5 Cara Menerapkan Katarsis dalam Kehidupan Sehari-hari

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Oktober 2022

“Katarsis adalah proses pelepasan emosional yang dapat membantu seseorang meredakan masalahnya. Selain melalui terapi, pelepasan emosional juga dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan tertentu.”

5 Cara Menerapkan Katarsis dalam Kehidupan Sehari-hari5 Cara Menerapkan Katarsis dalam Kehidupan Sehari-hari

Halodoc, Jakarta – Katarsis merupakan proses pelepasan emosional yang berhubungan dengan kebutuhan untuk meredakan masalah yang tidak disadari. Misalnya, mengalami stres atas situasi yang berhubungan dengan pekerjaan yang menyebabkan perasaan frustrasi dan ketegangan.

Perasaan stres atau frustrasi ini mungkin merupakan tanda bahwa suatu masalah perlu ditangani atau bahwa beberapa perasaan perlu diungkapkan. Seseorang mungkin merasa lega dan lebih tenang setelah melepaskan perasaan. Sebab, emosi yang terpendam dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik.

Contoh Penerapan Katarsis dalam Kehidupan Sehari-hari

Penerapan katarsis secara umum biasa terjadi pada sesi terapi. Pengidap dapat meluapkan emosinya kepada terapis untuk melepaskan beban perasaan dan pikiran. Katarsis dapat terjadi selama terapi, tetapi juga dapat terjadi pada aktivitas sehari-hari lainnya.

Banyak orang belum mengetahui cara melakukan katarsis selain pada sesi terapi. Berikut beberapa contoh penerapan katarsis dalam kehidupan sehari-hari.

1. Bercerita dengan Teman

Sebuah diskusi atau sesi curhat dengan seorang teman tentang masalah yang dihadapi mungkin memicu momen di mana kamu dapat melihat bagaimana suatu peristiwa awal dalam hidup sebenarnya berkontribusi pada pola perilaku saat ini. Pelepasan emosional ini pun dapat membantu dalam menghadapi dilema saat ini.

2. Mendengarkan Musik

Musik bisa memberi kamu motivasi dan ia juga seringkali memicu memori kejadian dalam hidup yang luar biasa. Musik dapat membuat kamu melepaskan emosi dengan cara yang membuat kamu bahagia.

3. Menikmati atau Membuat Karya Seni

Karya seni yang berkesan dalam hidup dapat membangkitkan emosi yang mendalam. Membuat dan melihat seni juga bisa menjadi bentuk pelepasan. Seorang pelukis, misalnya, dapat menggunakan karya mereka sebagai tindakan pelepasan dan artikulasi emosional.

Seni juga bisa menjadi katarsis bagi yang melihatnya. Hal ini karena media dapat membawa perasaan yang membantu orang untuk menemukan solusi dan intropeksi dengan masalah pribadi mereka.

Misalnya, saat orang tua menonton film yang bercerita tentang kesedihan anak korban kekerasan oleh orang tuanya yang mungkin dapat menyebabkan ia memikirkan kembali perilaku mereka terhadap anak.

4. Olahraga

Suasana hati seringkali sangat dipengaruhi oleh kebugaran fisik. Olahraga telah terbukti dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan. 

Selain itu, aktivitas fisik yang menyenangkan dapat menyebabkan orang mengalami perasaan yang lega dan tidak terbebani. Olahraga seperti joging di pagi hari merupakan bentuk pelepasan emosi yang banyak orang lakukan.

5. Menulis 

Menulis bisa menjadi alat kesehatan mental yang efektif, baik menulis jurnal atau menulis fiksi. Menulis bisa menjadi sebuah proses yang melibatkan penulisan tentang peristiwa traumatis atau stres yang dapat membantu untuk mendapatkan wawasan dan menghilangkan stres.

Namun, perlu diingat bahwa melepaskan emosi yang membekas sangatlah sulit, terutama jika emosi ini berakar pada trauma atau pelecehan. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengatasi ini, pertimbangkan untuk menemui profesional kesehatan mental yang terlatih.

Itulah pembahasan mengenai cara penerapan katarsis dalam kehidupan sehari-hari. Apabila kamu perlu berkonsultasi ke psikolog atau psikiater terkait proses pelepasan emosi, kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Simply Psychology. Diakses pada 2022. Catharsis Definition & Meaning.
Very Well Mind. Diakses pada 2022. Catharsis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan