5 Cara Melatih Stamina untuk Tingkatkan Performa Atlet

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Oktober 2022

“Untuk meningkatkan performa, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih stamina. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan latihan yang tepat serta menerapkan diet seimbang.”

5 Cara Melatih Stamina untuk Tingkatkan Performa Atlet5 Cara Melatih Stamina untuk Tingkatkan Performa Atlet

Halodoc, Jakarta – Stamina adalah salah satu faktor yang dapat memengaruhi performa seseorang, terutama pada atlet. Untuk beberapa olahraga, melatih stamina yang kuat dapat menjadi pembeda terhadap olahraga yang dilakukan melalui permainan.

Pada permainan sepak bola, stamina sangat diperlukan oleh setiap pemain untuk mendukung timnya mendapatkan kemenangan. Dengan rutin melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan stamina tubuh, tentu performa menjadi lebih baik.

Di masa menjelang Piala Dunia 2022 ini, ada banyak orang yang ingin kembali bermain sepak bola di lapangan hijau. Namun, stamina yang dimiliki bisa jadi sudah turun jauh dibandingkan dahulu.

Makanya, pastikan untuk rutin melakukan berbagai gerakan yang dapat mengembalikan stamina tubuh. Agar permainan sebaik dahulu kala atau bahkan lebih dari yang diharapkan.

Cara Melatih Stamina yang Dapat Dilakukan Secara Rutin

1. Lakukan Latihan yang Tepat

Ada beberapa latihan yang bisa dilakukan agar stamina dapat ditingkatkan dengan baik. Nah, berikut beberapa latihan yang disarankan:

  • Sprint: Cobalah untuk melakukan sprint sejauh 5 hingga 8 meter setiap hari. Bisa juga ditambahkan dengan beban tambahan untuk hasil yang lebih maksimal.
  • Lari ketahanan: Cara ini dapat meningkatkan kapasitas bergerak dengan cepat dan efisien, sehingga tingkat ketahanan tubuh juga ikut naik.
  • Pelatihan fartlek: Gerakan ini merupakan modifikasi dari lari ketahanan yang membantu pemain bergerak, sehingga stamina meningkat.
  • Soccer-ball drill: Metode ini salah satu pelatihan yang paling efektif untuk pemain sepak bola. Lakukan latihan ini untuk memperkuat penguasaan bola serta meningkatkan stamina.

2. Melakukan Diet Seimbang

Mengonsumsi makanan sehat dapat meningkatkan stamina, baik untuk permainan sepak bola atau olahraga lainnya. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan rendah lemak. Jauhkan makanan cepat saji, makanan olahan, makanan manis, dan lainnya.

3. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Cobalah untuk mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya agar tubuh tetap terhidrasi. Saat sel tubuh mengalami dehidrasi, kamu akan merasa kekurangan energi, sehingga stamina berkurang. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan air harian dengan membawa botol minum kemana saja.

4. Beristirahat yang Cukup

Kamu juga perlu mendapatkan istirahat yang cukup, sekitar 7 hingga 9 jam setiap harinya. Tidur di malam hari dianggap lebih baik untuk pemulihan dan peremajaan tubuh. Hal ini juga dapat memastikan tubuh mendapatkan stamina yang cukup keesokan harinya.

5. Jangan Latihan Berlebihan

Pastikan untuk tidak latihan berlebihan, sebab dapat memengaruhi tingkat stamina secara signifikan. Cobalah untuk mengatur waktu latihan dalam satu minggu dengan terdiri dari beberapa hari libur. Hal ini juga dapat memberikan waktu tubuh untuk pemulihan dari latihan berat sebelumnya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan stamina tubuh. Dengan begitu, kamu bisa memberikan daya gedor lebih pada tim saat bermain sepak bola. Terjaganya stamina pada tubuh juga dapat membuat kamu lebih aktif dalam aktivitas harian yang dilakukan.

Jika ingin tahu lebih jauh tentang cara meningkatkan stamina dengan baik, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa dilakukan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2022. How to Increase Stamina: 16 Ways to Power Up a Workout.
Style Craze. Diakses pada 2022. 7 Effective Ways To Increase Stamina For Football.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan