. Semakin sedikit stres juga semakin baik untuk proses pemulihan.

3. Hindari Infeksi

Menjaga area genital sebersih dan sekering mungkin adalah salah satu langkah penting untuk masa pemulihan. Meskipun sayatannya kecil, tapi tetap berisiko terinfeksi jika tidak dirawat dengan benar. Perlu diketahui, aktivitas fisik maupun aktivitas berat lainnya dapat menyebabkan iritasi dan keringat berlebih. Terutama selama minggu pertama.

Selain Itu, hindari mandi setidaknya 24 jam setelah operasi. Dokter biasanya merekomendasikan untuk mandi setidaknya 48 jam setelah operasi. Namun, dengan catatan untuk tetap memperhatikan kebersihan dan pengeringan alat kelammin dengan lembut. Jangan lupa juga untuk selalu mengganti pakaian dalam bersih setidaknya sekali sehari. Hal tersebut akan membantu mencegah risiko infeksi.

4. Lakukan Hubungan Seks

Berhubungan seks adalah bagian dari pemulihan vasektomi. Hanya saja disarankan menunggu setidaknya seminggu sebelum mulai berhubungan seks. Namunl ketika kamu sudah siap, ada beberapa hal yang harus diketahui:

  • Sperma dan air mani masih ada. Sperma dan air mani terakhir mungkin masih tersimpan dan perlu dikeluarkan. Untuk itu, kamu dan pasangan masih perlu menggunakan beberapa bentuk kontrasepsi.
  • Mungkin ada darah di air mani. Jangan panik, hal ini normal selama beberapa ejakulasi pertama setelah vasektomi.

Untuk melakukan hubungan seks tanpa kondom, dokter spesialis urologi harus memastikan terlebih dulu bahwa jumlah sperma di dalam testis sudah tidak ada. Artinya masih perlu mengunjungi dokter dalam proses pemulihan untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

5. Tunggu Hasil Tes

Sekitar dua bulan setelah vasektomi, air mani kamu perlu diuji oleh ahli urologi. Hasil tes pertama mungkin akan menunjukkan tidak ada sperma. Meskipun begitu, tes kedua tetap diperlukan. 

Setelah jumlah sperma terkonfirmasi nol oleh dokter spesialis urologi, kamu dapat melanjutkan aktivitas seksual tanpa kondom secara teratur. Sebab pada titik ini, proses pemulihanmu telah selesai. 

Itulah yang perlu diperhatikan setelah melakukan prosedur vasektomi. Jika kamu berencana melakukan vasektomi atau metode pengendalian kehamilan lainnya, tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How Long Does It Take to Recover from a Vasectomy?
Urology Specialist. Diakses pada 2022. 5 Vasectomy Recovery Tips
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Vasectomy
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Vasectomy

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan