5 Daftar Superfood yang Baik bagi Kecantikan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Oktober 2022

“Mengonsumsi makanan sehat bisa menjaga kecantikan kulit dari dalam, dengan memberi nutrisi yang diperlukan kulit agar tetap sehat dan kuat. Ada beberapa pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi secara rutin, karena bisa membuat kulit tetap sehat, bercahaya, dan kencang.”

5 Daftar Superfood yang Baik bagi Kecantikan Kulit5 Daftar Superfood yang Baik bagi Kecantikan Kulit

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang biasanya lebih fokus menjaga kecantikan kulit mereka dari luar, seperti menggunakan produk perawatan kulit berkualitas, melakukan facial, dan lain sebagainya. Hal itu tidak salah, tapi tahukah kamu bahwa apa yang kamu makan juga bisa memengaruhi kesehatan dan kecantikan kulitmu?

Selain dari luar, kamu juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit  dari dalam. Caranya dengan mengonsumsi berbagai macam makanan yang menyehatkan kulit. Makanan sehat bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan kulit untuk memperbaiki kerusakan, meregenerasi sel-sel kulit, dan menangkal berbagai serangan dari lingkungan. Yuk, simak daftar superfood yang baik untuk kecantikan kulit di sini.

Daftar Superfood untuk Kecantikan Kulit

Pola makan yang berfokus pada protein tanpa lemak berkualitas tinggi, minyak sehat, buah-buahan, sayuran mentah, dan rempah-rempah adalah yang terbaik untuk mendukung kecantikan kulit.

Jenis makanan tersebut biasanya mengandung asam amino berkualitas tinggi yang merupakan bahan pembangun untuk kulit yang kencang. Ditambah lagi dengan bahan antiinflamasi dan kaya akan antioksidan, yang mampu meningkatkan metabolisme kulit yang optimal dan pertahanan terhadap tekanan dari lingkungan. 

Nah, berikut ada beberapa superfood untuk kulit wajah yang cantik, sehat dan bercahaya:

1. Ikan berlemak

Kulit sangat membutuhkan asam lemak omega-3 dan kandungan tersebut paling banyak ditemukan pada ikan berlemak, seperti salmon, sarden, herring dan makarel. Kulit yang kering, terutama saat cuaca dingin, bisa diatasi dengan meningkatkan asupan omega-3.

Tidak hanya itu saja, ikan berlemak juga merupakan superfood untuk kulit yang mulus. Minyak ikan alami dikenal bermanfaat untuk mengurangi peradangan, membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit yang rentan jerawat.

Selain itu, ikan berlemak juga adalah sumber yang kaya vitamin E. Ini adalah vitamin kesehatan kulit yang luar biasa, yang mengurangi peradangan dan membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Jahe

Minum minuman yang terbuat dari jahe secara rutin juga bisa mempercantik kulit wajah, lho. Hal itu karena rempah-rempah tersebut sudah terkenal akan sifat antioksidan dan antiinflamasinya. Belum lagi penelitian menunjukkan bahwa jahe bisa memberikan efek menenangkan pada kulit. Jadi, jangan heran bila kamu menemukan bahan alami tersebut pada produk atau perawatan kulit wajah.

3. Alpukat

Bisa dijadikan camilan sehat atau diolah menjadi salad yang mengenyangkan, alpukat adalah superfood  untuk kulit bercahaya. Hal itu karena buah-buah tersebut padat dengan lemak sehat dan vitamin E.

Lemak sehat dalam alpukat bisa membantu memastikan kulitmu tidak hanya bercahaya, tetapi juga lembab dari dalam, membantu kulit kenyal dan tidak mudah keriput.

Buah berwarna hijau tersebut juga sudah terbukti bisa membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari pada kulit, yang merupakan penyebab utama garis dan kerutan.

4. Tomat

Superfood lainnya untuk kulit adalah tomat. Hal itu berkat kandungan vitamin C dan beta karotennya yang tinggi. Selain itu, buah segar tersebut juga mengandung karotenoid utama lain yang disebut likopen. Likopen sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan juga membantu mencegah pembentukan kerutan.

Agar kulit kamu senantiasa sehat dan bercahaya, tambahkan tomat di samping makanan berlemak, seperti ikan berminyak, alpukat, atau minyak zaitun. Lemak sehat akan membantu tubuh kamu menyerap karotenoid.

5. Chia seed

Menaburkan chia seed kecil ini ke dalam mangkuk smoothie  saat sarapan pagi, bisa memberikan tubuh asupan asam lemak omega 3 yang banyak, lho. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menyediakan bahan bangunan untuk fungsi sel kulit yang sehat, dan produksi kolagen baru untuk menjaga fondasi kulit tetap kuat dan bebas kerut.

Itulah superfood yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik, sehat, dan berseri. Bila kamu mengalami masalah kulit dan wajah yang mengganggu, kamu bisa menemui dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Sekarang, kamu bisa berobat ke dokter dengan lebih mudah karena ada aplikasi Halodoc. Caranya, tinggal buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
Secret Spa. Diakses pada 2022. 10 best superfoods for glowing skin.
Allure. Diakses pada 2022. 18 Superfoods for Glowing Skin, According to Dermatologists

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan