5 Cara Mudah Mengajarkan Rasa Mandiri pada Anak

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Agustus 2021
5 Cara Mudah Mengajarkan Rasa Mandiri pada Anak5 Cara Mudah Mengajarkan Rasa Mandiri pada Anak

“Membangun rasa mandiri pada anak bukan hal yang mudah. Namun, semua ini perlu dijalani orangtua agar manfaatnya dirasakan oleh anak. Membuat jadwal harian, membiarkan anak menentukan pilihan, hingga memberi waktu anak untuk bermain sendiri menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan rasa mandiri pada anak.”

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya memperhatikan kondisi kesehatan anak, orangtua juga perlu memastikan anak bertumbuh dan berkembang secara optimal. Tentunya proses ini bukanlah suatu tahap yang mudah bagi para orangtua. Begitu juga saat mengajarkan rasa mandiri pada anak.

Baca juga: Pola Asuh yang Tepat untuk Mengajari Anak Tunggal Mandiri

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika anak memiliki rasa mandiri. Di antaranya seperti, meningkatkan rasa percaya diri, lebih kreatif, hingga mengajarkan anak tanggung jawab. Ibu bisa mengajarkan rasa mandiri pada anak dengan beberapa cara mudah dan menyenangkan pada anak.

  1. Buatlah Jadwal Harian

Kebanyakan anak-anak akan melakukan berbagai aktivitas dengan lebih mandiri saat sudah terbiasa atau dilakukan secara rutin. Jadi, buatlah jadwal harian yang akan dilakukan oleh anak setiap harinya. Mulai dari kegiatan yang dilakukan setelah bangun tidur hingga anak akan kembali beristirahat pada malam hari.

  • Beberapa kegiatan yang bisa dijadikan sebagai rutinitas pada pagi hari. Misalnya, membereskan tempat tidur, mandi pagi, sikat gigi, dan sarapan.
  • Selesai belajar di sekolah atau di rumah, ibu bisa membuat jadwal harian untuk makan siang, belajar, bermain, hingga tidur malam.
  • Menetapkan rutinitas setiap hari membuat anak mengetahui apa saja yang harus dilakukan selanjutnya. Namun, pastikan anak tidak terburu-buru dalam melakukan suatu kegiatan.
  • Orangtua bisa mendampingi anak di setiap kegiatan yang akan dilakukan agar suasana semakin menyenangkan.
  1. Biarkan Anak Menentukan Pilihan

Membiarkan anak menentukan pilihan dari suatu hal yang akan dilakukan bisa membantu ibu mengajarkan anak bertanggung jawab serta meningkatkan rasa mandiri pada anak.

  • Berikan anak pilihan mengenai apa yang akan ia makan siang hari, baju yang akan digunakan, atau bahkan permainan apa yang akan dilakukan.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Perempuan agar Lebih Mandiri

  1. Bentuk Kebiasaan Baik sejak Dini

Ibu juga bisa memberikan tugas sederhana yang sesuai dengan usia anak untuk meningkatkan rasa mandiri pada anak. Perhatikan anak dan biarkan anak menyelesaikan tugas yang diberikan.

Misalnya, mengajarkan anak untuk membereskan mainan yang ia gunakan. Lakukan kebiasaan ini secara rutin, dengan begitu anak akan terbiasa untuk melakukan hal ini setiap selesai bermain.

  • Jangan ragu memberikan pujian positif pada anak ketika berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Namun, hindari terlalu banyak memberikan hadiah atau hal-hal yang tidak diperlukan.
  • Ibu bisa mengingatkan anak dengan cara yang menyenangkan agar melakukan tugasnya dengan baik.
  1. Ajarkan Cara Tepat Menyelesaikan Masalah

Jika anak ingin membantu kegiatan yang dilakukan oleh orangtua, tidak ada salahnya membiarkan anak mencoba. Namun, berikan kegiatan yang sesuai dengan usia. 

Saat anak terlihat kesulitan, sebaiknya tahan diri untuk langsung membantu anak. Biarkan anak memperbaiki masalah yang dihadapi dengan sederhana. Ibu bisa mendampingi dan memberikan anak saran atau pendapat.

  1. Biarkan Anak Bermain Sendiri

Tentunya menyenangkan bisa mendampingi anak setiap saat, tetapi tidak ada salahnya sesekali membiarkan anak bermain sendiri di lingkungan yang aman dan nyaman.

  • Ibu bisa membiarkan anak bermain sendiri saat ibu bekerja, memasak, atau mengerjakan pekerjaan lainnya.
  • Jangan mencoba untuk mengganggu atau ikut campur saat anak terlihat asyik bermain sendiri.
  • Ibu bisa menengok anak setiap beberapa menit sekali untuk memastikan anak dalam kondisi baik.

Baca juga: Pola Asuh Anak Berpengaruh pada Perkembangan Karakternya

Berikan rasa kepercayaan agar rasa mandiri pada anak bisa semakin meningkat. Jika ibu ingin tahu lebih banyak lagi mengenai proses tumbuh kembang anak sesuai usia, ibu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter anak. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2021. How to Teach Your Kids to Be More Independent.
Today’s Parent. Diakses pada 2021. Help Yourself! 8 Tips For Teaching Kids to Be More Independent.
Wikihow Mom. Diakses pada 2021. How to Encourage Toddler Independence.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan